SINOPSIS FTV - COCOKLOGI JADI COCOK BENERAN - Ide Cerita Farah Frastia

 

COCOKLOGI JADI COCOK BENERAN

 

Ide Cerita

Farah Frastia

 

 


DEVA (25 tahun) ngomel waktu GINA (25 tahun) menyerobot gaun yang akan dibelinya. Mereka berebut membayar gaun tersebut. Gina janji bakal kasih tip kepada kasir kalau gaun tersebut diberikan kepadanya. Si kasir tertarik. Deva nggak terima dan berusaha merebut kembali gaun tersebut. Aksi saling tarik terjadi hingga baju tersebut robek. Deva dan Gina saling menyalahkan. Si kasir minta Gina dan Deva patungan buat bayar ganti rugi. Tapi saat merogoh tasnya, ternyata dompet Gina ketinggalan. Deva ketawa mengejek. Nggak punya duit aja sok-sokan mau beli gaun mahal, pake mau kasih tip segala lagi. Gina tersinggung dan berjanji bakal gantiin uang Deva.

 

ESTER (25 tahun), biduan dangdut yang merupakan bos Deva, marah-marah karena Deva gagal mendapatkan gaun yang rencananya akan dipakai untuk manggung di sebuah acara. Sebagai hukuman, Deva harus lembur sampai malam. Deva protes karena ada jadwal pemotretan prewedding bareng pacarnya, JESSICA (25 tahun). Ester nggak peduli.

 

Sebaliknya, THOMAS (35 tahun), bos Gina tidak marah meski ia gagal membeli gaun yang rencananya akan diberikan kepada sesosok wanita spesial. Thomas jujur bilang bahwa wanita spesial yang ia maksud adalah Gina. Gina kaget. Thomas menyatakan perasaannya kepada Gina, tapi Gina menolak. Baginya, hubungan mereka hanya sebatas asisten dan bos. Thomas memaklumi, tapi dia tidak akan menyerah mendapatkan hati Gina.

 

Jessica ngomel karena Deva terlambat datang sehingga pemotretan prewedding mereka gagal. Deva minta maaf karena bosnya menyuruhnya lembur. Jessica makin kesal karena Deva selalu lebih mementingkan pekerjaan dibanding persiapan pernikahan mereka. Dia mengancam akan membatalkan pernikahan mereka kalau Deva begitu terus. Deva frustasi.

 

Gina menemui Deva buat bayar gaun yang disobek kemarin. Deva ngomel-ngomel ke Gina. Gara-gara Gina, tunangannya nyaris membatalkan pernikahan mereka. Gina bingung, apa hubungannya dengan dia? Deva menjelaskan kronologinya. Gina nggak terima disalahkan. Menurutnya, bos Deva yang terlalu kejam karena tidak menghargai hak pribadi asistennya. Gina menebak bos Deva lama ngejomblo. Deva membenarkan. Gina menyuruh Deva mencarikan pacar supaya bosnya tidak sibuk kerja melulu dan mengganggunya setiap saat. Deva tanya apakah Gina punya kenalan cowok yang masih jomblo. Gina bilang bosnya masih jomblo. Deva punya ide. Gimana kalau mereka jodohin bos mereka saja? Gina nggak yakin karena bosnya naksir cewek lain. Deva tanya siapa cewek itu. Gina gelagapan. Nggak mungkin bilang kalau cewek yang ditaksir bosnya adalah dia. Gina cuman bilang kalau itu bukan urusan Deva. Dia lantas pergi. Deva mengatai Gina jutek.

