7 Penulis 10 Sinopsis FTV, Inilah Para Penulis JPI Yang Sukses Menembus TV Nasional


Sukses itu dipersiapkan dan dirancang, dan  untuk menggapainya tentu dibutuhkan tim kerja yang solid dan optimis. Selama 10 tahun komunitas menulis Jaringan Penulis Indonesia (JPI) ini didirikan oleh Endik Koeswoyo, sepertinya sukses sudah mulai terasa. Bibit yang ditanamkan sejak 2008 silam tampaknya sudah berbuah dan siap dipetik. Melalui grup WA Jaringan Penulis yang dibuat sejak 2 Maret 2016 lalu, akhirnya kegiatan belajar mengajar online inipun mulai aktif. 

Setidaknya ada lebih dari 250 orang tergabung di dalam grup whatsapp jaringan penulis. Perbincangan di dalamnya tidak lebih dari obrolan seputar diskusi soal buku, novel, penulisan skenario, seminar tentang menulis dan film, serta segala sesuatu yang erat kaitannya dengan dunia tulis menulis. 

Grup whatsapp jaringan penulis dibentuk oleh Endik Koeswoyo untuk memudahkan koordinasi dan bimbingan antar sesama anggota. Seperti motonya JPI, belajar bersama milik bersama, maka sudah jelas bahwa komunitas menulis JPI ini menjadi wadah untuk saling berbagi ilmu di bidang tulis-menulis, baik untuk penulis pemula maupun penulis yang sudah menghasilkan karya.

Selama dua tahun, dengan sabar dan tekun, Endik Koeswoyo meluangkan waktunya untuk membimbing para penulis yang ingin serius terjun ke dunia penulisan skenario film. Terbukti, sejak November 2017, ide cerita atau sinopsis buah karya anggota JPI berhasil diterima stasiun televisi nasional, SCTV. Sebagai penulis, Endik selalu yakin bahwa untuk mendapatkan ide-ide segar, maka dibutuhkan penulis-penulis baru. Banyaknya permintaan skenario membuat Endik harus membuka lebar-lebar kesempatan menulis sinopsis dan skenario bagi para penulis yang tengah dibimbingnya. Oleh karena alasan itulah, dengan rutin, Endik membuka kesempatan bagi para penulis JPI untuk mengirmkan ide cerita atau sinopsis langsung ke email pribadi Endik Koeswoyo. Sinopsis yang dianggap bagus dan sesuai dengan permintaan pasar, maka akan direvisi dan disempurnakan terlebih dahulu oleh Endik Koeswoyo. 


Hingga 31 Maret 2018, tercatat ada 7 penulis JPI yang berhasil menulis 10 sinopsis FTV untuk ditayangkan di televisi nasional, SCTV. Berikut daftar Sinopsis FTV Reguler hasil karya #SahabatJPI dengan Penulis Skenario Endik Koeswoyo:

1. INSYA ALLAH HALAL, Ide Cerita: Adit Mahatva 
    Tayang: Kamis, 2 November 2017 Pkl. 12.30 wib, PH: Starvision untuk SCTV
  • Premise: Ridwan seorang dokter muda yang ingin berdakwah di sebuah kampung baru bernama Kampung Joker, tapi mendapat perlawanan dari para penjudi. 
  • Logline: Ridwan seorang dokter muda yang relijius dan baru saja buka praktik di tempat baru, bernama Kampung Joker. Sang dokter harus menerima penolakan dari warga karena dianggap mengusik kehidupan mereka yang suka judi. Ridwan tak mau mundur, dakwah dimulai dengan mendekati keluarga Bandar Pak Edi dan anaknya Lina. Ia berjuang untuk menyadarkan warga. Namun langkahnya tak mudah, kegiatan praktik dokternya dicurigai sebagai mata- mata kepolisian. Apakah Ridwan menyerah? 
          Saksikan tayangan FTV Insya Allah Halal selengkapnya di sini. Selamat menonton!

         
2. CICILAN CINTA TUKANG KREDIT, Ide Cerita: Farah Frastia 
    Tayang: Sabtu, 27 Januari 2018 Pkl.10.00 wib, PH: Starvision untuk SCTV
  • Premise: Seorang gadis pemilik toko menghalalkan segala cara untuk menghancurkan imej tukang kredit keliling, tapi jalan yang dilalui tidak mudah.
  • Logline: Semenjak Ilham, seorang tukang kredit keliling berjualan di kampung halamannya, toko Cinta menjadi sepi. Cinta merasa kalah saing dan berusaha menyingkirkan Ilham dari kampung tersebut. Berbagai cara dilakukan Cinta untuk menghancurkan imej Ilham, tapi jalan yang dilalui tidak mudah. Akankah Cinta berhasil menyingkirkan Ilham dari kampung halamannya?
         Saksikan tayangan FTV Cicilan Cinta Tukang Kredit selengkapnya di sini. Selamat menonton!


