IKLAN

Penting Dibaca! Resep Sinopsis FTV Cepat Di OK TV Tanpa Ribet

RESEP SINOPSIS FTV CEPAT DI OK TV TANPA RIBET


sumber gambar : google dan aplikasi edit foto

Hallo teman-teman, banyak banget yang tanya lewat japri, DM, dan chat inbox mengenai Resep Sinopsis FTV Cepat Di OK TV. Nah, simak ya, format penulisannya tanpa ribet kok! Semoga bermanfaat.


Berikut tips-tips jitu format menulis sinopsis FTV cepat di OK TV tanpa ribet :

1. Tulisan sinopsis harus rapi atau diketik menggunakan MS Word (Microsoft Word Office) sekitar 2-5 halaman tidak boleh lebih.
2. Kertas A4 ukuran font 12, jenis font Courier New, dan spasi 1.
3. Judul huruf besar semua di BLOD ukuran font 20. Contoh : CINTAKU PADAMU TANPA TEDENG ALING-ALING.
4. Nama Penulis kecil setelah judul atau dibawah judul. Contoh : Firda Shiewa.
5. Isi cerita harus rapi rata kanan-kiri dan berparagraf atau menjorok ke dalam.
6. Kalimat tidak bertele-tele dan bukan menggunakan bahasa novel.
7. Tanamkan pola sinopsis FTV yang sering kamu baca atau kamu punya atau pola FTV yang sering kamu lihat di TV.
Contoh : kamu suka sama cerita FTV MAMA CALON MERTUA CULAMITAN dan kamu pernah menontonnya di TV. Kamu bisa memunculkan langsung konfliknya apa, tujuannya apa, dan isinya tentang apa sih? Mereka ngapain?

Atau kamu suka sama cerita FTV POLISI GANTENG MAH BEBAS. Nah, kamu bisa memunculkan imajinasi karakter pacar kamu, mantan pacar kesayangan kamu kenapa bisa dijulukin ganteng atau bahkan sampai bikin kamu kesemsem alias jatuh cinta.

Intinya, konflik-konflik dan konflik terus happy ending. Ingat! Harus happy ending karena kalau sad ending bukan tipe FTV komedi romantis yang tayang di TV yang dituju berlogo gambar matahari.
8. Tuliskan kalimat, “SEKIAN” pada akhir kamu selesai menulis.
9. Karakterisasi Pemain harus tercantum di bawah kalimat, "Sekian." Maksimal pemain 7 orang tidak boleh lebih. Note tambahan untuk sekarang, jangan ajak main bayi di sinopsis FTV cerita yang bakalan kamu tulis karena susah cari pemain bayi.

0. File dikirim dalam bentuk lampiran berjenis doc atau docx dengan nama file SINOPSIS FTV REGULER-JUDUL SINOPSIS-NAMA KAMU. Contoh : SINOPSIS FTV REGULER-DISUNTIK CINTA DOKTER KELILING-Firda Shiewa.
1. Biodata Narasi ditulis di badan email bersama SURAT PENGANTAR dan cantumkan kontak yang bisa dihubungi seperti nomor WA atau telepon. Contoh : SURAT PENGANTAR ada  di google banyak sekali. Hehehe.
2. Isi Subjek email dengan SINOPSIS FTV REGULER. Jangan yang lain!
3. Kirim sinopsis ke alamat email yang kamu tuju atau kirim alamat PH (Production House) yang dituju. Jika tidak tersedia alamat email harus mengirim lewat pos atau JNE.

Artinya, ditujukan pada alamat PH dan dibagian kanan atas ditulis SINOPSIS FTV REGULER serta tulis SIP (SI PENGIRIM) di belakang amplop  supaya kalau tukang pos atau kurirnya gak tahu bisa dikembalikan ke pengirim dengan aman.

Untuk prosedur kirim sinopsis ke alamat PH ini harus dipastikan sinopsis sudah hard file bukan soft file (bukan docx lagi alias di print out atau sudah dicetak seperti buku).

Kalau saya biasanya kirim sinopsis FTV ke email-nya om kece atau om Endik Koeswoyo serta jenis file docx pada lampiran dan subjek SINOPSIS FTV REGULER karena beliau mentor saya dan artinya beliau juga sebagai penulis tetap skenario di setiap judul sinopsis FTV saya jika di OK oleh pihak TV. Hanya saja pengiriman ke Om Endik Koeswoyo ini tidak bisa dilakukan semua orang, hanya anggota group WhatsApp JPI yang bisa kirim, karena di group JPI kita sudah belajar bersama tentang aturan, tema dan segala macam seluk beluk FTV.  Termasuk kapan kita bisa kirim sinopsis, kerena tidak setiap saat kita bisa kirim sinopsis, hal ini digunakan untuk mempermudah menyeleksi, dan memberi masukan-masukan pada sinopsis yang masih kurang menarik. Di sinilah kita belajar sama-sama tentang dunia FTV.

Hal ini juga bertujuan untuk memudahkan orang-orang penting yang bekerja di sana jika di OK karya sinopsis FTV milik saya. Hehehe. Dari beberapa anggota Jaringan Penulis Indonesia sudah banyak yang bisa mengembangkan dirinya dari penulis SINOPSIS menjadi penulis SCENE PLOT sampai ke penulis SKENARIO walau belajar dari jarak jauh.  Apakah SCENE PLOT dan SKENARIO itu beda dengan SINOPSIS? Nanti deh, kalau saya sudah bisa naik kelas ke SCENE PLOT dan SKENARIO akan saya ceritakan lebih detail lagi ya... Sabar... karena kata Om Endik menjadi penulis itu kuncinya ada 3. Pertama : sabar, Kedua : sabar dan yang Ketiga: SABAR....