 

MARIAM (60 tahun), ibunda Gina, protes karena Gina hampir selalu pulang larut malam bahkan dini hari. Gara-gara itu, tetangga sekitar menyangka Gina perempuan nakal yang menjadi simpanan bosnya. Gina cuek saja. Mariam nggak terima. Dia nyuruh Gina menikah dengan Thomas supaya gosip tersebut berhenti. Toh nggak ada ruginya menikah sama Thomas. Selain karena tampan dan kaya, Thomas juga sangat berjasa bagi mereka. Dulu, saat Mariam terjerat utang milyaran karena tertipu investasi bodong, Thomas yang membantu melunasi utang tersebut. Gina mengerti, tapi dia sama sekali tidak mencintai Thomas. Mariam kasih dua pilihan, menikah dengan Thomas atau resign. Gina galau. Dia tidak mungkin resign karena masih punya sisa utang kepada Thomas yang dipotong langsung dari gajinya. Tapi dia juga tidak mau menikah dengan Thomas karena tidak cinta.

 

Deva sedang menemani Jessica memilih baju pengantin. Tapi perhatian Deva tidak fokus lantaran Ester meneleponnya melulu. Setiap kali Jessica mencoba sebuah gaun dan menanyakan pendapatnya, Deva cuman bilang “bagus" lalu sibuk telepon lagi. Jessica bete banget. Makin bete karena Deva mendadak pamit pergi setelah Ester meneleponnya sambil menangis dan curhat soal netizen yang mengatai suaranya pas-pasan. Ester minta dibelikan batagor. Jessica melarang Deva pergi karena mereka belum menentukan gaun mana yang hendak dibeli. Deva menyuruh Jessica memilih sesukanya, nanti dia yang bayar. Karena kesal, Jessica minta pelayan membawakannya gaun paling mahal di toko tersebut.

 

Deva memesan seporsi batagor kepada abang penjual. Ternyata di sana ada Gina yang sedang makan batagor sambil melamun. Deva menepuk pundaknya keras sehingga Gina kaget dan tersedak. Deva buru-buru ngasih minum. Gina ngomel karena Deva hampir membuatnya mati tersedak. Deva minta maaf lalu menebak Gina sedang ada masalah. Gina tanya Deva tahu darimana. Deva bilang Ester selalu minta beliin batagor kalau lagi ada masalah. Deva lantas tanya ada masalah apa. Gina cerita soal ibunya yang menyuruhnya resign gara-gara sering pulang larut malam sehingga disangka perempuan nakal. Deva sependapat dengan ibunya Gina. Tidak baik cewek kerja sampai larut malam. Bahaya. Deva tanya alasan Gina bertahan di pekerjaannya. Gina cerita soal utangnya. Deva memaklumi karena berada di posisi yang sama dengan Gina. Ia terpaksa bertahan karena butuh uang untuk biaya pernikahannya dengan Jessica. Deva bilang satu-satunya cara supaya bos tidak terlalu bergantung kepada mereka adalah dengan mencarikan mereka pasangan. Gina ingat tawaran Deva waktu itu untuk menjodohkan bos mereka. Dia ingin mereka mencobanya. Deva setuju. Mereka pun sepakat untuk bekerjasama.

 

Deva membujuk Ester menyelenggarakan sebuah konser amal untuk meningkatkan imej positif  serta popularitasnya. Di tempat berbeda, Gina  membujuk Thomas menghadiri konser amal Ester untuk menunjukkan citra positif perusahaan di mata masyarakat.

 

Konser pun digelar. Saat Ester tampil, Gina memuji-muji Ester di depan Thomas. Bilang Ester biduan dangdut yang cantik dan punya jiwa sosial yang tinggi. Thomas bilang di matanya Gina jauh lebih cantik. Gina langsung batuk-batuk. Thomas lantas mengkritik cara berpakaian Ester yang menurutnya terlalu lebay dan dandanannya yang menor. Sementara Thomas lebih suka penampilan yang sederhana dan natural seperti Gina. Tak jauh dari sana, Deva juga sibuk memuji-muji Thomas sebagai pengusaha muda yang tampan dan dermawan di depan Ester. Tapi Ester justru mencibir Thomas pelit karena menyumbang paling sedikit. Padahal Thomas paling kaya dibanding pengusaha lain. Deva meringis.

