IKLAN

Pilihan Sinta Untuk Menuliskan Cerita Yang Ingin Dia Baca.

Penulis: Fitri Anggraini

JaringanPenulis.com - Gadis yang memiliki nama lengkap Wa Ode Sinta Nur Afia ini adalah orang awam yang hanya mempunyai imajinasi tinggi.  Rasa ketertarikan terhadap menulis bermula saat Sinta duduk di bangku kelas delapan (2 SMP). Saat itu teman dekatnya suka membuat cerita di buku khusus, dan dia pun mulai iseng mencurahkan apa yang ada dalam pikirannya ke dalam tulisan yang dulu dikenal sebagai cerbung (cerita bersambung). 

Tak lama setelah itu Sinta mulai mengenal Aplikasi Wattpad yang menurutnya sangat mendukung. Namun beberapa bulan setelahnya, gadis itu mulai tidak pede dengan tulisannya sendiri hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti menulis. 

Pertengahan kelas 10 (1 SMA) Sinta mulai berpikir untuk kembali menulis. Cerita-cerita yang dia baca di aplikasi Wattpad kembali memunculkan imajinasinya. “Kalau kata Richard Bach ‘penulis profesional adalah penulis amatir yang nggak berhenti menulis’.” Maka gadis itu pun mulai mencari-cari wadah yang bisa membantu dia agar tulisannya lebih baik. 

Dan di sini lah alasan kenapa sekarang Sinta itu sangat menyukai puisi. Awalnya gadis yang lahir di kota Jakarta ini hanya membuat puisi ketika diberi tugas oleh grup literasi yang dia ikuti, karena tadinya dia hanya suka menulis cerita fiksi tapi siapa sangka tugas-tugas yang awalnya membebani justru menjadi makanan sehari-hari.

Kini, bagi Sinta puisi adalah segala isi pikirannya. Hal yang bisa menenangkan hatinya. “Puisi dan musik adalah kolaborasi untuk menciptakan mood yang bahagia,” ujarnya. 

Walau masih tidak percaya diri dengan tulisannya sendiri tapi gadis itu selalu menanamkan kalimat motivasi dari salah satu penulis favoritnya—Ntsana, bahwa kata gagal itu nggak ada. Mimpi juga butuh waktu. Jadi, sekarang bukan gagal, tapi bukan waktunya. 

“Dari quote yang aku baca, bahwa kita hanya mempunyai dua pilihan: menjadi penulis atau menjadi inspirasi bagi orang lain untuk menulis tentangmu. Dan aku memilih opsi yang pertama,” ujar Sinta. 

Meskipun belum menerbitkan buku solo tapi gadis itu sudah merasa bahagia, karena dia sudah menuliskan cerita yang pengin dia baca. “Pun kata Toni Marrison, kalau ada buku yang pengin kamu baca tapi belum ada yang nulis, maka kamu yang musti menulisnya. Dan aku sudah menuliskannya,” imbuh gadis itu. (FA)


Profil

Nama Lengkap : Wa Ode Sinta Nur Afia
Nama Pena : Sajaktakbertema
TTL : Jakarta, 13 Desember 2001
Penulis Favorit : Rintik Sedu (Ntsana), Sapardi Djoko Darmono, Wira Nagara, dan Anindya Frista
Hobi : Mendengarkan musik dan menulis
Media sosial :
Instagram : @waodesintaaa dan @sajaktakbertema
Wattpad : @sajaktakbertema
Tumblr : @sajaktakbertema
Ketix : @sajaktakbertema
Email : sntnrfodeee13@gmail.com

Posting Komentar

0 Komentar