IKLAN

WARTAWAN MUDA, LUSIANA ADELLA “SEPATU DAHLAN” MENJADI PENCETUS KARYA TERHARU BAGINYA

diambil ketika Lusiana selesai meliput beritaevent lomba menulis media online Banten

Lusiana Adella, seorang wartawan muda event menulis lomba media online bantenevent.com yang meliput secara detail tentang kegiatan menulis di daerah Banten dan sekitarnya, ia mengaku menyukai dunia tulis-menulis sejak SD. Tentu, Lusiana memiliki momen yang sangat membuat dirinya terinspirasi, yaitu ketika sang guru Bahasa Indonesia di bangku SMP memberikannya sebuah novel berjudul SEPATU DAHLAN. Dari situlah, Lusiana mulai mengembangkan bakat yang dimilikinya. Kini Lusiana Adella ditengah kesibukannya menyusun skripsi, Lusiana Adella masih aktif dalam berbagai macam kegiatan seperti meliput berita event lomba menulis, berbisnis online shop, dan menulis.

Jum’at Malam (13/12/2019), “Alhamdulillah sampai saat ini orangtuaku mendukung terus selama itu masih kegiatan positif dan mengasah untuk kedepannya,” tandas Lusiana. Wah, dukungan orangtua memang sangat penting dalam menggapai cita-cita! Tak hanya itu, Lusiana juga mengaku senang terjun dalam komunitas komunikasi jurnalistik dan radio. Bahkan dirinya pernah terlibat dalam penyiaran radio di kampusnya.

Mari kita tengok lebih dalam lagi! Rupanya, Lusiana Adella ini menyatakan isi hatinya, “Aku ada rasa ingin tahu yang tinggi sih, tentang komunikasi. Maka dari itu, aku ikut serta di dalam komunitas itu.” Begitu imbuhnya selama interview berjalan. Di sisi lain, Lusiana juga sempat ingin mengikuti kelas menulis sinopsis FTV tetapi ia mengurungkan niatnya untuk lebih menekuni dunia tulis-menulis yang lain.

Di balik kesehariannya yang sibuk, Lusiana Adella mengaku sangat senang terjun dalam jurnalistik wartawan, apalagi bertemu dan mendapatkan ilmu dari orang-orang hebat seprrti yang dimaksud ialah sharing. “Terkadang, masih pagi pun harus menyelesaikan deadline berita,” tutup Lusiana sejenak, sembari dengan emoticon smille. “Aku cuma ikut di komunitas jurnalistik menulis antalogi cerpen berjudul PUZZLE bersama teman-temanku yang ada di komunitas jurnalistik dari jurusan kuliah komunikasi,” terang Lusiana Adella sambil menegaskan jika ia sudah memiliki karya terbit berupa buku kumpulan cerpen yang sudah selesai digarap.

Lusiana Adella, seorang mahasiswa semester akhir, ternyata juga merupakan wartawan event lomba menulis di Banten ini mempunyai jiwa semangat menulis yang tinggi. Lusiana Adella akhirnya bergabung dengan komunitas Jaringan Penulis Indonesia yang digawangi oleh Endik Koeswoyo. “Aku senang banget, rasanya bisa masuk ke komunitas Jaringan Penulis Indonesia. Sebab, banyak sekali ilmu yang didapat, kenal dengan para penulis hebat, bisa langsung bertanya-tanya hingga detail, dan karya-karyanya yang bikin haru,” cerita Lusiana Adella.

Nah, kata Lusiana Adella, “Aku sering berkhayal orang, kadang kalau ketemu orang sedang berantem, aku suka mendeskripsikan sendiri dan melanjutkan dengan imajinasiku. Aku sih, persiapan untuk merangkai ide cerita, kumulai dari menghayal dulu baru bisa ditulis. Jadi, seperti menyusun kerangkanya dulu, misalnya aku mau buat, si ini jahat, si itu harus begini-begitu.” Wow, itulah tips persiapan Lusiana Adella merangkai ide cerita!

Untuk itu, kalian yang mempunyai mimpi wajib untuk diperjuangkan dan baru saja kita belajar dari sosok Lusiana Adella. Bagaimana, jika sekali lagi kita tengok biodata Lusiana Adella? Cuss, ada di bawah ini!

BIODATA LUSIANA ADELLA

Nama                               : Lusiana Adella
Kelahiran                        : Indramayu, 09 Oktober 1997
Pekerjaan                        : Wartawan Media Online dan Mahasiswa Semester Akhir
Nama Orangtua              : Bapak Kapidin dan Ibu Nurhayati
Nama Adik                       : Dzaki Al-Khairan
Cita-cita                            : Wartawan NET TV dan Novelis
Kampus                             : Falkutas Ushuluddin Dakwah dan Adab
Jurusan                              : Komunikasi Penyiaran Islam

SOSIAL MEDIA
Email                                    : [email protected]
Fanspage Facebook           : Lusiana Adella


credit title Lusiana Adella
bisa dicari di sini


KARYA TERBIT

  • PUZZLE (Antologi Cerpen, Ellunar Publisher)


Cukup, sampai di sini perjumpaan kita mengenal sosok Lusiana Adella; wartawan muda yang sangat terinspirasi dengan novel SEPATU DAHLAN hasil dari pemberian sang guru Bahasa Indonesia di bangku SMP-nya sekaligus menjadi pencetus ketika ia sedang berkiprah. Sekian dan terima kasih. Salam literasi! (FS).

Tentang Penulis
Firda Shiewa, penulis antologi puisi, cerpen, quotes dan ide cerita FTV yang gak doyan selfie lahir pada 25 Desember 1994 memiliki buku terbit antologi sebanyak 54 judul buku yang berkolaborasi dengan penulis-penulis hebat dan 4 karya cerita Firda Shiewa berhasil ditayangkan di stasiun televisi swasta nasional. Firda Shiewa dapat dihubungi melalui email [email protected] atau facebook dengan searching username Firda Shiewa (Wawa), fanspage facebook Sajak Fiksiku, website firdashiewa.blogspot.com dan instagram firdashiewa. Terima kasih. Salam literasi!

Posting Komentar

0 Komentar