 

Deva dan Gina ketemuan buat bahas soal kegagalan mereka menunjukkan imej positif Thomas dihadapan Ester. Begitupun sebaliknya. Deva menyalahkan Gina yang teledor mengecek daftar donatur sehingga Thomas menyumbang paling sedikit dan disangka pelit oleh Ester. Gina balik menyalahkan Deva yang tidak becus memilihkan outfit untuk Ester sehingga penampilannya dinilai lebay oleh Thomas. Deva dan Gina memikirkan cara lain untuk mempertemukan Thomas dan Ester.

 

Ester yang baru selesai manggung di sebuah cafe kaget melihat ban mobilnya bocor. Di tempat persembunyiannya, Deva dan Gina mengamati. Ester menelepon Deva untuk menyuruhnya datang menjemput. Tapi Deva pura-pura demam tinggi sehingga tidak bisa datang. Ester kebingungan. Sesuai rencana, Thomas yang baru selesai meeting di cafe tersebut menghampiri Ester dan tanya ada masalah apa. Ester bilang ban mobilnya bocor. Thomas membantu Ester mengganti ban mobilnya. Ester tampak kagum kepada Thomas. Deva dan Gina girang banget karena rencana mereka berhasil.

 

Sejak saat itu, Deva dan Gina sibuk menyusun berbagai rencana agar bos mereka semakin dekat. Mulai dari mengirimi makanan atau benda favorit satu sama lain, dsb. Tanpa disadari, Deva dan Gina juga semakin dekat. Sampai suatu hari, Thomas dan Ester resmi jadian. Deva dan Gina girang banget lalu merayakan keberhasilan mereka dengan makan batagor bareng.

 

Sejak pacaran, Ester sering menghabiskan waktu untuk berkencan dengan Thomas sehingga Deva jadi punya waktu buat ngurusin persiapan pernikahan bareng Jessica. Gina juga tidak pernah pulang larut malam lagi sehingga tetangga berhenti mencapnya perempuan nakal.

 

Semua tampak bahagia sampai suatu ketika Deva mendapat tagihan kartu kredit sebesar puluhan juta untuk pembelian sepasang gaun pernikahan. Deva ngomel ke Jessica karena beli gaun yang sangat mahal. Jessica menyalahkan Deva yang sibuk teleponan bahkan pergi dan menyuruhnya memilih sendiri. Deva minta Jessica membatalkan pembelian gaun tersebut. Jessica nggak mau. Gengsi dong. Mending batal nikah daripada batal beli gaun itu. Deva yang kesal memutuskan buat batalin pernikahan mereka. Ia lantas pergi. Jessica kaget. Dia kan cuman gertak Deva.

 

Deva curhat ke Gina soal batalnya rencana pernikahannya dengan Jessica. Gina simpati dan berusaha menghibur Deva dengan mengajaknya makan batagor bareng. Lama-lama, Deva dan Gina merasa nyaman satu sama lain. Sementara Jessica yang diam-diam menyelidiki soal hubungan mereka memikirkan cara untuk memisahkan keduanya.

 

Jessica menemui Mariam sambil nangis-nangis. Dia cerita soal Deva yang tega membatalkan pernikahan mereka demi bisa mendekati Gina. Jessica mengompori Mariam untuk melarang hubungan Gina dan Deva. Mariam terpancing. Pulang kerja, Gina langsung dihadang Mariam yang menyuruhnya berhenti berhubungan dengan Deva yang notabenenya calon suami orang. Gina meyakinkan Mariam kalau mereka hanya berteman. Mariam kekeh menyuruhnya menjauhi Deva karena nggak mau orang-orang mencapnya pelakor. Gina galau. Dia terlanjur nyaman bersama Deva.