3. MIE AYAM MANTAN LEVEL CEMBURU, Ide Cerita: Dede Hartini
    Tayang: Kamis, 8 Februari 2018 Pkl.10.00 wib, PH: Starvision untuk SCTV
  • Premise: Tentang pertemuan kembali seorang cewek sosialita dengan mantan pacarnya sewaktu SMA yang semakin cupu dan kini berjualan mie ayam keliling di kampus dan kompleknya.
  • Logline: Olip berusaha keras menyembunyikan status mantan itu dari semua orang termasuk kekasih barunya yang merupakan cowok tajir. Tapi nyatanya cowok tajir itu justru hanya memanfaatkan dirinya dan juga berselingkuh dengan adik perempuannya, Ivan penjual mie ayam.Seiring berjalannya waktu, Olip kembali jatuh cinta pada Ivan yang telah berubah penampilannya namun kedekatan keduanya diusik oleh Vani adik dari Ivan. Mungkinkah Olip berhasil menunjukkan pada Vani bahwa dirinya tidak salah?
         Saksikan tayangan FTV Mie Ayam Mantan Level Cemburu di sini. Selamat menonton!


4. BATAGOR CINTA RASA KANGEN, Ide Cerita: Rahmat Setiadi
    Tayang: Rabu, 7 Maret 2018 Pkl. 10.00 wib, PH: Starvision untuk SCTV
  • Premise: Beauty, remaja yang shopaholic alias gemar belanja harus menerima kenyataan, hidup dalam kesulitan ekonomi setelah bertemu dengan Rendi, penjual batagor, pemuda sederhana yang jago silat namun tidak sok jagoan.
  • Logline: Beauty, yang tidak bisa menahan diri untuk membeli barang-barang yang dia sukai harus menerima kenyataan bahwa hidupnya kini harus menyesuaikan diri dengan keadaan ekonomi keluarganya. Hobinya berbelanja dan eksis di dunia maya tidak  serta-merta hilang. Kedekatannya dengan Rendi si penjual batagor yang jago silat membuat Beauty bersemangat kembali dalam keterpurukannya.
          Saksikan tayangan FTV Batagor Cinta Rasa Kangen selengkapnya di sini. Selamat menonton! 


5. CINTAKU DIVERMAK JELITA, Ide Cerita: Fitria Yusticia 
    Tayang: Sabtu,10 Maret 2018 Pkl. 10.00 wib, PH: Starvision untuk SCTV
  • Premise: Jelita adalah seorang yatim piatu yang harus bekerja keras menjajakan jasa jahitnya demi keberlangsungan hidupnya. Ditengah kerasnya kehidupan, dia dipertemukan dengan salah satu pelanggan ngeselin yang bisanya cuma protes saja, dia adalah Imron. Namun ketulusan Jelita pada akhirnya mampu mengubah sosok Imron yang badung dan ngeselin, menjadi seorang yang penurut dan bertanggung jawab.
  • Logline: Jelita adalah seorang wanita pekerja keras. Demi memenuhi kebutuhan hidupnya, dia rela berkeliling jasa vermak jeans dengan memanfaatkan mesin jahit sisa peninggalan Almarhum ayahnya. Dengan berbekal keterampilan menjahit yang dipelajarinya secara autodidak, Jelita jadi penjahit keliling terkenal dikompleks itu. Di kompleks inilah dia dipertemukan dengan sosok Imron. Pemuda badung, playboy dan susah diatur. Kehadiran sosok Jelita membuat Imron malu dengan sikapnya selama ini. Siapa sangka, demi Jelita, dia rela berubah menjadi sosok yang cool, setia dan pastinya bertanggung jawab.    
          Saksikan tayangan FTV Cintaku Divermak Jelita selengkapnya di sini. Selamat menonton!


6. KEBUN COKAT BUAH CINTA, Ide Cerita: Fitria Yusticia
    Tayang: Rabu, 14 Maret 2018 Pkl.10.00 wib, PH: Starvision untuk SCTV
  • Premise: Laras adalah anak pemilik kebun coklat di sebuah pedesaan. Ia mempunyai cita-cita kelak ingin memajukan perkebunan coklat milik ayahnya. Demi mewujudkan impiannya itu, dia mencari pengalaman bekerja di sebuah toko coklat di kota. Disinilah dia dipertemukan dengan Roland, cowok manja dan super ngeselin.
  • Logline: Laras adalah gadis pekerja keras dan ulet. Menyadari bahwa dia adalah anak tunggal, dia bertekat kelak akan meneruskan mengelola perkebunan ayahnya itu. berbekal keberanian dan tekadnya, dia mencari pengalaman dengan bekerja disebuah toko coklat di kota sebagai seorang perajin coklat. Di tempat ini lah dia dipertemukan dengan Mario. sosok cowok yang sesuai dengan kriterianya. Cowok impiannya. Pesonanya hampir melunturkan tekad Laras, disaat dia sedang dalam pengharapan Mario, datanglah Roland yang mulai mengusik kehidupannya. Sosok roland yang sedang menjalani masa pengasingan dirumahnya. Namun siapa sangka sosok Roland lah yang mampu mengobati lukanya dari sosok Mario yang hanya bisa memberikan harapan palsu kepadanya. 
          Saksikan tayangan FTV Kebun Coklat Buah Cinta selengkapnya di sini. Selamat menonton!


