Mau Tahu, Cara Menulis di Blog JPI

Tulisan sudah banyak, tapi masih bingung cara mempublikasikannya? Nah, ini dia tahapan menulis di blog JPI.

Jaringan Penulis Indonesia punya banyak kontributor yang bisa mempublikasikan sendiri tulisannya. Selama perangkat elektronik kamu terkoneksi dengan internet, maka tulisan kamu bisa di publikasikan di blog. Tautannya (link) juga bisa dibagikan ke kerabat atau relasi kamu loh. Dengan begini, pertemanan dan bisnismu di dunia tulis-menulis akan semakin lancar dan dikenal luas hingga ke mancanegara.

Sebelum masuk ke tahapan di bawah ini, pastikan bahwa kamu sudah menerima undangan dari salah satu admin JPI yah.

Tahapan Pertama
buka www.blogger.com, kemudian klik masuk (sign in) di pojok kanan atas. Lalu masukkan email yang sudah didaftarkan untuk menulis di blog. Perhatikan gambar di bawah ini.
Tahapan Kedua
Klik entri baru (new post) di sisi kiri atas, seperti tampak pada gambar yang dilingkari di bawah ini.
Tahapan Ketiga
Tuliskan karyamu di kolom kosong. Jika sudah menuliskannya, silakan isi kolom judul (post title). Penting diketahui, bahwa kalimat yang tertulis di kolom judul secara otomatis akan memunculkan tautan (link). Oleh karena itu, agar judul dan tautan sama, maka pastikan bahwa kamu menulis judul di akhir, setelah kamu yakin betul bahwa tulisan kamu sudah selesai. Judul akan menjadi tautan jika kamu mengklik pilihan publikasi (publish) di sisi kanan atas.

Perhatikan warna yang tertera di gambar ini.
Biru; kolom untuk menuliskan judul

Merah; memasukkan tautan (link) terkait. Cara ini bagus guna mengarahkan pembaca untuk melihat karya kamu yang sudah terpublikasi sebelumnya.

Pink; pilihan mau diapakan tulisanmu. Apakah langsung di publikasi (publish), simpan (save), lihat (preview), atau tutup (close)

Kuning; kelompokkan tulisanmu berdasarkan label yang tersedia di JPI. Mengelompokkan jenis tulisan akan memudahkan pembaca untuk mencari tulisan sesuai kebutuhan.

JPI memiliki 12 label yang bisa menjadi pilihan. Kamu bisa memilih label mana yang pas dengan tulisan kamu. Ada Cerbung JPI, Cerpen JPI, Info JPI, Kabar JPI, Karya JPI, Opini JPI, Puisi JPI, Review JPI, Sahabat JPI, Sinopsis FTV, Tentang JPI, Tips JPI

Selamat menulis, ya #SahabatJPI! (DF)


Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.