 

Thomas dan Ester berantem hebat. Ester minta putus setelah tau status Thomas sebagai duda tiga anak. Dia nggak mau wartawan sampai tau lalu imejnya tercoreng. Thomas setuju putus. Dia juga nggak mau punya pacar yang nggak mau menerima anaknya. Thomas lalu mulai menyinggung kekurangan-kekurangan Ester, termasuk soal suaranya yang biasa-biasa aja. Thomas menyebut Ester biduan dangdut modal cantik doang. Ester tersinggung lalu menampar Thomas dan pergi sambil menangis.

 

Thomas curhat ke Gina soal Ester yang minta putus karena statusnya duda tiga anak. Gina berusaha menghibur Thomas lalu pergi menemui Deva buat bicarain soal itu. Tapi Gina justru melihat Ester sedang memeluk Deva. Gina salah paham mengira Deva dan Ester punya hubungan spesial. Gina tampak cemburu lalu memutuskan pergi. Padahal Ester memeluk Deva karena sedih baru putus dari Thomas. Ester curhat soal Thomas yang mengatainya biduan modal cantik doang. Deva berusaha menghibur Ester.

 

Deva hendak menemui Gina buat bicarain soal hubungan Ester dan Thomas. Tapi Deva justru melihat Thomas sedang menggenggam tangan Gina. Thomas bilang sudah berusaha melupakan Gina dengan cara membuka hati untuk Ester, tapi pada akhirnya dikecewakan. Thomas menyatakan perasaannya lagi kepada Gina dan bilang ingin menikahinya. Sebelum menjawab pertanyaan Thomas, Gina mengingat saat Ester memeluk Deva dan perintah Mariam untuk menjauhi Deva. Gina bilang butuh waktu untuk menjawab pertanyaan Thomas. Deva yang menyaksikan semua itu tampak cemburu.

 

Deva dan Gina akhirnya ketemuan. Deva menyalahkan Thomas sebagai penyebab putusnya hubungan Thomas dan Ester. Gina nggak terima. Jelas-jelas Ester yang minta putus. Keduanya berantem membela bos masing-masing. Deva menuduh Gina membela Thomas karena punya perasaan lebih kepada Thomas. Begitupun sebaliknya. Gina menuduh Deva membela Ester karena punya perasaan lebih kepada bosnya. Keduanya sepakat buat mengakhiri perjodohan bos mereka.

 

Sejak saat itu, Deva dan Gina tidak saling berhubungan lagi. Gina sebenarnya kangen Deva, tapi gengsi buat telepon duluan. Begitupun Deva ingin menelepon Gina, tapi takut dicuekin. Di sisi lain, Thomas terus berusaha mendekati Gina. Mariam ikut membujuk Gina supaya menerima lamaran Thomas. Gina pun luluh dan memutuskan menerima lamaran Thomas. Jessica juga tak menyerah membujuk Deva agar memaafkannya dan memberikannya kesempatan kedua. Tadinya Deva menolak balikan sama Jessica, tapi setelah mendengar kabar soal rencana pernikahan Gina dengan Thomas, Deva memutuskan menerima Jessica kembali.

 

Suatu hari, mereka berpapasan saat sama-sama fitting baju pengantin. Jessica sengaja manas-manasin Gina dengan bersikap manja kepada Deva sehingga membuat Gina cemburu. Gina ikut manas-manasin Deva dengan bertingkah sok mesra kepada Thomas sehingga membuat Deva cemburu.

 

Thomas tak sengaja berpapasan dengan Ester. Keduanya saling buang muka. Tiba-tiba, Mariam menghampiri Thomas sambil ngomel. Mariam kesal karena Thomas memberinya tas branded KW. Mariam mengancam akan membongkar rahasia mereka soal penipuan investasi bodong kepada Gina. Jadi selama ini, mereka kerjasama buat bohongin Gina soal Mariam yang ditipu investasi bodong. Mereka melakukannya supaya Gina merasa berutang budi kepada Thomas yang telah meminjamkan uang kepada Mariam. Dengan begitu, Thomas lebih mudah pedekate ke Gina. Ester yang diam-diam menguping pembicaraan tersebut menceritakan kepada Deva. Deva menceritakan kepada Gina, tapi Gina tidak percaya dan menuduh Ester memfitnah Thomas karena dendam dan gagal move on.

