Umy Nasrukhah, Mahasiswi Pecinta Drakor yang Sudah Menelurkan Banyak Karya

 

Penulis: Rois

Umy Nasrukhah, mahasiswi salah satu perguruan tinggi negeri di Jember, Jawa Timur yang lahir pada  Maret 2000. Anak bungsu dari dua bersaudara ini mulai terjun ke dunia kepenulisan saat mengenal Wattpad pada tahun 2016. Kecintaannya pada dunia literasi semakin bertambah ketika dua novelnya bisa menang dalam ajang lomba menulis novel yang diadakan oleh penerbit indie pada tahun 2018. 

Saat saya melakukan wawancara via Whatsapp pada Minggu (10/01), mahasiswi kelahiran Mojokerto  ini mengaku sangat menyukai drama Korea. Baginya, drama Korea banyak memberinya ide dan inspirasi dalam menulis novel.

"Iya, saya suka drama Korea karena, ide ceritanya yang terkadang anti mainstream, alur cerita padat dan tidak berbelit, karakter setiap tokoh juga sangat kuat," tuturnya.

Pecinta drakor ini  sudah menelurkan dua novel, yakni Air Mata Dara yang diterbitkan oleh Sint Publishing dan Atas Nama Cinta yang diterbitkan oleh Mazaya Publishing House. Kedua novel tersebut diterbitkan dengan menggunakan nama pena. 

Setelah berhasil menelurkan 2 karya novel, dia keluar dari zona nyaman dan ingin mencoba hal baru. Akhirnya, dia mencoba-coba menulis cerpen dan diikutkan dalam lomba cerpen tingkat nasional. 

Beberapa karyanya ada yang jadi juara, beberapa juga ada yang hanya menjadi kontributor. Selepas itu, dia juga mencoba hal baru lainnya, yang pasti masih seputar dunia literasi. Berbekal pengetahuan yang didapatkan dari salah satu grup kepenulisan, akhirnya Umy melamar menjadi editor freelance di salah satu penerbit indie dan diterima. Sekarang, Mahasiswi 20 tahun ini bekerja menjadi editor freelance di beberapa penerbit. 

Mulai dari situ, Umy mulai mengenal Jaringan Penulis Indonesia (JPI) dari CEO penerbit tempatnya bekerja yang kebetulan juga bergabung di JPI. Akhirnya, Umy pun tertarik ingin bergabung juga. Sebelum bergabung, Umy sempat ragu karena merasa tidak bisa menulis skenario. Namun, akhirnya Umy memutuskan untuk bergabung setelah men-stalking akun IG JPI karena Umy yakin bahwa penulis skenario yang bisa sukses sekarang pasti dulunya juga belajar terlebih dahulu.(RI)

Profil 

Nama: Umy Nasrukhah

TTL : Mojokerto, 02 Maret 2000

Agama: Islam

Alamat: Desa Mojokusumo, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Hobi: Menulis dan Menonton Drakor

Prestasi

Juara 1 Menulis Surat Terbuka Tema "Wanita" Penerbit WA

(2017)

Juara 3 Menulis Cerpen Tema "Cita-Cita" Penerbit Lasaripi

(2017)

Juara 1 Menulis Cerpen "Untuk Aku di Masa Lalu" Cementicle FKG Universitas Jember (2019)

Juara 3 Menulis Cerpen Tema"Freedom" Penerbit Binarmedia (2020)

Juara 3 Menulis Cerpen Tema "Bebas" UKM Genesa UIN Walisongo (2020)

Juara 2 Menulis Cerpen Tema "Post Millenial" Sahabat Perpustakaan Universitas Jember(2020)

Novel yang Sudah Diterbitkan

Air Mata Dara (Sint Publishing, 2018)

Atas Nama Cinta (Mazaya Publishing House, 2018)R

Riwayat pendidikan

- SDN Mojokusumo

- SMPN 1 Kemlagi

- SMAN 1 Gedeg Mojokerto

- S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jember

Akun IG : @umy.nasrukhah / @mykafadia_

Akun WP : @MykaFad_

Akun Cabaca : Myka Fadia

Posting Komentar untuk "Umy Nasrukhah, Mahasiswi Pecinta Drakor yang Sudah Menelurkan Banyak Karya"

www.jaringanpenulis.com