Berkat Menulis, Fatma Bisa Keliling Luar Negeri Gratis!


Senjakala. Itulah nama pena dari Hafidzah Fatma Gardilla, gadis kelahiran Jombang 20 tahun silam. Fatma sendiri sebenarnya sudah suka menulis sejak kecil, namun hanya ia tuangkan dalam diary. Penikmat ayam panggang ini mulai aktif menulis cerpen dan puisi sejak MTs tapi belum ia publikasikan. Lambat laun, saat Fatma masuk ke jenjang yang lebih tinggi, dia mulai memberanikan diri untuk muncul ke permukaan karena ketertarikannya dalam bidang menulis memang sangat besar. Dia juga termotivasi dengan salah satu kutipan Pramoedya Ananta Toer “Orang boleh pandai setinggi langit. Tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Pertama kali mahasiswi Kota Apel ini mengasah kemampuan menulisnya adalah dengan rajin mengikuti lomba sewaktu MAN (setara SMA). Tak main-main, Fatma akhirnya menyabet juara 1 lomba menulis cerpen se-Jatim di UNESA pada tahun 2018. Tidak berhenti di situ, Fatma kembali mengikuti lomba menulis puisi di tahun 2019 yang didakan di STIEKN Jayanegara yang bekerja sama dengan Literasi Anak Bangsa dan kembali menduduki juara 3. Tahun 2019 memang tahun emas bagi penyuka warna biru ini. Semangatnya membara dan tak pernah berhenti mencari pengalaman dalam mendalami dunia literasi. Puncaknya di tahun 2019 Fatma kembali mengikuti lomba menulis puisi yang diadakan Pemuda Pena Indonesia, yang akhirnya mendapatkan juara 3 dan membuat Fatma bisa berkeliling Singapura, Thailand, dan Malaysia secara gratis. Asyik kan?! Hobi tersalurkan, bonus liburan pula.

Fatma masih ingin terus belajar untuk menggembangkan minatnya. Dia bersyukur bisa menemukan komunitas seperti Jaringan Penulis Indonesia yang membuatnya membuka Mata lebih lebar tentang kepenulisan dari kakak-kakak senior. “Aku masih pemula, belum sehebat anggota JPI yang sudah nulis buat FTV. Hehe,” curhatnya di sesi akhir wawancara. Tidak apa, Fatma! Jangan minder, jadikan inspirasi dan semangat baru. Dengan bekal pengalamanmu, kamu berpotensi untuk berkembang jauh lebih hebat. Semangat, Fatma! (AV)


Profil:
Nama Lengkap : Hafidzah Fatma Gardilla
Tempat Tanggal Lahir: Jombang, 02 Juni 2001
Hobi: Menulis
Warna Favorit: Biru
Makanan Kesukaan: Ayam panggang
Pekerjaan: Mahasiswa
Domisili: Malang

Riwayat Pendidikan:
TK Daarut Taqwa Kayen
MI NU Umar Zahid Semelo
MTsN 3 Jombang
MAN 3 Jombang
Universitas Negeri Malang

Posting Komentar untuk "Berkat Menulis, Fatma Bisa Keliling Luar Negeri Gratis!"

www.jaringanpenulis.com




Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
SimpleWordPress