Masih ragu? Sudah banyak penulis ide cerita FTV yang lahir dari komunitas JPI, berikut nama penulis dan judul karya secara garis besar :
a.Farah Frastia (Polisi Ganteng Mah Bebas).
b.Raya Mipi (Gasanggup Akutuh Mba Angkot).
c.Sifa Hasta (Seblak Empire Hentikan Ledakan Cinta).
d.Sierie Koto (Semoga Lancar Sampai Hari H).
e.R. Reza Resvita (Kebobolan Cinta Sticker Cantik).
f.Puspa Dharma Argini (Playboy Asli Bukan Kaleng-Kaleng).
g.Jihan Suweleh (Demi Kamu Aku Kudu Strong).
h.Jamilah (Miss Ngaret vs Mr On Time).
i.Mei Otniel (Aku Deketin Kamu, Kamu Deketin Dia).
j.Asih Rehey (Digombalin Cinta Miss Kecambah Auto Baper).
k.Widhi Ibrahim (Yakin Pengen Nikah?).
l.Dede Hartini (Mie Ayam Level Cemburu).
m.Wulan Annisa (Kasir Cantik Pemberi Cinta).
n.Adit Mahatva (Insya Allah Halal).
o.Rahmat Setiadi (Batagor Cinta Rasa Kangen).
p.Syakky (Miss Tahu Bulat Jadi Mantu Dadakan).
q.Fitria Yusticia (Kolam Cinta Juragan Pancing).
r.Fajar Indrawan (Ondel-Ondel Enteng Jodoh).
s.Nela A Anggraini (Mending Makan Kerupuk Daripada Makan Teman).
t.Tia M Surjatman (Ratu Tutut Si Miss Halu).
u.Firda Shiewa (Cintaku Padamu Tanpa Tedeng Aling-Aling).
(v.) Semoga NAMA KAMU ada di daftar ini selanjutnya. Wkwkwk.

Masih banyak penulis cerita yang belum disebutkan karena semua anggota JPI paling aktif menulis cerita sinetron seperti Yulia Ang, Shina, dan Lia. Ada juga penulis yang berhasil terjun di dunia jurnalistik dari komunitas JPI seperti Servita Ramadhianti (Jurnalis Kabar Jaringan Berita dan Kabar Malang atau Kabar Kampus Malang) dan Ria M (Jurnalis Kabar Jaringan Berita).

Tentu, kalian dapat melihat pada postingan instagram @jaringanpenulis dan di sana ada tata cara join member ke grup diskusi WA JPI dengan cara mem-follow admin yang tertera jelas di bio instagram-nya @jaringanpenulis dan nanti kalau sudah nge-DM si admin akan diberi S&K-nya. Gak susah, jangan tegang, santai aja bosqueee!


Nah, sudah mengetahui format penulisan sinopsis FTV-nya kan? Next! Giliran menyimak tata cara kirim sinopsis FTV ke om kece yaitu Endik Koeswoyo selaku founder JPI agar sinopsis FTV kita cepat sampai ke TV dan dibaca. Tentu, om kece juga akan memeriksa tulisan kamu!

Penting nih, jika tidak ada balasan dari om kece dipastikan sinopsis FTV kamu memenuhi pola FTV yang sudah tayang di TV dan sudah dikirim ke TV. Btw, pemberitahuan sinopsis OK dan NOT juga di update lho!

Cara Kirim Sinopsis FTV Reguler via email-nya Endik Koeswoyo sebagai berikut :

1. Sebelum kirim sinopsis FTV, WAJIB punya profil dan tulis profil tokoh. Caranya harus tergabung pada grup WA diskusi JPI. Tentu di sana akan menemukan SAHABAT JPI yang akan kamu tulis profilnya dan dia juga akan menulis profil kamu. Join member GRATIS bosqueee tetapi ada SYARAT dan KETENTUAN yang harus bikin kamu siapkan mental serta tantangan passion kamu!
2. Setelah menulis profil SAHABAT JPI, kamu kirimkan hasilnya dalam bentuk file doc atau docx ke admin JPI supaya termuat pada website www.jaringanpenulis.com sehingga profil kamu dapat dibaca oleh seluruh teman, rekan, dan tokoh penting yang kamu tuju. Jadi, saling tulis profil.
3. Kirim SINOPSIS FTV karya kamu sesuai dengan FORMAT PENULISAN yang sudah diberikan di atas. Jika format penulisan SALAH maka, sinopsis FTV kamu akan dilewati dan dibiarkan mengendap.

Kalau kamu masih belum paham, kamu dapat membaca artikel yang mengenai Sinopsis FTV di OK TV sampai habis pada laman situs website www.jaringanpenulis.com karena di website sudah banyak termuat contoh-contoh sinopsis FTV yang bisa kamu pelajari polanya dari penulis ide cerita yang sudah di OK berulang kali ceritanya.

Keren dan mudah bukan? Ayo, jadilah penulis tangguh dan perjuangkan mimpi kamu! Ingatlah, setiap usaha pasti ada hasil yang tidak akan mengkhianati proses!

See you on WA Grup diskusi JPI. Salam literasi! (FS).

****

Tentang Penulis 
Firda Shiewa, cewek tomboi yang gak doyan selfie berhobi main musik dapat dihubungi melalui email kekatasenja25@gmail.com atau akun sosial media dengan semua username menggunakan nama firdashiewa (Firda Shiewa) tetapi TIDAK memiliki akun line, snapchat, telegram, dan HANYA memakai instagram, twitter, facebook, wattpad & website blog firdashiewa.blogspot.com. Terima kasih. Salam sastra! 

Posting Komentar

0 Komentar