Produk Inovasi Valda, Kartu Ucapan Ramah Lingkungan Keahlian SMKN 27 Jakarta

Produk Valda SMKN 27 Jakarta

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) saat ini turut menjadi pilihan generasi muda, sebab dengan pendalaman skill yang mumpuni, lulusan SMK tidak hanya dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (PT), akan tetapi juga dapat mengembangkan sayap ke dunia kerja karena mereka telah dibekali dengan kemampuan untuk siap bekerja di berbagai bidang.

Berbicara soal kemampuan salah satu SMK di Jakarta, yakni SMKN 27 Jakarta memiliki produk inovasi yang menjadi salah satu program keahlian di sekolah tersebut yang diberi nama Valda. Valda merupakan satu bentuk perusahaan siswa yang terdiri dari siswa-siswi yang direkrut dari kelas X dari 5 program keahlian yang ada di SMKN 27 Jakarta. Valda memproduksi berbagai macam produk unggulan, salah satunya kartu ucapan unik ramah lingkungan.

Sebelum diluncurkan, Valda telah melewat berbagai tahapan produksi yang dimulai sejak bulan Maret 2020 lalu. Setelah diresimkan (launching), Valda kemduian mulai dikembangkan dan dihadirkan dengan berbagai macam kreasi varian produk.

Kreasi siswa SMKN 27 Jakarta

SMKN 27 Jakarta

Ide produk Valda ini awalnya datang dari siswa, yang kemudian didukung oleh pembimbing dan guru. Sejak tahun 2015, SMKN 27 Jakarta merekrut siswa setiap tahunnya untuk dibimbing dalam kegiatan wirausaha, yakni Student Company. Disinilah para siswa belajar tentang bagaimana mengelola sebuah usaha. Tentu saja dengan menghadirkan berbagai produk yang berbeda di tiap tahunnya.

Keunggulan dan Proses Pembuatan Produk Valda, Inovasi SMKN 27 Jakarta

Perlu diketahui, ada beberapa keunggulan produk Valda yang disebut Multico, diantaranya:

  • Greeting Card; Produk ini terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, karena kertas yang dibuat dari bahan baku utama sabut kelapa. 

  • Dapat Dihapus; Apabila produk ini terkena spidol warna ataupun tinta pulpen, ia dapat dihapus menggunakan air. 

  • Reusable; Sebab dapat digunakan kembali. 

  • Dapat digunakan sebagai pengharum mobil/ lemari. 
  • Handmade 100% dibuat oleh Valda SC.
  • Bahan baku yang murah.

Proses pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama, yakni sekitar 20 menit untuk proses membuat satu adonan kertas. Sedangkan untuk proses pengeringannya, dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam jika cuaca panas, dan 4 jam jika dikeringkan menggunakan kipas angin.

Hasil kreasi siswa SMKN 27 Jakarta, Valda

Bahan dan Modal Yang Dibutuhkan

Dalam pembuatan produk tersebut, bahan utamanya adalah sabut kelapa. Namun, dibutuhkan juga bahan tambahan lainnya seperti tepung tapioka pengharum dan juga pewarna yang ramah lingkungan. Untuk sabut kelapa, tentunya sangat mudah didapatkan karena sangat melimpah dan murah. Sehingga, setiap limbah sabut kelapa yang dibuang begitu saja kemudian diambil dan diolah menjadi suatu barang yang memiliki nilai jual yang tinggi. 

Modal yang diperlukan untuk membuat satu produk sekitar Rp.11.650, sehingga diperlukan modal sekitar Rp.233.000 untuk sekali produksi dalam pembuatan 20 produk sekaligus. Dengan modal tersebut, harga jual kartu ucapan ramah lingkungan ini ditentukan sebesar Rp. 25.000 per pcs. 

Kreasi siswa SMKN 27.Jakarta produk Valda

Setiap usaha pasti ada tantangannya, begitu pula yang pernah dialami siswa SMKN 27 Jakarta. Faktor cuaca menjadi penentu kelancaran sebuah produksi. Cuaca yang tidak menentu bahkan minimnya SDM menjadi penyebab lambannya produksi. Apalagi, perbedaan jarak rumah masing-masing anggota yang lumayan jauh antara satu sama lain.

Untuk proses pemasaran dan memperluas jaringan pemasaran, ada beberapa media sosial yang digunakan, seperti instagram dan twitter. Sementara itu untuk pemasaran para siswa menggunakan marketplace shopee, dan platform penjualan online pendukung lainnya. Di masa pandemi ini, penggunaan media sosial dianggap sangat membantu proses penjualanprduk Valda. 

Valda buatan siswa SMKN 27 Jakarta

Kreasi unik SMKN 27 Jakarta

Kegiatan pembuatan hasil karya yang dilakukan oleh siswa SMKN 27 Jakarta ini tentunya mendapat respon positif dari berbagai pihak terutama oleh Diknas setempat. Apresiasi tersebut disampaikan dengan seringnya pelajar SMKN 27 diundang dalam berbagai kegiatan pameran, baik kegiatan yang diadakan dinas pendidikan DKI Jakarta maupun Kemendikbud. 

Kreasi Valda berupa kartu ucapan ramah lingkungan ini patut dibanggakan, pasalnya produk siswa tersebut sudah masuk di galeri smesco (Small and Medium Enterprises and Cooperatives) pada tahun 2016 lalu, yakni produk Weband (pembatas buku yang dibuat dari bahan karet sisa produksi).

Meskipun produk buatan siswa SMKN 27 Jakarta tersebut telah masuk di galeri smesco, namun mereka tetap terus ingin meningkatkan kualitas produk mereka, mulai dari design yang unik dan kreatif, beda dari kartu ucapan pada umumnya, kemudian ingin menambah aroma yang disukai banyak orang supaya dapat menambah kesan tak terlupakan (memorable) saat pertama kali mencium aroma kartu. 


SMKN 27 Jakarta

Dengan kegiatan positif seperti ini, tentunya tidak hanya dapat membentuk daya kreativitas siswa, namun juga dapat menciptakan peluang usaha yang potensial bagi siswa yang dapat menambah kemampuan di bidang bisnis UMKM. 

Nah, buat pembaca yang ingin melihat produk buatan siswa SMKN 27 Jakarta tersebut bisa datang langsung ke sekolah atau melihat-lihat melalui akun media sosial SMKN 27 Jakarta.

Website: http://smkn27jkt.sch.id
Facebook: http://facebook.com/SmkNDuaTujuh
Instagram: http://instagram.com/smkn27jakarta
Produk Valda SC:
https://linktr.ee/valda27

Elva Susanti
Elva Susanti Elva Susanti, pemilik blog utama www.elvanasira.com dan www.mamahkenyang.com Selain menulis blog, juga pernah menulis FTV MNCTV serial Kuasa Ilahi. Blogger, buzzer, Influencer.

Posting Komentar untuk "Produk Inovasi Valda, Kartu Ucapan Ramah Lingkungan Keahlian SMKN 27 Jakarta"

www.jaringanpenulis.com