IKLAN

Cellia, Larangan Menulis Tidak Membuatnya Berhenti




Penulis: Yuliee

JaringanPenulis.com - Cellia Vidyana Marcellina, gadis yang kini sedang menyelesaikan pendidikan di IAIN Tulungagung ini merupakan seorang mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah. Anak pertama dari tiga bersaudara ini sudah menyukai dunia kepenulisan sejak masih duduk di Sekolah Dasar (SD).

Cellia semakin tertarik dengan dunia kepenulisan. Saat SMP ia mengikuti kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik dengan berharap tulisannya bisa dimuat di majalah SMP. Tak lama mendalami dunia jurnalistik, Cellia berhasil menjuarai beberapa lomba menulis berita tingkat Karisidenan Kediri. Sejak saat itu ia mulai inisiatif terus menulis dengan cara mempublikasikan karyanya melalui aplikasi menulis wattpad. Tulisan pertamanya berjudul Secret Love Song yang akhirnya mendapat tempat di hati pembacanya.

Kini dari hasil usahanya untuk terus menulis, Cellia telah berhasil memiliki beberapa antologi puisi, prosa dari hasil kontribusi dalam beberapa perlombaan. Selain menulis, Cellia juga sibuk berbisnis online, kecintaannya dalam dunia bisnis, sudah tumbuh sejak ia masih SMP. Selain hobi bisnis Cellia juga menjadi freelancer editor  di salah satu penerbit Indie yang berlokasi di Banyuwangi.

Gadis kelahiran Tulungagung, 11 Maret 1999 itu pernah ditentang sewaktu kuliah semester awal, soal dunia literasi. Ia disuruh fokus belajar saja. Dalam hati Cellia menolak, karena ini merupakan hobinya. Sebab lewat menulis ia bisa mengekspresikan suasana hati menjadi lebih baik. Dengan itu ia memutuskan diam-diam untuk terjun ke dunia literasi karena baginya selagi ia masih muda kesempatan itu akan selalu ada. Hingga kini hobi menulisnya ia jalani secara sembunyi-sembunyi. Suatu saat ia ingin membuktikan kepada orang yang telah meremehkan hobinya. Gadis pencinta coklat ini akan membuktikan bahwa dunia kepenulisan tidak seburuk yang orang tuanya pikirkan. Hanya dengan menunjukkan bukti, lambat laun orang tua Cellia akan mendukung karya-karyanya.

Selain menulis Cellia sering menjuarai lomba tari tingkat se-Karisidenan Kediri dan membangun komunitas Tri Amore. Kalian bisa menontonnya di youtube yang berisi konten visual puisi. Kini Cellia berharap kedepannya ia bisa berkembang dengan menjadi anggota Jaringan Penulis Indonesia (JPI) mengikuti jejak teman-teman JPI yang lebih dulu berkarya di dunia kepenulisan FTV.

Awal kenal JPI

Saat perayaan ulang tahun penerbit Indie dimana Cellia bekerja, Pendiri JPI Endik Koeswoyo diundang menjadi pembicara tamu. Disitulah Endik bercerita tentang komunitas menulis yang ia bangun sejak 2008. Cellia mengingat bahwa kegiatan itu berlangsung sekitar setengah tahun pada 2019, namun saat itu Cellia belum benar-benar tahu tentang apa itu JPI. Hingga akhirnya pada 2020  ada akun yang follow instagramnya dan mempublikasikan soal FTV SCTV mencantumkan nama penulis ide dan skenarionya. Dari situlah Cellia mulai tertarik untuk bergabung dengan JPI. Keyakinan untuk bergabung semakin diperkuat dengan bertambahnya follower Cellia yang diikuti oleh sahabat JPI Shara dan Nela.

Cellia selalu memegang prinsip kuat dalam hidupnya “Berkaryalah selagi muda”. Kata-kata itu berhasil menjadi suntikan semangat untuknya. Cellia berharap karyanya kelak menginspirasi banyak orang dan bermanfaat bagi orang lain.(YL)

Profil
Nama: Cellia Vidyana Marcellina
Nama Pena: Bluemoonx9
TTL: Tulungagung, 11 Maret 1999
Jenis Kelamin: Perempuan
Wattpad: bluemoonx9
IG: @celliavdyn

Pendidikan:
-SDN 1 Ngujang
-SMPN 3 Tulungagung
-SMAN 1 Boyolangu
-Aktif di IAIN Tulungagung, semester 5 Jurusan Ekonomi Syariah

Prestasi:
-Juara 3 Jurnalistik se-Eks Karisidenan Kediri dalam acara “Ekspedisi Brantas 3 Radar Kediri” tahun 2012
-Juara 3 lomba karate “Kumite Beregu” tingkat SMP putrid se-Kabupaten Tulungagung tahun 2012
-Juara 3 “Peroragan 47 kg” tingkat SMP se-Kabupaten Tulungagung tahun 2012
-Juara 2 lomba Jurnalis “Jurnalist Blog Contest AKSES” dalam lomba Jurnalist Blog Intern SMPN 3 Tulungagung
-Juara 1 lomba dance “Pesta Sekolah 5” tingkat SMP se-karisidenan Kediri tahun 2013
-Juara 2 lomba dance “Pesta Sekolah 6” tingkat SMP se-karisidenan Kediri tahun 2014
-Juara 3 lomba dance “Milad Smada Kediri” tingkat SMA tahun 2016

Posting Komentar

0 Komentar