SMKN 1 Martapura Ciptakan Produk Cantik Kain Sasirangan

Potret karya kain sasirangan dari SMKN 1 Martapura

KABAR JPI - MARTAPURA - Indonesia sangat terkenal dengan kerajinan tradisionalnya yang cukup beragam, salah satunya kain sasirangan. Kain sasirangan menjadi ciri khas dari suku Banjar yang sebagian besar berdomisili di Kalimantan Selatan. Kerajinan ini terus dikembangkan agar lebih menciptakan motif-motif yang menarik, begitupun yang dilakukan oleh siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Martapura. Bermula pada tahun 2017, para siswa dan guru di SMKN 1 Martapura mencetuskan ide untuk membuat kain sasirangan. Dalam hal pembuatannya sendiri, perlu kain katun, pewarna kain, dan alat pendukung lainnya. Kain sasirangan dapat terselesaikan dalam waktu 1 hingga 4 minggu dengan menghasilkan motif yang ciamik. Tidak hanya motifnya yang cantik, keunggulan lain dari produk ini menggunakan bahan dasar yang berkualitas, “Hal itu dilakukan supaya tingkat keawetan warna menjadi lebih baik,” jelas Dwi Ayati selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Martapura.

Kain sasirangan dengan beragam motif cantik

Kerja keras tim SMKN 1 Martapura rupanya membuahkan hasil yang manis. Kain sasirangan yang dibuat itu mendapat respon positif dikalangan masyarakat luas. Lebih bangganya lagi, SMKN 1 Martapura terdaftar sebagai SMK terbaik oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Merasa sudah mengantongi banyak dukungan, tim SMKN 1 Martapura langsung menjual produk kain sasirangan lewat daring maupun luring, “Kami memasarkan lewat whatsapp, pertemuan antar kepala sekolah, dan kenalan dari sekolah lain,” ucap Dwi menceritakan strategi pemasarannya. Kain sasirangan yang dibanderol harga Rp110.000 per kain itu menjadi daya tarik bagi pelanggannya. Sampai saat ini pun, kain sasirangan terus dicari para peminatnya.

Demi meningkatkan kualitasnya, tim SMKN 1 Martapura terus berupaya mengeksplor lebih luas lagi tentang motif dan warna untuk kain sasirangan. “Harapannya bisa menghasilkan warna dan motif yang baru untuk sekolah maupun seragam lain,” kata Dwi. 

“Hasilkan karya terbaik, maka akan datang kebaikan kepada Anda,”

Saat ini, Pemerintah sedang gencar-gencarnya mendorong siswa-siswi SMK untuk menjadi garda dalam penggerak ekonomi. Hal itupun didukung penuh oleh Dwi, ia berpesan untuk siswa-siswi SMK untuk tidak berhenti berkarya, “Hasilkan karya terbaik, maka akan datang kebaikan kepada Anda,” pungkasnya.

Informasi lebih lanjut mengenai kain sasirangan karya SMKN 1 Martapura ini bisa diperoleh dari media sosial yang ada. Silahkan kunjungi page facebook SMKN 1 Martapura, instagram @smkn1martapura dan bisa melalui website  www.smkn1martapura.sch.id.

Posting Komentar untuk "SMKN 1 Martapura Ciptakan Produk Cantik Kain Sasirangan"

www.jaringanpenulis.com