Mengenal Niken Sari, Penulis “Journey in Berlin” yang Senang Traveling

Penulis : Dian Novandra - Editor Puput Yuhara


Menulis harus sesuai passion dan merupakan tantangan juga kebahagiaan tersendiri. Demikian menurut Niken Sari. Di tengah segudang kesibukan sebagai ibu rumah tangga dengan empat buah hati, semangat menulis Niken tidak pernah pudar. Ia mengaku merasa bahagia tatkala dapat menuangkan segala buah pikirannya ke dalam bentuk tulisan. Menulis pun sesuatu yang menantang di matanya. Seorang penulis harus memastikan karyanya lebih baik dari hari ke hari sekaligus mampu menaklukkan deadline sehingga tulisan selesai tepat waktu.

Sejak kecil Niken sudah senang mengirimkan tulisannya ke majalah anak-anak. Akhirnya wanita yang pernah bekerja sebagai tour planner ini memilih fokus terjun ke dunia literasi pada 2016. Dari sinilah karirnya sebagai penulis profesional berawal. 

Momen istimewa baginya adalah ketika buku solo pertamanya yang berjudul Journey in Berlin terbit di Gramedia pada 2017. Pengerjaan naskah ini tidaklah mudah. Niken yang menulis menggunakan ponsel saat itu harus rela kehilangan 70 lembar halaman yang telah ia rampungkan karena terjadi kerusakan tiba-tiba. 

Ia sempat merasa putus asa, sedih, dan ingin menyerah. Akan tetapi, pikiran negatif tersebut segera ditepisnya. Lulusan FMIPA IPB jurusan Analisis Lingkungan ini pun memutuskan menulis ulang naskah sampai berhasil dikirim ke penerbit pada September 2017. Ia tak ingin mengerjakan sesuatu setengah hati. Akhirnya pada Desember 2017, Niken mendapat dua kejutan sekaligus yaitu kelahiran anak keempat juga terbitnya buku Journey in Berlin. 

“Hal lain yang tak kalah berkesan yaitu ketika merawat ibu saya yang sakit. Doa seorang ibu walaupun dalam keadaan sakit sangat diijabah Allah. Tiga buku saya berturut-turut terbit di Gramedia. Saya sangat bersyukur. Sayang, Ibu saya meninggal dunia tanggal 21 Mei 2021 kemarin,” ujar Niken ketika diwawancarai via WhatsApp beberapa waktu lalu. 

Kesuksesan karir Niken di dunia penulisan hingga saat ini tak lepas dari doa serta dukungan keluarga. Salah satunya adalah sang suami. Niken mengatakan suaminya amat mendukung aktivitasnya. Selain menulis buku solo, Niken juga membuka jasa ghost writer juga co writer untuk naskah traveling maupun naskah lainnya. Padatnya kesibukan tak lantas membuatnya lupa pada kodratnya sebagai istri dan seorang ibu. Niken selalu menekankan, terutama pada para ibu penulis agar memiliki manajemen waktu yang baik. Sehingga kegiatan menulis dan rumah tangga bisa berjalan seimbang.

Sebelum kembali ke laptop, Niken memastikan segala pekerjaan domestiknya telah selesai. Biasanya ia mulai berbenah sejak pukul 03.00. Menyiapkan bekal anak, membereskan rumah, juga mengecek segala keperluan anggota keluarga. Jadi, pukul 08.00 ia bisa bersantai. Selain menulis, Niken juga hobi membaca. Amunisi yang membuat wawasannya kian bertambah dan tulisannya semakin berisi. 

Traveling merupakan passion-nya yang pertama. Tidak heran apabila Niken memilih untuk berbagi pengalaman perjalanannya lewat buku Journey in Berlin. Bukan hanya berbakat menulis, mantan staf administrasi serta penerjemah bahasa jepang ini pun pernah ditunjuk menjadi mentor dan menyelenggarakan kelas travel writing bersama Indscript Creative pada 2018 lalu.  

