Bila Sedih Agni Bernyanyi


(Sebuah novel karya Annisa Setya dan Afni Milan)

Afni seorang remaja di Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur viral karena ketabahannya yang luar biasa merawat Ayah, Ibu dan Paman yang terkena gangguan kejiwaan. Afni yang kala itu masih sekolah SMA harus menerima saat Ayahnya terpaksa di pasung karena meresahkan warga. Sementara Pamannya sudah di pasung sejak lama karena tidak kunjung sembuh meski telah di obati. Ibunya depresi dengan keadaan dan ekonomi yang serba kekurangan. Ia tidak bisa beraktifitas dan hanya diam mematung. Afni mempunyai tiga orang adik yang harus ia jaga, ketiganya masih sekolah.

Perjuangan dan ketabahan Afni menginspirasi Annisa untuk menuliskan kisahnya sehingga akhirnya novel berjudul Bila Sedih Agni Bernyanyi tercipta. Novel ini bercerita tentang perjuangan Agni, sang tokoh utama, meraih mimpi dengan segala keterbatasan yang ada. Ia bersama ketiga adiknya Mara, Lucas dan Yeva bahu-membahu merawat keluarga dan saling menguatkan.

Agni dengan suara indahnya ia bermimpi menjadi seorang penyanyi. Mara, matanya menyala bila sedang bersemangat, ia mempunyai ribuan kata untuk meredam duka mereka. Lucas pemilik kaki terkuat, ia yang paling pemarah namun ia bisa berlari cepat dan menemukan Bapa yang sempat hilang. Sementara Yeva si bungsu ia suka mencoret kertas gambarnya dengan bentuk abstrak yang sulit di mengerti oleh mata biasa. Mereka keempat bersaudara dari pelosok Timur kuat tak terpatahkan meski menanggung ribuan beban.

Keindahan alam Ruteng, Manggarai dan Flores yang mempesona juga terlukis dalam kisah di novel ini. Ada kampung adat Wae Rebo di antara perbukitan tinggi, terlihat galaksi Bima Sakti dengan jelas di malam hari, Goa Liang Boa tempat di temukannya manusia kerdil, sawah jaring laba-laba dan juga Pantai Pink dengan pasirnya yang berwarna pink yang sangat indah.

Selain itu di ceritakan juga mitos, budaya dan adat istiadat dari daerah NTT yang selama ini masih belum banyak di ketahui masyarakat. Kisah Nenek Anton, dukun sakti yang melegenda membuat bulu kuduk meremang. Ada petualangan, musik, alam yang indah menjadikan novel ini layak untuk di baca.

Novel ini berdasarkan kisah nyata, dan membaca sebuah kisah nyata selalu memberikan kesan istimewa, sebagai pembaca saya merasakan adanya koneksi emosi yang kuat dengan para tokoh, ujar Rizki NA, seorang bookstagram yang telah membaca novel ini. Semoga kisah luar biasa ini di dengar dunia.

Posting Komentar untuk "Bila Sedih Agni Bernyanyi "

www.jaringanpenulis.com