Keren! Sifa Hasta Kupas Tuntas Pentingnya Peran Setiap Pemain dalam Sinopsis FTV

 Penulis: Pati Imanuel Lowri Wartuny  -  Editor: Seno Ns


Menulis skenario film yang kemudian bisa ditarik ke layar lebar tentu menjadi sebuah impian dan harapan bagi setiap penulis. Namun kenyataannya, untuk menulis skenario film tidak semudah apa yang   dibayangkan. 

Ada beberapa tahapan yang harus dijalani dan dikuasai terlebih dahulu, salah satunya adalah tahapan menulis sinopsis. 

Hari Senin (14/6), JPI Class On The Moon kembali digelar dengan mengangkat tema yang sangat luar biasa yakni Pentingnya Peran Setiap Pemain dalam Sinopsis FTV. 

Jika pada sebelumnya JPI Class On The Moon berhasil menghadirkan Dita Faisal; Arini NH; dan Eka Wahyu M sebagai mentor, kali ini JPI Class On The Moon berhasil menghadirkan Sifa Hasta sebagai mentor menulis skenario dan sinopsis.

Kelas dimulai dengan sesi perkenalan moderator, Firda Shiewa yang kemudian dilanjutkan dengan sesi perkenalan dari mentor, Sifa Hasta. 

Sebelum membahas materi utama, penulis beberapa buku antologi dan FTV SCTV itu mengingatkan kembali mengenai standar dan beberapa hal dasar yang harus diperhatikan dalam menulis sinopsis FTV.  

"Sebelum membahas materi utama, terlebih dahulu saya akan membahas tentang materi dasar, meskipun dasar tapi sering kita lupakan," kata Sifa kepada para peserta JPI Class On The Moon.

Berikut ini standar penulisan sinopsis FTV yang baik dan benar : 

  1. Tulisan sinopsis harus rapi atau diketik menggunakan MS Word (Microsoft Word Office) sekitar 3-5 halaman, tidak boleh lebih.
  2. Tuliskan KARAKTERISASI PEMAIN, maksimal karakter 7 orang, lebih dari 7 sudah otomatis ditolak! 
  3. Kertas A4 ukuran font 12, jenis font Courier New, dan spasi 1, jika tidak menggunakan font Courier New sudah pasti tidak akan dibaca. 
  4. Judul huruf besar semua di BOLD ukuran font 20 dengan tanda petik. Contoh : “CINTAKU PADAMU TANPA TEDENG ALING-ALING”
  5. Nama Penulis ditulis kecil setelah judul atau di bawah judul. Contoh : Sifa Hasta
  6. Isi cerita harus rapi rata kanan-kiri dan berparagraf atau menjorok ke dalam.
  7. Akhiri dengan kata -SEKIAN- bukan TAMAT, SELESAI atau THE END! 
  8. Lihat dan perbanyak membaca contoh-contoh, jika format dasar tidak sesuai dengan ini, OTOMATIS DI TOLAK bahkan tanpa dibaca! 

Itulah standar menulis  sinopsis FTV yang benar menurut Sifa Hasta. Setelah itu, Sifa memberitahukan beberapa premis cerita yang sedang trending saat ini. 

"Premis yang menarik sangat menentukan apakah sinopsis kita ACC atau tidak," ungkap Sifa saat sesi mentoring.

Kemudian kelas dilanjutkan dengan sesi pembahasan materi utama yakni "Pentingnya Peran Setiap Pemain dalam Penulisan Sinopsis FTV" oleh mentor. 

Sifa memberi  contoh premis dan sinopsis singkat FTV yang baik dan benar. "Sesuai standar JPI, bahwa jumlah pemain dalam sinopsis FTV maksimal 7 orang. 

Oleh karena itu kita harus benar-benar memanfaatkan 7 orang itu dengan sebaik mungkin. Setiap pemain harus punya tujuan dana saling berkaitan satu sama lain," jelas Sifa kepada para peserta JPI Class On The Moon.

Selesai membahas materi utama, Sifa langsung membuka sesi tanya jawab. Sebelum kelas diakhiri, Sifa memberikan tugas untuk membuat sinopsis pendek lima kalimat kepada enam peserta yang ingin mencoba praktik. (PILW)

Admin
Admin Kerja sebagai perawat dan auditor internal di sebuah rumah sakit swasta di Jogja. Co-founder Temupenulis.org, di sela-sela waktu mencoba jadi penulis freelance, web blog developer, editor film, desainer grafis, dan internet marketer.

Posting Komentar untuk "Keren! Sifa Hasta Kupas Tuntas Pentingnya Peran Setiap Pemain dalam Sinopsis FTV"

www.jaringanpenulis.com