IKLAN

Vina, Penulis 10 Karya Di Usianya Yang Baru 11 Tahun

 


Penulis: Lisa

Savina Jasmine Nur Ummari, yang lebih akrab disapa Vina. Perempuan muda nan cantik kelahiran Kecamatan Cicalengka kota Bandung. Di umurnya yang masih sangat muda, Vina sudah banyak menuangkan ide-idenya dalam dunia tulis-menulis. Beberapa Antologi bahkan namanya sudah terpampang pada buku solonya sendiri, keren tidak sih? Keren. Meski sudah banyak bukunya yang terbit, Savina makin semangat belajar lagi dan lagi untuk memperdalam ilmu kepenulisannya juga impiannya debut bersama penulis terkenal dan keren tentunya.

“Menulis itu tidak ada batasnya Kak. Dewasa, remaja bahkan anak-anak ada karya tulisnya. Siapa pun bisa menulis bahkan anak Tk sekalipun bisa memiliki karya. Asalkan mereka bisa membaca. Iya, hanya dua. Bisa membaca dan niatnya dalam menulis. Dan bukan semata-mata mencari penggemar,” kata Savina, Kamis (10/12/2020).

Diumur sebelas tahun, Vina mulai merasa bahwa dirinya suka menulis. Suka hal-hal yang berbau ide—imajinasi yang jika dituangkan dalam tulisan akan menjadi sebuah karya yang nantinya dinikmati oleh pembaca juga menjadi sebuah tradisi dan kemajuan untuk dunia literasi. 

Bukan sekedar hobi. Tetapi, Vina menjadikan menulis sebagai pekerjaan disela kesibukannya sebagai pelajar SMP. Sanking cintanya dia pada dunia kepenulisan. Juga terkadang bosan menulis di laptop, Vina akan menggunakan android sebagai penggantinya. Kenapa tidak? Canggihnya teknologi sudah menyihir dan menempatkan word dalam android. Dan itu membuat Vina lebih gampang menulis saat ide tiba-tiba saja datang. 

Dan selain menulis, Vina juga sangat suka menonton film. Salah satu film favoritnya adalah Perempuan Tanah Jahanam yang ditulis oleh penulis idolanya Joko Anwar. Juga genre horor termasuk list favoritnya.

Selain dukungan dari Ayah, Mama, dan keluarga terdekatnya. Vina juga mendapatkan support dari Gurunya di sekolah, Bapak Agus Sopandi dan Ibu Lilis Latifa yang selalu memberinya semangat dalam menulis. Dan efeknya begitu besar dalam perjalanan karir menulis Vina. Semangatnya kian besar untuk menjadi penulis yang dikenal lewat karyanya yang keren. 

Selama perjalanan menulis, tentunya tidak lepas dari yang namanya KOMENTAR pembaca, tantangan juga hambatan. Bagi Vina sendiri, dia sudah biasa mendapatkan dan membaca komentar yang sangat tidak pantas. Dan Vina tidak begitu merespon. Sebaliknya dia mengambil yang postifnya saja dan tentunya lebih semangat lagi dalam berkarya. Juga dalam masa terberatnya saat mengalami kendala writer block dan yang paling disesalinya saat menulis dan paragrafnya sudah panjang dan ternyata lupa di save. 

Dan memang yang perlu kita ketahui bahwa, tidak semua orang akan menerima dan tergila-gila dengan karya kita. Tapi kembali lagi pada niat, bahwa kita tidak mencari penggemar, kita hanya menyalurkan hobi, bakat juga penyampain melalui karya tulis. 

“Kurang suka inget-inget yang begituan. Dan mungkin yang komen tidak tau tujuan kita apa, intinya tetap positif thingking dan terus berdoa aja yang terbaik,” tambah Vina, Kamis (10/12/2020).

Anak dari seorang Guru PNS ini, tidak hanya suka menulis cerpen ataupun novel. Ternyata Vina juga suka menulis komik. Dan sedikit bocoran tentang project baru dia yang berjudul “Babakan Siliwangi” masih kurang tahu apakah itu berupa cerpen atau novel. 

PROFIL 

Nama lengkap : Savina Jasmine Nur Ummari

Nama panggilan : Vina

Tempat, tanggal lahir : Bandung, 8 Mei 2006  

Domisili : Cicalengka

Hobi : Makan, baca buku, ganggu orang 

Cita-cita : Jurnalis/Penulis

Motto : kunci kesuksesan, bisa di temukan di setiap jiwa jiwa yang mau berusaha, bersyukur, dan lewat pelantara apapun.

Perstasi di sekolah : Juara 2 reviwer dan penulis cilik

Riwayat Pendidikan

Sekolah Dasar Negeri 7 Cicalengka

SMPN 1 Cicalengka

Karya tulis

1. Mi Pedas Chalenge

2. Cahaya As-Salam

3. Falling Star Friedsihip

4. Waktu yang tepat untuk memaafkan (antologi)

5. Senja di NewYork

6. Pena dunia antologi

7. Drakor

8. Kita Berbeda

9. PMR & Literasi

10. Babakan Siliwangi

Sisanya masih di proses terbit    

Akun media sosial

IG : @savina_jas.mine

EMAI : savinamine@gmail.com/savinajajas@gmail.com



Posting Komentar

0 Komentar