IKLAN

www.jaringanpenulis.com

Berawal Ingin Menambah Kontak dari Grup Kepenulisan, Kini “Arni Purnama Sari” Menjadi Seorang Editor

 

Foto Selfie diambil sendiri

Penulis: Isnani Qistiyah

Perkembangan media sosial sangat membantu kita dalam berjejaring dengan dunia luar. Meski berada di tempat yang berbeda dan berjauhan, seseorang tidak kesulitan untuk terkoneksi dengan seseorang lainnya. Penggunaan media sosial, jika dijalankan sesuai kebutuhan, secara tidak langsung mampu menuntun kita bertemu dengan orang-orang satu frekuensi. Seperti yang dialami Arni, perempuan yang tinggal di Sinjai, Sulawesi Selatan ini.

Ia bernama lengkap Arni Purnama Sari. Lahir di Malino, pada 8 Agustus 1998. Ny, nama panggilannya, adalah seorang ibu rumah tangga yang juga menyandang profesi sebagai freelance editor. Ny berbagi cerita awal mula ia terjun di dunia menulis hingga berhasil menjadi editor di beberapa penerbit.

“Dunia menulis itu udah kayak dunia kedua bagiku,” aku Ny yang memfavoritkan film Naruto Shippuden. “Selain karena kerjaannya berdampak pada dunia nyata, juga karena sebagian besar waktu emang dipake buat menulis dan ngedit,” lanjut perempuan yang sudah menerbitkan 3 novel kolaborasi tersebut.

Karir Ny sebagai editor telah didukung dengan kesukaannya membaca dan menulis cerpen sejak ia duduk di bangku kelas 1 MA. Meski begitu ia baru mendalami dunia literasi pada tahun 2017 dan memutuskan untuk menjadi editor di tahun 2018.

“Awalnya saya masuk grup Wattpad, tuh. Minatnya cuma mau nambahin kontak. Terus jadi kenal dan dekat sama adminnya, abis itu kami sepakat bangun komunitas menulis yang sekarang dikenal dengan Glorious Author,” cerita Ny yang pernah menjuarai lomba cerdas cermat tingkat SD se-kecamatan ini.

antologi bersama penulis hebat

Di Glorious Author, Ny diberi mandat memberikan kritik dan saran untuk karya-karya member yang masuk. Setahun mengelola komunitas menulis tersebut, Ny kemudian belajar mengedit di penerbit indie yang baru berdiri. Dari sanalah Ny direkrut secara resmi menjadi editor. Seiring berjalannya waktu, karir Ny terus berkembang. Ia mulai direkrut oleh beberapa penerbit lainnya sebagai freelance editor novel maupun antologi cerpen.

Dari dunia menulis terutama sebagai editor, Arni mampu menghasilhkan ‘receh’ sebagai bentuk pencapaiannya yang sudah terealisasi. Namun, cita-cita Ny untuk menjadi penulis yang karyanya mendunia masih terus ia upayakan. Sebab itu, ia membocorkan motivasi bergabung dengan Jaringan Penulis Indonesia ini adalah ingin memperbanyak teman literasi dan tentunya menggali ilmu yang banyak dari para senior.

Sebelum menutup ceritanya kali ini, Ny juga berbagi suka dan duka menjadi seorang editor. “Enaknya jadi editor tuh kita bisa baca novel gratis, terus dapet fee tentunya. Nggak enaknya kadang harus dikejar deadline, meski kondisi lagi down kudu dikerjain karena udah kewajiban.”

Sambungnya lagi, “selain dikejar deadline, nggak enaknya kalau dapet naskah ajaib, muter otak banget,” tutup si penyuka minuman cokelat ini sambil mengirim emot tertawa.

“Walau kaki, tangan dan mulut tak berfungsi, seorang penulis tetap bisa merangkai kata-katanya dalam hati.” – Arni Purnama Sari

 

Karya-Karya Arni

Novel Kolaborasi :

1.      Mommy Untuk Manda (Novelindo Publishing, 2019)

2.      Let Go (Mecca Publishing, 2020)

beberapa karya Arni

3.      Love Girl (Mecca Publishing, 2020)

dan beberapa antologi.

 

Akun Media Sosial

Facebook : Ny Purnama Sari

Instagram : Nyqueen 1998

Wattpad : NyQueen98


Tentang Penulis

Isnani Qistiyah, lahir di Semarang, Maret 1993. Alumni Fakultas Ekonomi di Universitas Semarang. Menulis cerpen dan puisi yang tergabung di beberapa buku antologi bersama. Bercerita apa saja di adindanenii.blogspot.com. Bisa disapa melalui media sosial instagram, twitter, dan facebook dengan nama akun adindanenii. Email: adindanenii08@gmail.com.

Posting Komentar

0 Komentar