IKLAN

Sempat Kecewa dan Vakum Menulis, Vina Kini Kembali Dengan Semangat Baru


Vina Badriyatul Kamaliyah, adalah seorang gadis asal Magelang yang suka menulis. Ia mulai menyukai dunia kepenulisan sejak duduk di bangku kelas 3 SD. Kesukaannya itu ia tuangkan dalam cerpen dan juga mendongeng.

Saat di bangku SMP, penggemar warna pastel ini ikut terlibat dalam mengelola mading sekolah. Demi mengisi mading, tidak jarang ia mencari berita dan artikel. Dari situlah, ia semakin tertarik pada bidang jurnalistik. 

Gadis kelahiran 25 Februari 1997 ini pernah beberapa kali mengikuti event lomba kepenulisan online pada tahun 2016. Dengan semangat dan pengalaman yang dimilikinya, bahkan Vina sempat beberapa kali menyabet juara pertama dan kedua. Tentu saja pencapaian tersebut membuatnya semakin gigih menekuni dunia kepenulisan.

Pada tahun 2017, untuk pertama kalinya pemilik panggilan Pinuts ini menerbitkan buku solonya yang berbentuk dongeng, dengan judul Snowy. "Awal 2017 aku pertama kali nerbitin dongeng, itu lewat penerbit indie." kisahnya lewat chat whatsapp.

Tak berhenti di situ, penggila indomie goreng ini pun sempat menjadi freelancer di salah satu akun pesantren seJawa Tengah, sebagai pengisi konten. Tak tanggung-tanggung, akun yang dikelolanya itu memiliki follower jutaan loh! Di tengah semangatnya yang membara, tanpa disadari Vina melakukan kesalahan yang cukup fatal, yakni mengangkat topik tulisan yang cukup menuang pro dan kontra. Akibatnya, tak sedikit pembaca yang memojokkan dirinya. 

Belum menyerah, rupanya Vina pun mencoba jenis tulisan lain. Ia mencoba menulis sebuah novel romantis. Beberapa kali ia mengajukan novelnya ke penerbit mayor, namun ditolak. Hingga akhirnya pada Februari 2018, salah satu penerbit menyunting novel tersebut. Novel pertama yang diberi judul "Cinta Terspasi" itu sempat terpampang di beberapa toko buku ternama.

Namun sangat disayangkan, dalam proses penerbitannya terdapat banyak kekurangan. Mulai dari banyaknya kesalahan pengetikan, hingga editing cerita yang tidak melalui konfirmasi dari penulisnya sendiri. "Bahkan ini judulnya aja diputusin tanpa konfirmasi aku, kalo inget jadi sebel!" ungkap Vina kecewa. "Royaltinya pun ngga sesuai MOU, setahun dicuekin, sesudah aku kejar-kejar dan teror baru deh aku dapet hak aku. Pokoknya banyaklah kecewanya." sambung pemilik hobi ngopi dan baca komik itu. Dan, hal ini ternyata menjadi pukulan berat untuk Pinut, sehingga sejak saat itu ia memutuskan vakum dari dunia kepenulisan.

Waktu berlalu, tapi yang namanya passion tidaklah bisa tersapu. Begitu juga dengan Vina, keinginannya untuk menulis akhirnya muncul kembali. Meski masih dibayangi trauma, pemilik nama pena Aleeya Vina ini ingin berusaha kembali berkarya. Tertarik dengan FTV, ia pun bergabung dalam komunitas Jaringan Penulis Indonesia, dan ingin mencoba menulis cerita FTV.

Bagus, Pinut, ayo semangat! Jangan biarkan kekecewaan masa lalu menghambat mimpimu untuk menjadi penulis yang bisa menginspirasi banyak orang. Teruslah berkarya! (M)




Biodata :
Nama Lengkap : Vina Badriyatul Kamaliyah
Tempat Tanggal Lahir : Magelang, 25 Februari 1997
Hobi : Ngopi dan baca komik
Domisili : Jogjakarta
IG : @aleeyavina
FB : Vina Badriyatul Kamaliyah


Riwayat Pendidikan :
-TK Mardipeni
-SDN Girirejo 1
-SMPN 1 Tempuran
-MIQ al-hikam
-Nazaalal Furqon Salatiga
-PP. Sunan Pandanaran Yogyakarta 

Posting Komentar

0 Komentar