IKLAN

Sering Lolos Di Berbagai Penerbit Indie, Kini Karya-karya “Firda Shiewa” Berhasil Mejeng di TV




Penulis: Lusiana

JaringanPenulis.com - Perempuan yang memiliki nama Firda Shiewa bisa disapa dengan nama Wawa. Ia lahir pada 25 Desember 1994, usahanya memperjuangkan mimpi tidaklah sia-sia! Kini Firda atau Wawa tergabung menjadi anggota Jaringan Penulis Indonesia dengan tujuan menambah wawasannya dalam dunia kepenulisan menjadi lebih tajam. Menurutnya, motivasi dalam membuat sinopsis FTV hanya sekadar ingin menyalurkan bakatnya agar menghasilkan karya yang menginspirasi.


Cara Menulis yang Renyah Versi Firda

"Menentukan ide sih, yang lainnya aku mengalir apa adanya. Aku nggak punya strategi dalam menulis sinopsis FTV yang benar dengan caraku sendiri, tapi aku punya PONDASI SINOPSIS FTV dari mentorku teh Wulan Annisa dan resep bikin konflik dari bu guruku Novy Pritania serta pola FTV dari om kece Endik Koeswoyo ditambah semangat dan doa aja agar bisa cetak gool setiap kirim," ucap Firda sembari tertawa.

Firda atau bisa disapa dengan panggilan Wawa ini, mulai menyukai menulis sejak di bangku SMA kelas 2 sekitar tahun 2011. Kesukaannya pada para penulis skenario di layar kaca menjadai cikal bakal mengapa Wawa sukses menulis. “Karena aku nge-fans sama penulisnya; Novy Pritania, Endik Koeswoyo, dan Tisa TS," ujarnya.

Selain itu Firda yang telah menulis 54 antalogi itu mengaku jika dirinya lebih menyukai cerita genre romance. “Aku sebelum menulis sinopsis FTV sering ikutan event menulis dan lolos di berbagai penerbit Indie. Dari situ aku gunakan untuk memacu kemampuanku dalam tulis-menulis sinopsis FTV,” imbuhnya.

Wawa mengatakan ketertarikannya menulis didorong oleh mantan pujaan hatinya. “Mantan pacarku yang kasih inspirasi untuk aku menulis. Alasannya sih, aku ingin aku dan dia hidup pada tulisanku biar konflik cintanya makin nendang," tuturnya dengan tertawa.

Kepada JPI Firda Shiewa si penyuka masakan tradisional tumis buncis, kangkung, balado telur mata sapi mengisahkan tentang apa saja tontonan yang menarik baginya.

"Aku lebih suka menonton film box office Indonesia seperti Tenggelamnya Kapal Vander Wijck, Magic Hours, Dua Garis Biru, Dilan 1990-1991, Darah Daging, dan MeloDylan," tandasnya.

Ada cara tersendiri bagi Wawa untuk mengembalikan mood-nya. Selain meninggalkan laptop, dan lupakan tulisan, Wawa mengalihkan perhatiannya untuk main game atau musik. 

"Badmood melanda. wkwk, kalau udah badmood muncul aku dah, gak mau nerusin tulisan lagi.” Tulisnya dalam wawancara sembari menampilkan emoticon galak tapi tetap santai.

Firda Shiewa selalu berpesan kepada teman-temannya yang ingin mengikuti jejaknya untuk terus semangat dan yakin memperjuangkan keinginan. 

"Maju terus untuk Jaringan Penulis Indonesia karena Jaringan Penulis Indonesia sejarah perjuangan mimpi terberatku jadi nyata. Bangga jadi bagian dari JPI. Sukses terus untuk semua penulis JPI."

