IKLAN

Sempat Disudutkan di Dunia Kepenulisan, Pati Imanuel Kembali sebagai Pendiri Grup Literasi

 

Penulis : Ira Madan

Pati Imanuel, remaja kelahiran Sorong, Papua Barat pada 09 April 2007. Penulis dengan nama pena Aksa ini selalu antusias jika diajak bercerita apa saja tentang dunia literasi. Usia yang sangat muda sama sekali bukan alasan baginya untuk serius dalam mendalami dunia kepenulisan. Ia memang sudah sejak lama menyukai, bermula dari ekstrakurikuler puisi yang Ia ikuti saat duduk di bangku kelas lll SD hingga kini Ia duduk di bangku kelas Vlll SMP. Selain menulis, bercerita juga menjadi kegemarannya. Pati menyebutkan bahwa dengan bercerita, Ia mendapatkan pengalaman baru serta dapat merasakan hidup pada cerita atau alur kehidupan yang berbeda dengan kehidupan pribadinya.

“Jangan berserah dengan keadaan, tetapi bangkitlah dengan keyakinan.” 

Kutipan  semangat milik Merry Riana tersebut  menjadi salah satu pemicu semangat Pati untuk tetap berkarya. Meskipun Ia pernah tersudut dengan komentar negatif yang menjatuhkannya di sebuah grup chat komunitas kepenulisan. Padahal  sejatinya ia sendiri yang mendirikan, namun semua berakhir dengan pembubaran grub tersebut.

 Pengalaman buruk itu tidak membuatnya berhenti dan patah semangat. Pati kembali membangun sebuah komunitas dan organisasi yang berbau literasi, GC Sinar Literasi. Kini grub tersebut telah digandrungi oleh penulis-penulis muda berbakat. Pati mendirikan Grup Kepenulisan itu dengan tujuan agar dia dapat memperdalam, memperluas, dan berbagi ilmu seputar dunia Kepulisan dengan semua member grup. Setiap tiga bulan sekali GC Sinar Literasi juga mengadakan seminar kepenulisan. Berkolaborasi dengan penulis yang tentunya sangat ahli di bidang kepenulisan. Telah tercatat, Sinar Literasi sudah mengadakan tiga seminar besar dan akan mengadakan satu seminar lagi. Tepat di akhir bulan Oktober nanti  Pati Imanuel bersama Kris Azalea dan Nadia Ester akan menjadi pentolan dalam projek tersebut.

Menarik memang. Bagaimana tidak? Pati saat ini masih duduk di bangku SMP, tepatnya di SMPN 03 Tulung Agung, Jawa Timur.  Dengan umur yang begitu muda, ia sudah memiliki pengalaman menempati posisi CEO-FOUNDER di sebuah komunitas dan organisasi Literasi. Selain menempati posisi itu, Pati juga bertugas menjadi Admin Puisi, Admin Seminar, dan Admin Event. Pati juga kerap diundang oleh berbagai grup Literasi untuk menjadi moderator seminar. Topik yang ia gawangi sangat erat dengan dunia puisi. Tidak hanya sekali atau dua kali, Pati sudah 10 kali menghadiri undangan.

Penulis muda Tulung agung ini juga mengaku sangat senang dan bangga.  Sebab pada Agustus tahun 2020 lalu, Ia menemukan induk organisasi kepenulisan bernama Jaringan Penulis Indonesia serta diperbolehkan ikut bergabung di dalamnya.

Harapan dan cita-cita Pati kedepan adalah ingin menjadi penulis yang sukses dan terkenal sehingga dapat membahagiakan kedua orang tua. (IM)

Believe me, Pati. You can do it!

PROFIL

Nama : Pati Imanuel Lowri Wartuny

Tempat, Tanggal Lahir : Sorong, 09 April 2007 

Domisili : Perumahan Permata Kota 4 Blok D no 11, Desa Ringinpitu, Dusun Ringinagung, Tulungagung, Jawa Timur

Hobi : Menulis, Membaca, Berpuisi dan Bercerita

Motto Hidup : Maju terus pantang mundur, hadapi rintangan dan takhlukkan tujuan.

RIWAYAT PENDIDIKAN

TK Katolik Santa Maria Tulungagung

SD Katolik Santa Maria Tulungagung

SMPN 03 Tulungagung

AKUN MEDIA SOSIAL

Twitter : @PWartuny

Facebook : Pati Imanuel

Instagram : @imanuelpati

Email : patiimanuel47@gmail.com

Posting Komentar

0 Komentar