"MENTAL HEALTH" AFNI: GADIS MANIS DENGAN BARA DI DADA

Penulis : Annisa Setya

Afni Milan, gadis manis berusia 21 tahun yang berasal dari pelosok timur Flores tepatnya Rahong Utara, Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur perlahan bangkit dari keterpurukanya. Ia yang dulu sempat tidak bisa melanjutkan sekolahnya dan memutuskan untuk menjadi ART di kota lain demi membantu mengidupi keluarganya yang tengah kesulitan. Kisahnya sempat viral saat ia dengan tabah merawat Ayah, Ibu, dan Paman yang terkena gangguan jiwa. Ayah dan pamannya terpaksa di pasung karena mengganggu warga. Sementara ibunya hanya berdiam diri di dapur, melamun tanpa bisa melakukan aktifitas. Ia juga harus menjaga ketiga adiknya yang masih kecil, salah satunya Jeklin kelas dua SMP yang terpaksa berhenti sekolah karena tidak ada uang untuk membayar fotokopi dan dua lagi masih di sekolah dasar.

Foto Afni bersama orang tua dan adiknya

Setelah kisah mereka viral dan di beritakan di banyak media massa, banyak yang terketuk hatinya dan membatu keluarganya. Bupati Manggarai, Heribertus G Nabit turun tangan dan melepaskan langsung pasungan Ayah dan Paman Afni dan membawa mereka ke panti rehabilitasi Renceng Mose untuk di berikan pengobatan. Afni mendapatkan tawaran untuk kuliah secara gratis di sebuah universitas di Ruteng, dan Jeklin kini merawat ternak yang di dapatkan dari para donatur. Ayah, Ibu dan Paman Afni kini mulai membaik. Afni mengambil jurusan kebidanan karena ia bercita-cita bisa membantu masyarakat yang membutuhkan.

Afni merasa kisahnya pantas di ceritakan pada dunia sehingga ia menerima tawaran Annisa Setya, seorang penulis, untuk menuliskan kisahnya dalam novel namun berupa fiksi. Kini novel itu telah terbit, dengan judul ‘Bila Sedih Agni Bernyanyi’. Penerbit legendaris Balai Pustaka bersedia menerbitkan setelah tahu isi dari novel tersebut. Kisahnya sangat menginspirasi di tengah maraknya isu ‘mental health’ di kalangan generasi milenium. Bupati Flores dan tokoh masyarakat di sana mengapresiasi terbitnya novel ini.

“Terima kasih telah menuliskan semangat dan perjuangan Afni dan juga keindahan kota Ruteng, Flores” Ujar Bupati Flores, Heribertus G Nabit. Semoga dengan hadirnya novel ini bisa menjadi inspirasi untuk tidak pernah menyerah, bahkan saat kerasnya kehidupan menerpa. (AS) 

 

 

FIRDA SHIEWA
FIRDA SHIEWA Gadis sederhana yang menyukai dunia literasi dan dunia musik, yang gak doyan selfie.

Posting Komentar untuk ""MENTAL HEALTH" AFNI: GADIS MANIS DENGAN BARA DI DADA"

www.jaringanpenulis.com