Blengep Cotot; Makanan Olahan Singkong Khas Indramayu

 Penulis: Annisa Citra Kasih Ayu Savitri - Editor : Ria M

Blengep Cotot, Makanan Berbahan Singkong

Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar kata Indramayu?, kota yang dikenal dengan sebutan Kota Mangga, penghasil Mangga kualitas terbaik dengan rasa yang sangat khas. 

Nah, guys. Selain terkenal dengan Mangga, Indramayu juga terkenal dengan beragam adat budaya, pariwisata, dan juga berbagai macam kulinernya. Salah satunya adalah makanan/jajanan tradisional berbentuk bulat pipih yang terbuat dari bahan dasar singkong dengan isian gula merah dan kacang tanah. 

Makanan berbahan dasar singkong ini di kenal dengan nama belengep cotot, nama blengep cotot sendiri berasal dari kata "Bleng" yang berarti di lempar pelan-pelan, "Lep" berarti masuk kedalam mulut, dan "Cotot" mempunyai arti ketika seseorang mengigit Blengep maka gula merah yang ada di dalamnya akan keluar dan meleleh di mulut. Kebayang gak? Rasa gurih dari singkong berpadu dengan rasa manis dari gula merah. Hmmm, yummy banget. 

Seiring perkembangannya, para penjual blengep cotot mulai berinovasi, hingga saat ini ada beberapa jenis blengep cotot yang ada di pasaran, yaitu; blengep dengan isian kacang tanah dan gula merah(Original), varian blengep inilah yang paling sering dijumpai; blengep dengan potongan kelapa kecil di atasnya; dan blengep dengan taburan bumbu manis sebagai toping. Namun, tetap saja yang paling banyak di gemari adalah blengep original.

 Oh ya, untuk harganya gak perlu khawatir, guys, karna harga blengep ini terbilang sangat murah, cukup dengan Lima ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati rasa khas dari blengep cotot ini, murah kan?? 

Nah, untuk kamu yang tinggal atau sedang ada di daerah Indramayu, dan kepengen nyobain blengep, kamu bisa langsung datang ke pasar bangkir, penjualnya ada di dekat pintu masuk dan hanya berjualan sampai pukul 8 pagi. Selamat mencoba. (Annisa)

Posting Komentar untuk "Blengep Cotot; Makanan Olahan Singkong Khas Indramayu"

www.jaringanpenulis.com