7. SEBLAK MANTAN YANG TAK DIRINDUKAN, Ide Cerita: Dede Hartini
    Tayang: Sabtu, 17 Maret 2018 Pkl.10.00 wib, PH: Starvision untuk SCTV
  • Premise: Bella yang sudah bahagia dengan kekasih barunya yang tajir dikejutkan lagi oleh pertemuannya dengan sang mantan yang kini sedang merintis bisnis kafe seblak bersama Ibunya.
  • Logline: Bella sangat membanggakan pacar barunya yang tajir itu tanpa mengetahui kalau di belakang, Gandi bermain hati bersama Ibu kandung Bella yang cantik awet muda untuk memeras harta keduanya. Teman Bella berusaha mati-matian memberi tau padanya bahwa selama ini Gandi hanya ingin menipunya dan semua kendaraan mewahnya adalah hasil sewaan dari showroom milik sepupunya. Tapi Bella malah balik menuduh kalau temannya itu iri padanya. Akankah Bella mempercayai temannya dan Ricky penjual seblak itu bahwa Gandi bukan cowok baik-baik?
         Saksikan tayangan FTV Seblak Mantan yang Tak Dirindukan di sini. Selamat menonton!


8. TEBAR PESONA SANG MAWAR MERONA, Ide Cerita: Dede Hartini
    Tayang: Rabu, 28 Maret 2018 Pkl.10.00 wib, PH: Starvision untuk SCTV
  • Premise: Seorang gadis yang bekerja sebagai kurir bunga tiba-tiba saja diterpa banyak masalah hanya karena tidak sengaja menabrak seekor anjing milik orang kaya raya.
  • Logline: Merona tidak sengaja menabrak seekor anjing milik orang kaya raya, sebagai balasannya bunga yang seharusnya di antar ke pelanggan malah dirusak oleh si pemilik anjing. Selain harus ganti rugi biaya rumah sakit keduanya yang sama-sama kecelakaan, Merona juga harus memenuhi ancaman bosnya untuk menikah sebagai ganti rugi bunga yang rusak. Akankah ada Pangeran yang rela berkorban demi  menyelamatkannya?
          Saksikan tayangan FTV Tebar Pesona Mawang Merona di sini. Selamat menonton!


9. GENDANG CINTA MAKAN TUAN, Ide Cerita: Fajar Indayani
    Tayang: sudah produksi, namun belum tayang, PH: Starvision untuk SCTV
  • Premise: Rena yang ilfil sama lagu dangdut bertemu dengan Rahmat si tukang gendang dangdut. 
  • Logline: Rena yang selalu putus cinta karena memilih pasangan yang dinilai dari materi bertemu dengan Rahmat si tukang gendang dangdut jalanan. Posisi Rena sebagai ketua dalam pelaksanaan apresiasi seni di kampusnya mengharuskan Rena untuk mencari pedangdut dan menjadi tuah baginya karena terlalu membenci dangdut.
          Saksikan tayangan FTV Gendang Cinta Makan Tuan selengkapnya di sini. Selamat menonton!


10. ONDEL ONDEL ENTENG JODOH, Ide Cerita: Fajar Indayani
     Tayang: sudah produksi, namun belum tayang, PH: Starvision untuk SCTV
  • Premise: Jono adalah pengamen ondel-ondel yang dipaksa mencari jodoh oleh engkongnya. Dan bertemu kembali dengan Bunga, tetangga sekaligus musuh di sekolahnya yang kabur dari perjodohannya dengan juragan kaya tapi tua. 
  • Logline: Jono adalah pengamen ondel-ondel yang dipaksa mencari jodoh oleh engkongnya dan bertemu kembali dengan Bunga yang takut ondel-ondel sejak kecil. Kehadiran kedua kakek yang dulu sama-sama musuh memberi warna dalam kehidpannya. Kakek mereka yang semakin tua dan pikun itu malah menyatukan mereka, sama-sama mencari jodoh, yang ternyata sudah ada 5 langkah dari rumahnya.
          Saksikan tayangan FTV Ondel-Ondel Enteng Jodoh selengkapnya di sini. Selamat menonton!


Itulah 10 sinopsis #SahabatJPI yang tayang di layar televeisi. Ternyata karya-karya sahabat JPI memang keren yah. Selamat mengembangkan diri dan mengasah kemampuan. Selamat berkarya ya sahabat! Sehat dan sukses selalu. (DF)
Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.