Diah Pratiwi Suniwati, Guru yang Menginspirasi




Penulis : Umi Salamah
Narasumber : Diah Pratiwi Suniwati

Diah Pratiwi Suniwati yang memiliki nama pena Diah PS dan DP Suni merupakan guru Yayasan Annajm Rabbani, Bekasi, Jawa Barat. Guru super yang merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara ini lahir di Jakarta, 29 Agustus dan berdomisili di Pondok Gede, Bekasi.
Nama Diah Pratiwi Suniwati di dunia literasi termasuk besar. Ide cerita dan sinopsis milik Diah pernah di-acc oleh program FTV Hikayah Trans TV, pernah diajak Mas Budi Sumarno (Filmaker) gabung di tim penulis Serial Rumah Rahasia TVRI,  cerpen “Naomi” dan “Sebuah Rencana” diterbitkan di koran harian Warta Kota. Cerpen “Alasan Bu Kus” diterbitkan di Majalah Ummi. Puisi “Kampung Halaman” diterbitkan di Majalah Muslimah. Tahun 2016 menerbitkan secara indie novel kolaborasi berjudul Para Pencari Surga. 
Pencapaian Diah yang kini terbilang produktif seimbang dengan prosesnya. Diah mengawali kecintaan akan menulis dan dunia literasi sejak SMP. Diah mengungkapkan alasan mencintai dunia literasi karena sejak kecil suka membaca tulisan dan buku apapun yang dapat menambah pengetahuan agama dan pengetahuan umum. Bagi Diah, menulis dan berliterasi amat penting untuk menunjang dirinya menyampaikan rasa, opini, imajinasi, dan pandangan kita terhadap suatu hal dari berbagai sudut pandang yang berbeda.
Dalam mengarungi dunia literasi, Diah tidak menjumpai rintangan atau hadangan yang membuat semangat juangnya pudar. Walaupun sempat vakum menulis karena kesibukan kerja dan kuliah. Tapi akhirnya gairah menulis bangkit kembali di tahun 2016. Dimulai dari menulis di blog dan platform seperti plukme. Apalagi setelah bergabung di grup JPI, Diah bertambah motivasi untuk kembali aktif menulis. Berusaha membuat sinopsis dan mengirimkannya. Diah juga sedang mencoba mem-publish novel di platform seperti storial dan wattpad.
Semangat menulis Diah tidak jauh dari kedua orangtua yang terus memotivasinya. Sedangkan tokoh yang menginspirasinya untuk terus menulis adalah Nurhayati Pujiastuti dan Asma Nadia. Semangat berdakwah, menebar ilmu manfaat, dan berbagi cerita kepada siapapun terus dipacu oleh Diah.
Target Diah untuk ke depannya adalah semakin giat menyelesaikan tulisan-tulisan yang belum rampung dan merealisasikan ide-ide tulisan selanjutnya. Sementara ini setiap ada ide, Diah segera tulis dan simpan dulu di folder ide agar tidak menguap dan lupa.
Pesan Diah untuk sahabat JPI dan penulis lainnya adalah mari kita semua bisa berkontribusi membentuk generasi emas Indonesia dengan cara cerdas berliterasi. Semangat!

Deskripsi novel Para Pencari Surga
Novel ini bergenre religi, roman, diterbitkan secara indie tahun 2016. Novel ini menceritakan 4 tokoh yang kisah hidupnya menggugah penuh hikmah, inspiratif, dan motivasi pembangun jiwa dalam proses perjalanan menuju hijrah yang istiqomah. Novel ini berkonten syiar Islam dengan latar belakang cerita tentang terapi ruqyah syari’yyah yang merujuk dan berpedoman pada al quraan, hadits-hadits shohih dan buku-buku tentang ruqyah syari’yyah.




Data Identitas:
Nama asli         : Diah Pratiwi Suniwati
Nama pena       : Diah PS, DP Suni
TTL                 : Jakarta, 29 Agustus
Alamat             : Pondok Gede, Bekasi
Pekerjaan         : Guru

Riwayat pendidikan
1.    TK Al Fitriyah, Jakarta Timur
2.    SDN 07, Cipinang Melayu, Jakarta Timur
3.    SDN Raharja, Bekasi, Jawa Barat
4.    SMPN 09, Bekasi, Jawa Barat
5.    SMUN 07, Bekasi, Jawa Barat
6.    PGTK IT Iqro, Bekasi, Jawa Barat
7.    Universitas Terbuka, jurusan PGPAUD, Pamulang, Tangerang Selatan

Riwayat pekerjaan
1.    PD. Putra Dua Sambal, Bekasi, Jawa Barat
2.    PT. Framas Plastic Tehnology, Cibitung
3.    PT. Multimas Nabati Asahan, Jakarta
4.    TPQ Al Kautsar, Bekasi, Jawa Barat
5.    Yayasan Annajm Rabbani, Bekasi, Jawa Barat


Karya-Karya
1.    Puisi “Kampung Halaman” diterbitkan majalah Muslimah
2.    Cerpen “Sebuah Rencana” diterbitan koran Warta Kota
3.    Cerpen “Naomi” diterbitkan koran Warta Kota
4.    Cerpen “Alasan Bu Kus” diterbitkan majalah Ummi
5.    Ide cerita&Sinopsis FTV Hikayah produksi Trans TV berjudul “Takluknya Si Gadis Zholim”
6.    Tim penulis serial Rumah Rahasia, produksi TVRI
7.    Novel Kolaborasi “Para Pencari Surga”

Sosial media
FB: Diah PS
IG: diahps3
Blog: dpsuni.blogspot.com


Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.