 

Deva ngajak Jessica makan batagor pinggir jalan, tapi Jessica menolak. Menurutnya, cuman cewek kampung dan miskin yang suka makan batagor. Deva kesal karena secara tidak langsung Jessica menghina Gina. Deva bilang mending nikahin cewek kampung dan miskin daripada cewek kota yang kaya dan sombong seperti Jessica. Deva pun membatalkan rencana pernikahan mereka yang tinggal menghitung hari.

 

Thomas pusing lantaran perusahaan terus mengalami kerugian. Ia lantas meminta Mariam mengembalikan semua barang mewah yang diberikan kepadanya. Dia janji bakal ganti semuanya setelah kondisi keuangan perusahaan membaik. Mariam menolak dan seperti biasanya mengancam akan membongkar rahasia soal investasi bodong kepada Gina. Gina yang ternyata sudah lama menguntit mereka keluar dari persembunyian. Sejak Thomas sering membelikan Mariam barang-barang mewah, Gina sebenarnya sudah curiga dan mulai mengawasi mereka. Gina mengaku kecewa kepada mereka, terutama ibunya yang tega memanfaatkan anaknya sendiri. Mariam menunduk malu. Gina memutuskan membatalkan pernikahannya dengan Thomas. Thomas berusaha membujuk, tapi keputusan Gina sudah bulat.

 

Gina beli batagor buat menenangkan pikirannya yang galau. Dia mengingat momen kebersamaan dengan Deva, termasuk saat makan batagor bareng. Tanpa disadarinya, Deva juga ada di sana lagi makan batagor. Deva menyapa Gina. Keduanya curhat soal rencana pernikahan masing-masing yang gagal. Deva bilang dia gagal menikah dengan Jessica karena tidak berjodoh. Sama halnya dengan Thomas dan Gina. Deva tanya ke Gina. Maukah kamu menjadi jodohku? Gina ketawa mengira Deva bercanda. Tapi Deva serius. Dia sudah lama menyukai Gina, tapi berhenti berharap saat tahu Gina akan menikah dengan Thomas. Karena Gina batal menikah dengan Thomas, apakah Deva punya kesempatan untuk mengisi hati Gina? Gina malu-malu mengiyakan. Mereka lantas cerita soal awal pertemuan sampai akhirnya dekat lantaran jodohin bos mereka. Deva bilang, “KITA JODOHIN MEREKA, MEREKA BIKIN KITA BERJODOH”.

 

-SEKIAN-

 

KARAKTERISASI PEMAIN:

 

  1. GINA (25 tahun) : asisten pribadi pengusaha, cantik, pekerja keras, berpenampilan sederhana.
  2. DEVA (25 tahun) : asisten pribadi biduan dangdut, ganteng, pekerja keras.
  3. THOMAS (35 tahun) : pengusaha muda, duda tiga anak, ganteng, naksir Gina, menghalalkan segala cara demi mendapatkan hati Gina.
  4. ESTER (25 tahun) : biduan dangdut, cerewet, galak, gampang baper, gila kerja, mementingkan karir di atas segalanya.
  5. JESSICA (25 tahun) : pacar Deva, cantik, berpenampilan modis, anak orang kaya, egois, banyak menuntut, licik.
  6. MARIAM (60 tahun) : ibu kandung Gina, matre, licik.
Endik Koeswoyo
Endik Koeswoyo Scriptwriter. Freelance Writer. Indonesian Author. Novel. Buku. Skenario. Film. Tv Program. Blogger. Vlogger. Farmer

Posting Komentar untuk "SINOPSIS FTV - COCOKLOGI JADI COCOK BENERAN - Ide Cerita Farah Frastia"

www.jaringanpenulis.com