IKLAN

Jatuh Hati Dalam Aksara, Sri Ayuningsih Siap Memajukan Literasi Indonesia

Penulis: Difa Felisa


JaringanPenulis.com- Sri Ayuningsih berusia 21 tahun, ialah salah satu member JPI yang berstatus sebagai mahasiswi tingkat akhir dan menyukai dunia literasi.
Gadis yang kerap disapa Ayu ini mengatakan, menyukai dunia literasi sejak duduk di bangku Kelas 3 Sekolah Dasar.

"Tertarik dengan dunia literasi sejak kelas 3 SD, dulu suka banget beli-beli komik dan akhirnya mulai coret-coret cerita sendiri tapi ternyata lebih dominan ke puisi sampai akhirnya sering diminta mengisi acara untuk baca puisi di sekolah," katanya.
Gadis pinky lover ini mulai mengasah kemampuannya di bidang literasi khususnya puisi dengan mengikuti ektrakulikuler Jurnalistik sejak SMP.

"Dari ekskul Jurnalistik itu membuat saya semakin jatuh hati dengan dunia literasi, selain menambah relasi, kecakapan dalam menyampaikan pesan juga yang penting yakni kepercayaan diri terhadap karya yang kita tampilkan"  Pungkasnya sembari tersenyum.

Lomba membaca puisi tingkat kabupaten/
kota Samarinda tahun 2017.


Ayu mengatakan, dirinya akan terus berkarya memajukan literasi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan beberapa antologi bersama yang ia tulis yakni Untaian Kata untuk Juli, Sajak-sajak Rindu, Secarik Penantian, Jodoh, Takbir Terakhir dan karya lainnya. Ayu juga berusaha membagi waktu di tengah kesibukannya sebagai mahasiswi tingkat akhir untuk mengikuti lomba kepenulisan offline maupun online.

"Literasi, bukan hanya tentang kumpulan buku yang tersusun rapi di rak-rak sudut ruang melainkan hal-hal yang membuat diri ini mampu masuk ke dalam diksi yang memotivasi, merubah pola pikir dan membuat perubahan," ungkapnya.

Memiliki kepedulian terhadap literasi dan lingkungan, Ayu kini bergabung dalam beberapa komunitas literasi dan lingkungan yang terus membagikan kebaikan terhadap lingkungan dengan memanfaatkan media sosial dan kemampuan dalam sajak-sajak menginspirasi kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

"Awal kenal JPI dari kak Zee yang saat itu lagi ada event bedah buku Online judulnya Pengagum Rahasia, nah trus syarat ikut bedah bukunya kak Zee harus jadi member JPI dulu karena diskusinya melalui grup Whatsapp," pungkasnya.
Gadis yang juga dikenal aktif ini memiliki impian untuk dapat bermanfaat bagi manusia dan lingkungan dengan kemampan yang ia miliki. (DF)

PROFIL
Nama : Sri Ayuningsih
Ttl : Samarinda, 11 Juli 1998
Hobi : Reading, Writing and Story Telling
Impian : Bermanfaat bagi banyak orang
Kesibukan : Mahasiswi
Inspirasi : Sapardi Djoko Damono, Tere Liye, Endik Koeswoyo, Raya Mipi

Pendidikan

SD    : SD Muhammadiyah 3 Samarinda
SMP  :  SMPN 3 Samarinda
SMK  : SMK Kesehatan Jami'atul Muttaqin
Universitas :   Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Media Sosial

Faceook: Sri Ayuningsih
Instagram: @riyuning
E-mail: sriayuningsih62@gmail.com
Blog: sriayuningsih62.blogspot.com

Posting Komentar

0 Komentar