BUBUR SINGKONG By. Dewy Rose.

1.      



Singkong adalah jenis umbi yang tumbuh subur di Indonesia. Singkong sering di sebut juga sebagai makanannya wong ndeso atau makanan orang kampung. Tapi tahukah kalian? Beragam jenis makanan sekarang  menggunakan bahan dasar singkong dari mulai makanan tradisional yang masih sering kita temui, walau sudah jarang dan susah mencarinya.  Kecuali mungkin yang rajin dan suka membuat makanan untuk kudapan sehari-hari atau pada saat kumpul bersama keluarga tercinta, seperti momen weekend begini.

Singkong termasuk sumber energi yang kaya dengan karbohidrat dan daunnya mengandung asam amino metionin, sebagai sumber protein. Tanaman jenis satu ini sangat mudah tumbuhnya. Bisa ditanam sebagai pagar pada pekarangan rumah atau sengaja ditanam untuk dikonsumsi umbi dan daunnya. Hanya tinggal menancapkan batangnya yang sudah tua, maka pohon singkong akan tumbuh subur di tanah.

Tapi di sini saya tidak membahas tentang tanaman singkong, itu hanya sekapur sirih saja mengenai  tanaman singkong.

Karena singkong pada saat ini sudah banyak diolah menjadi makanan enak, di antaranya ada getuk, gatot, tiwul, nagasari, combro, misro, timus atau ada juga yang bilang lemet karena tergantung bahasa daerah masing-masing, kripik singkong dengan aneka rasa dan lain sebagainya, masih banyak lagi panganan dari singkong. Tahukah kalian? Saat ini sudah bertebaran pula makanan yang berkelas tapi  berbahan dasar singkong juga loh? Ya, benar! Ada donut singkong, brownies singkong, roti croissant, singkong, singkong thailand, samosa singkong, bola-bola singkong coklat dan keju, singkong lapis, kripik sanjai denga berbagai rasa dan masih banyak lagi yang lainnya olahan singkong yang dibuat jadi makanan kekinian zaman now.



Tapi kali in, saya akan membuat makanan dari singkong yang sangat sederhana, namun tak kalah enak rasanya, resep ini saya dapat dari grup masak di FB yang sudah betebaran di mana-mana, makanya saya coba bagikan di sini juga, siapa tahu belum ada yang mengetahui tentang resep ini atau sudah tahu tapi belum pernah mencobanya karena segudang kesibukan dan segudang makanan enak lainnya yang mungkin lebih mengoda selera, hehehe ...

Baiklah, ini resep bubur singkongnya

Bahan :
Singkong  1kg ( bisa jadi 5-6 porsi)
Gula merah (sesuai selera)
Garam sedikit
Air sebagai tambahan pada bubur singkongnya
Santan ( saya pakai santan cair instant tapi dimasak dahulu)

Cara membuatnya:
Bersihkan singkong kemudian diparut ( kalau saya diblender)
Kemudian masak tambahkan gula merah dan air sedikit demi sedikit, sampai kekentalan sesuai yang diinginkan, jangan lupa masukan garam sebagai penguat rasa gula merah. Diaduk terus ya ...
Setelah meletup-letup, tandanya bubur singkong sudah matang.
Masak santan, beri sedikit air dan garam sesuai selera  yang diinginkan.

Tips memasak bubur singkong :
Agar tidak hangus dan berkerak, aduk terus selama belum meletup
Aduk sampai dasar pancinya ya?

Setelah hangat sajikan di piring atau mangkuk beri kuah santannya  dan ... Taarraaaa! Jadilah bubur singkong  sederhana yang enak, sehat, mudah membuatnya dan murah meriah. Hmmmmm  ... Yummy!

So ... mudah bukan? Selamat mencoba! Buatlah memasak menjadi hal yang menyenangkan.

DR.
Bekasi, 25 Maret 2018
15:15
Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.