IKLAN

www.jaringanpenulis.com

SMKN 2 METRO Lampung Mulai Pasarkan Produk Unggulan Karya Sekolah

Kabar JPI - Lampung - Masuk SMK adalah kesempatan besar untuk mengasah keahlian siswa. Sekolah Menengah Kejuruan tak hanya berkutat pada teori saja, melainkan praktek secara berkala. Kini pemerintah tengah gencar mendorong SMK untuk menjadi garda depan penggerak ekonomi nasional. Kemendikbud melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dit. Mitras DUDI) mendata sekolah-sekolah kejuruan yang menghasilkan produk hasil karya sekolah. 

Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian

Salah satu contohnya adalah SMK Negeri 2 Metro, Lampung. Bermodal dana dari sekolah, dalam kurun waktu dua tahun siswa-siswi SMK mampu meluncurkan 20 produk dan jasa, diantaranya adalah jahe instan, susu kedelai, pewangi pakaian, sabun cuci piring, pupuk kompos, hingga pembibitan ikan. 

Harga yang ditawarkan pun terbilang murah, rata-rata berkisar antara Rp5.000 sampai Rp10.000. Tak sekedar membuat, SMK Negeri 2 Metro Lampung juga memasarkan produk dan jasanya tersebut ke lingkungan sekolah. Meskipun baru ditawarkan di sekitaran sekolah, seperti keluarga siswa dan keluarga guru, namun sambutan terhadap produk hasil karya sekolah cukup diminati.

Kegiatan pembuatan produk hasil karya sekolah ini melibatkan semua siswa di SMK Negeri 2 Metro. Selama proses produksi, guru aktif mengawasi seluruh siswa di masing-masing bidang. Sebagai pembimbing, para guru di SMK Negeri 2 Metro juga turut menganalisa dan melakukan riset terhadap produk yang akan dibuat sehingga menghasilkan produk yang bernilai jual. 

Hasil Ketrampilan pelajar SMKN 2 Metro

Strategi pemasaran hingga saat ini masih menjadi kendala khususnya berkaitan dengan pelabelan merk, pengemasan yang menarik, perizinan, dan kemudahan akses akan hak atas merk dagang. Di tengah kendala yang dihadapi, pihak SMK Negeri 2 Metro masih bersyukur karena mendapatkan dukungan pihak Diknas setempat untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Hal ini tentu memberikan semangat para guru dan siswa untuk lebih berinovasi dalam menghasilkan produk unggulan.

Tak mau ketinggalan zaman, SMK Negeri 2 Metro memanfaatkan media sosial youtube untuk menjangkau masyarakat luas guna mempromosikan produk karya sekolah. SMK Negeri 2 Metro memberi nama kanalnya dengan nama Humas SMK Negeri 2 Metro. Dalam kanal youtube tersebut, SMK Negeri 2 Metro rutin mengenalkan berbagai kegiatan dan produk kepada 473 pelanggan di sana. 

"Anak SMK harus terus mengembangkan keterampilan dan jangan mudah menyerah. Dengan bekal keterampilan, siswa SMK dapat mendukung perekonomian Indonesia lebih maju lagi. Banggalah jadi anak SMK," pesan Tere, Wakil Kepala Humas SMK Negeri 2 Metro, Lampung.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Metro, Dr. Armina, M.Pd. berpesan untuk siswa SMK agar selalu semangat berkarya. "Hard skill mungkin modal awal buat dunia kerja, tapi attitude juga membuat siswa bertahan dan berkembang di dunia kerja. Siswa SMK harus siap  terjun ke dunia kerja, Siapkan mental dan sikap buat terima kritik, ditegur atasan, kritis, sopan santun, peka sama keadaan sekitar, disiplin dan jujur dalam pekerjaan. Indonesia butuh anak SMK yang keren! SMK bisa, SMK hebat, SMK bisa Hebat." pungkasnya ketika dihubungi tim Sabahat Jaringan Penulis Indonesia.

Berikut ini adalah harga produk dan jasa SMK Negeri 2 Metro:

1. Jahe instan: Rp.10rb

2. Nata de coco: Rp.10rb

3. Nata de casava: Rp.10rb

4. Susu kedelai: Rp. 5rb

5. Roti Manis: Rp.5rb

6. Ayam pedaging: Sesuai harga pasar 

7. Telur ayam ras: Sesuai harga pasar

8. Sabun cuci piring: Rp.10rb

10. Pomade: Rp.10rb

11. Softene: Rp.15rb

12. Hand sanitizer: Rp.10rb

13. Lele: Sesuai harga pasar

14. Bibit ikan Lele dan Nila: Sesuai harga pasar

15. Sayuran: Rp.5rb

16. Jeruk lemon: Rp.10rb

17. Pupuk Kompos(Media tanam): Rp.8rb

18. Rak bunga

19. Service cuci AC: Sesuai harga pasar

20. Service Mobil dan Motor: Sesuai harga pasar

Penasaran dengan produk karya sekolah SMK Negeri 2 Metro? Silahkan menghubungi akun-akun media sosoial dan website berikut ini;

Instagram: @smknegeriduametro

Facebook: smknegeri.duametro

Youtube: Humas smkn2metro

Website: www.smknegeri2metro.sch.id/

Mari kita dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan membeli, memakai, dan mempromosikan produk-produk dalam negeri. (RM)

Posting Komentar

0 Komentar