Mottonya yaitu menjadi manusia yang bermanfaat untuk banyak orang senantiasa membuatnya terpacu untuk berbagi. Salah satunya tatkala menggelar sharing menulis gratis bersama Wonderland Family tahun 2019. Niken menceritakan pengalamannya menulis buku dan memberikan tips-tips menulis.

Berikut adalah karya Niken Sari yang sudah terbit: 
1. 10 Cara Mudah Keliling Dunia Gratis, BIP Gramedia tahun 2021
2. Yuk, Naik Haji Sebelum Terlambat oleh BIP tahun 2021
3. Novel Traveling Elegi Terakhir di Kota Petualang oleh Binsar Publisher tahun 2021
4. Keliling Masjid-Masjid di Dunia oleh Ihsan Kids tahun 2021
5. Novel Religi Amour oleh Alzena Publishing tahun 2020
6. Kumpulan Cerita Anak Fabel oleh AE publishing tahun 2020 
7. Antologi Kisah-Kisah Islami W Publishing tahun 2020
8. AntologiTravel Writing oleh Rasibook tahun 2020
9. Antologi Kisah Travel Writing oleh Elfa Mediatama tahun 2020
10. Buku Aku Ingin Menjadi Hafiz Mandiri Jaya Publishing tahun 2019
11. Antologi My Long Distance Relationship oleh Halaman Moeka tahun 2019 
12. Ensiklopedia Transportasi Dunia oleh Wonderland Publisher tahun 2019
13. Antologi Lost in Dream Kumpulan Fiksi Mini oleh Elfa Mediatama tahun 2019
14. Chamomile Tea for Wonderful Moms oleh Wonderland Publisher tahun 2019
15. Antologi Buku Kisah Anak-Anak Dunia oleh Elex Media tahun 2019 
16. Perahu Cinta itu Adalah Keluarga, Wonderful Publishing tahun 2018 
17. Antologi Kisah Sahabat Nabi tahun 2018
18. Antologi Allah Mengujimu Bukan Meninggalkanmu oleh Marsua Media tahun 2018 
19. Panggilan Hati untuk Ibu Pertiwi I Academy tahun 2018 
20. Dear Ayah Bunda oleh Halaman Moeka tahun 2018
21. Antologi Curahan Hati Bunda oleh Ujwart Media tahun 2018 
22. Antologi Hijrah oleh Bitread tahun 2018
23. Amazing Pregnancy oleh Wonderland Publisher tahun 2018
24. Antologi Cerita Anak MJ Publishing tahun 2018 
25. Antologi Cerpen I’m Yours oleh Wonderland Publishing tahun 2018
26. Antologi Disiplin itu Menyenangkan oleh Wonderland Publishing tahun 2018
27. Antologi Tercelik oleh I Academy tahun 2018 
28. Antologi Tulisan oleh I Academy tahun 2018 
29. Antologi Teladan dari Para Sahabat Mulia oleh Wonderland Pubishing tahun 2018
30. Buku Traveling Journey in Berlin oleh Elex Media Komputindo tahun 2017
31. Antologi Ramadhan Kareem oleh Bitread tahun 2017
32. Buku Travelling Mama oleh Oase Publishing tahun 2016 

Jika ingin mengenalnya lebih dekat, bisa menyapa Niken melalui instagram @nikenwriter.

Dari Niken kita bisa memetik pelajaran bahwa untuk menjadi penulis sukses butuh daya juang sekuat baja, kedisiplinan tinggi, serta manajemen waktu yang baik. Apapun yang terjadi, selesaikan karya sampai kata tamat.  

==
Tentang Penulis
Dian Novandra, lahir di Kebumen pada 01 November. Kini aktif menjadi penulis artikel freelance, blogger, dan menulis cerpen anak.    



Posting Komentar untuk "Mengenal Niken Sari, Penulis “Journey in Berlin” yang Senang Traveling"

www.jaringanpenulis.com