IKLAN

www.jaringanpenulis.com

Produk Kewirausahaan Kreatif dan Inovasi dari SMKN 6 Yogyakarta

 

Kabar JPI - Yogyakarta - Saat ini, menjadi bagian dari SMK adalah salah satu pilihan tepat untuk mengasah keahlian yang dimiliki oleh siswa, selain teori akan tetapi juga dengan praktek. Dan kini pemerintah melalui SMK berusaha untuk menggebrak ekonomi nasional. Kemendikbud melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelenggaraan Dunia Usaha dan Dunia Industri mendata sekolah kejuruan yang menghasilkan produk hasil karya sekolah.



Produk kewirausahaan SMKN 6 Yogyakarta salah satunya yang berawal membuat produk eggroll garut dan cookies jewawut merupakan produk inovasi terbaru yang dibuat pada tahun 2019 sedangkan untuk sus kering merupakan produk unggulan yang kemudian dikembangkan kembali. Ide ini merupakan berasal dari guru dan kemudian dikembangkan oleh siswa dengan dampingan guru. Keunggulan dari produk ini diproses dengan baik mulai dari pemilihan bahan yaitu penggunaan bahan-bahan lokal seperti jewawut dan garut, proses pengolahan yang higenis, pemanggangan yang tepat sehingga produk lebih awet/tahan lama, dan kemasan yang praktis. 

Adapun dalam proses pembuatan produk ini tidak memakan waktu yang terlalu lama, sekitar 1-2 jam untuk masing- masing produk dengan hasil kurang lebih 1 kg. Bahan-bahan utama yang dibutuhkan misalnya tepung garut dan tepung jewawut, bahan utama yaitu tepung garut dan tepung jewawut didapatkan dari produsen langsung, sedangkan untuk bahan lainnya bisa didapatkan di supermarket dan toko bahan kue. Tidak ada kesulitan dalam mencari bahan, karena sudah ada produsen tetap untuk bahan yang utama.

Tantangannya sendiri selama membuat produk bisa dibilang hampir tidak ada, hanya butuh kesabaran dan ketelitian untuk membuat produk yang berkualitas dan konsisten. Teknis pemasaraannya pun sudah memanfa'atkan media sosial adapun pihak sekolah membutuhkan suport untuk pemasaran . Strategi pemasarannya pun melakukan market research unutk mengetahui siapa aja target pasar nantinya.




Untuk pemasarannya sudah melalui media sosial dan untuk membuat produk serta kemasan juga mengikuti trend atau perkembangan zaman yang dapat menarik dimata masyarakat. Modalnya sendiri kurang lebih untuk 1 kg cookies jewawut membutuhkan modal Rp154.000. Untuk kurang lebih 500 gr eggrol garut mmebutuhkan modal sekitar Rp. 50.000. Harga dari produk nya sangat terjangkau kisaran Rp20.000-Rp 25.000. Sementara untuk menambah nilai plus dari produk ini misalnya seperti penambahan aneka rasa untuk masing-masing produk.

Dinas pendidikan dan Dinas perdagangan pun turut memberikan kesempatan untuk menjual di area Bandara tentunya dengan adanya kerjasama dengan UMKM di DIY dan Kadin.

Ibu Wiwik sebagai Kepala Sekolah berpesan, "Untuk para siswa SMK teruslah produktif, kreatif dan inovatif, karena dengan tiga hal tersebut kita mampu untuk bersaing di dunia bisnis demi membantu pergerakan ekonomi di Indonesia. Serta dengan bantuan dan kerjasama dari pemerintah kita bisa terus maju untuk SMK yang lebih baik. SMK BISA SMK HEBAT," pungkasnya

Berikut adalah harga produk aneka makanan dan minuman dari SMKN 6 Yogyakarta;

1. Jajanan pasar = Rp. 3.000- Rp. 6.500

2. Aneka jus = Rp. 7.000- Rp. 8.500

4. Produk cake 

Per Pcs = Rp. 3000- Rp. 8000 

Per loyang = Rp. 45.000 perloyang

5. Roti 

Per Pcs = Rp. 4.000- Rp. 5.000 pcs

6. Pie Rp. 4.000 per pcs

Rp. 40.000 perloyang

7. Sus Rp. 3.000- Rp. 4.000 per Pcs

Sus Rp130 per Kg

Penasaran dengan produk dari SMKN 6 Yogyakarta? Kita bisa langsung meluncur ke INSTAGRAM @smkn6yogyakarta atau mengunjungi situs remisnya https://smkn6jogja.sch.id/ . Marilah untuk selalu mendukung produk-produk dari dalam negeri, harus selalu bangga dan senantiasa mencintai. Tak lupa untuk mencoba berinovasi yang kreatif sebagai anak bangsa. Cerdas dan kreatif. Kita semua harus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonenesis. (EAM)


Posting Komentar

0 Komentar