Itulah Firda Shiewa yang semangatnya selalu menggebu bak elang yang selalu mengepakkan sayapnya! Jauh dari kota, tak membuatnya putus asa untuk terus meraih mimpinya. (LA)


Profil

Nama Pena : Firda Shiewa
Lahir : 25 Desember 1994
Hobi : Musik dan Menulis
Impian : Penulis Skenario Film
Pekerjaan : Bisnis Freelance and Writter Freelance
Inspirator : Dita Faisal, Endik Koeswoyo, Novy Pritania, dan Sang Mantan Pacarnya

*Akun media Sosial

Facebook : Firda Shiewa (Wawa)
Fanspage : Sajak Fiksiku
Instagram : firdashiewa
Twitter : @firdashiewa
Wattpad : firdashiewa
Plukme! : Firda Shiewa
Kompasiana : Firda Shiewa
Web Blog : firdashiewablogspot.com

*Pendidikan Non Formal:
  1. Private Vocal Grup
  2. Private Sinopsis FTV & CK Online
  3. Private Skenario Film Online
  4. Seminar Bedah Buku Online
  5. Seminar Jurnalistik Online
  6. Workshop Nasional Puisi OnlineK
  7. Karakter Seni Peran

*Prestasi Yang Pernah Diraih:
  1. .Pemenang dalam Kreasi Bedah Puisi yang diselenggarakan oleh PILAR group 29-30 September 2016.
  2. JUARA I menulis puisi pada Event Ultah Nur Fitri Septiani terselenggara di grup SATU DALAM PUISI pada 29 September 2016.
  3. KONTRIBUTOR TERBAIK 2 (Dua) Event Puisi grup KARYA SASTRA tema Keindahan Alam tanggal 19 September – 21 September 2016.
  4. JUARA HARAPAN VI pada lomba Menulis Puisi dalam Event Ulang Tahun Fajar Maulana Ramadhani yang diadakan oleh grup Jejak Sang Penyair pada Oktober 2016.
  5. LIMABELAS KARYA TERBAIK sebagai Kontributor dalam Event tema HARAPAN dengan judul buku “LADANG AKSARA” yang diadakan oleh Penerbit RWTC SUCCESS pada Oktober 2016.
  6. KONTRIBUTOR FAVORIT dalam lomba Menulis Puisi Jilid III oleh Penerbit Stepa Pustaka yang diselenggarakan pada tanggal 1 September 2016 - 30 Oktober 2016.
  7. PENULIS TERPILIH pada lomba Menulis Cerita Mini tema Ekskul yang diadakan oleh Penerbit Hanami sejak tanggal 2 s/d 23 September 2016.
  8. KONTRIBUTOR lomba Cerpen Tingkat Nasional tema Reach Your Dream pada tanggal 14 Mei – 20 Juni 2017 oleh CV. Karyapedia.
  9. KONTRIBUTOR lomba Menulis Surat Tingkat Nasional Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh CV. Vendha Media bertema Syukur pada tanggal 23 Desember 2016 – 17 Januari 2017.
  10. KONTRIBUTOR PUISI TERPILIH dalam Lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional bertema “Kado Terindah Untukmu” Yang diselenggarakan pada tanggal 18 Januari 2017 – 10 Febuari 2017 oleh Jejak Publisher.
  11. KONTRIBUTOR dalam Event Menulis Sajak 12 – 16 baris dengan tema Indonesia yang diselenggarakan pada 20 Juli s/d 30 Agustus 2017 oleh Penerbit WA Publisher.
  12. PENULIS TERPILIH dalam buku Antologi Puisi “Gloomy Cloud” yang diselenggarakan oleh Penerbit Rosiebook tanggal 26 September 2018.


* KARYA:

  1. Kado Terindah Untukmu (Jejak Publisher, 2017)
  2. Reach Your Dream (Karyapedia, 2017)
  3. Diriku dan Hijrahku (Rosiebook, 2018)
  4. Dears Jodoh (Rosiebook, 2019)
  5. Break Your Limit (Jejak Publisher, 2020)


FTV Ide Cerita:

  1. Becak Kan Membawamu Kembali Disini (Rabu, 09 Juni 2019)
  2. Kue Thok Cinta DP 0 Rupiah (Sabtu, 06 Juli 2019)
  3. Kamu Sama Dia Aku Sama Siapa? (Rabu, 30 November 2019)
  4. Bongkar Saldo Cinta Supir Truk Modis (Rabu, 03 Desember 2019)
  5. Cintaku Padamu Tanpa Tedeng Aling-Aling (Sabtu, 29 Januari 2020)
  6. Calon Mertua Culamitan (Rabu, 19 Februari 2020)
  7. Pasien Aja Disembuhin, Apalagi Hati Kamu (Rabu, 11 Maret 2020)


Posting Komentar

0 Komentar