IKLAN

Citra Pandiangan, Penulis Dongeng yang Mengelola Enam Akun Blog

Citra Pandiangan merupakan sosok yang gemar menulis sejak tahun 2010. Kegemarannya menulis ia salurkan dengan mengelola enam blog miliknya. Enam blog tersebut mengulas beragam isi diantaranya ada lifestyle, healthy, kisah inspirasi, motivasi dan dua blog lainnya digunakan untuk menulis khusus travelling. Ia juga membuat jadwal agar rutin dan konsisten menulis.

“Misalnya hari Senin lagi bahagia tulisannya membahas lifestyle. Kamis untuk nulis kisah inspirasi dan motivasi,” ujar wanita berkulit cokelat ini.

Ia mengaku menulis secara santai dengan tidak selalu membuka laptop setiap saat. Sebelum diunggah ke laman blognya, ia membuat draft di ponsel terlebih dahulu. Dari menulis blog, ia menjuarai beberapa lomba seperti juara kedua lomba blog Hero tahun 2015, juara kedua lomba blog dari Pemerintah Kota Tanjungpinang yang diadakan oleh Dinas Pemerintah Kota, dan sebagai pemenang untuk 5 blogger yang berkunjung ke Semen Padang.

“Gak ada yang spesial hanya kalau lagi santai buat draft di ponsel. Lalu, malam diketik dan dibuat post schedule publis gitu. Jadi, gak mesti buka laptop setiap hari,” tutur Citra dengan santai.

Selain itu, Citra juga menantang dirinya untuk menulis dongeng dan buku anak. Hasilnya ia dapat menerbitkan lima buku diantaranya Dongeng Sebelum Tidur, Novel Petualangan Putri Penyihir dan Pangeran, Seri Panca Tepak Sirih dari Tanjungpinang, Petualangan ke Pulau Penyengat, dan Balon Berjenggot. Balon Berjenggot merupakan karyanya berupa picture book dari lomba yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Kepulauan Riau.

Anak kedua dari lima bersaudara ini juga mengatakan menulis di blog dan buku memiliki metode yang berbeda. Jika sebelumnya menulis blog menggantungkan perasaan di hati, untuk menulis dongeng dan cerita anak ia gunakan timeline. Hal itu dilakukan agar tulisannya tetap terstruktur dengan tidak memperpanjang halaman yang sia-sia.

Mengelola enam akun blog pribadi serta menantang dirinya menulis cerita anak tidak menyurutkan hobinya jalan-jalan dan fotografi. Kedua akun blog yang berisi ulasan jalan-jalan merupakan pengalaman pribadi sebagai penunjang tulisannya. 

“Pengalaman paling berkesan ketika solo backpacker,” ujarnya.

Wanita tangguh ini menjelajahi kota-kota di Indonesia sendirian. Kota yang ia singgahi diantaranya Jakarta, Bandung, Yogjakarta, Probolinggo, Malang, Surabaya, Batu, Banyuwangi, Bali, dan Lombok. Selain di dalam negeri, Citra juga melakukan perjalanan di tiga negara yaitu Malaysia, Singapura, dan Thailand.

“Kalau travelling lebih suka ke alam,” ujar penyuka warna ungu ini. Saat ditanya pendanaan Citra mengaku merogoh sakunya sendiri bukan dari sponsor.

Kegemarannya jalan-jalan juga semakin lengkap ditambah dengan hobinya fotografi. Saat ini Citra sedang mengembangkan bisnis fotografi yaitu, usaha jasa photo produk dan kuliner. Usaha photography ini ditekuni sejak tahun lalu.

“Usaha photography ini sudah sejak tahun lalu, karena peralatan belum lengkap jadi masih kurang percaya diri,” katanya penuh semangat. “Kalau untuk kuliner masih seputar makanan ringan saja,” imbuh penyuka ice cream dan aneka cakes ini.

Kabar gembira ia juga menawarkan jasa photo produk tanpa dipungut biaya khusus untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) dan Home Industri. Jasa photo produk berlaku untuk seluruh kota di Indonesia. Jadi, pelaku usaha dapat mengirimkan produk yang ingin di foto ke alamatnya. Promo gratis ini memiliki jangka waktu hingga bulan September 2020.

Citra juga menyampaikan pesan kepada Sahabat JPI untuk terus menulis dan selalu luangkan waktu yang konsisten dalam sehari. Berlatihlah meskipun tidak ada ide karena, menulis bisa didatangkan dari mana saja. Imajinasi dapat diperoleh dengan menonton film atau membaca buku. Boleh juga mengisi buku diary menuliskan keseharian kita. “Never stop to learning,” ucapnya. (PY)***


Biodata Citra:

PUBLICATION 

2011 Novel Simpul Terujung – Penerbit Milaz Grafika

2012 Novel Sketsa Kehidupan Antara Dusta dan Derita – Penerbit Nulisbuku

2016 Buku Kumpulan Dongeng Manca Negara – Penerbit  Laksana Kids

2018 Buku Novel Anak: Pangeran dan Putri Penyihir – Penerbit Bhuana Ilmu 

Populer

Menulis Cerita Anak yang memang khusus dirancang untuk di blog diary-citra

Beberapa artikel dan Cerita Pendek di Majalah dan Koran Harian seperti Rubik Gado-gado di Majalah Femina 2015


BLOG

www.storycitra.com

www.asiabutterflytraveler.com

www.jejakcantik.com

www.kitabahagia.com

www.chitchat.my.id

www.petunjukhidup.com


PENGHARGAAN dan PRESTASI

Juara kedua Penulisan Blog lomba Penulisan Hero 2015

Pemenang Menulis Blog Heritage Padang 2016

Juara ketiga Lomba Menulis  dan Semi SEO Uri Cran 2016

Terpilih menjadi Penulis salah satu Seri Panca 2017 (judul Tepak Sirih dari Tanjung Pinang)


PENDIDIKAN dan PENGALAMAN

Pendidikan

2001-2004 Akademi Bahasa Inggris YIPK Yogyakarta

1996-1999 SMEA Nusantara Balikpapan

1994-1996 SMP Advent Balikpapan

1988 -1994 SD 016 Balikpapan


Pengalaman

25 Januari 2015-sampai Sekarang Freelance Menulis dan Private Teacher

1 Februari 2014 -4 Agustus 2014 Temporary Secretary  PD Hanlin 

 January 2011-25th January 2013 Admin Ayutata Spa Bali

1 Oktober 2006 -Januari 2011 Jurnalis  PT Sijori Intermedia Pers Batam

15 Agustus 2005 -30 September 2006 Jurnalis PT Batam Bintana Pers Batam  

30 Agustus-13 Juni 2001 Guess Locker attend  PT Ria Bintan  


KETERAMPILAN

Merencanakan dan mengatur waktu dengan baik

Bisa bekerja dengan Deadline yang ketat 

Bisa mengoperasikan Komputer  MS Words, MS Excel, Power Point, Photoshop, Internet

Memiliki keahlian berkomunikasi yang baik

Memiliki kemampuan customer service yang baik

Bisa berbahasa Inggris

Bisa membuat blog dan website


Posting Komentar

0 Komentar