7 LANGKAH MENULIS SINOPSIS FTV ROMAN KOMEDI Oleh : Endik Koeswoyo

7 LANGKAH MENULIS SINOPSIS FTV ROMAN KOMEDI
Oleh : Endik Koeswoyo



1. Sinopsis ditulis dengan menggunakan font Coureir Final Draft dengan ukuran 12 PT, spasi 1, jumlah halaman kurang lebih 3-4 halaman. Sertakan karakter singkat tokoh-tokoh yang ada dalam sinopsis. (Untuk CONTOH LIHAT DISINI)

2. Premis cerita harus unik dan variatif dari berbagai angle, termasuk tokoh utama dan tokoh pendukung atau sub plot, semuanya memiliki peran yang kuat dalam menggerakkan cerita.

3. Rata-rata pemain atau karakter biasanya 6-8 karakter saja. 2 tokoh cowok dan cewek sebagai karakter utama, 2 sampai 3 cowok atau cewek sebagai sub plot, yang funsinya sebagai pengganggu hubungan karakter utama. 2 sampai 3 orang tua atau peran lainnya, sebaiknya jika ada karakter orang tua yang dominan satu saja, misal ibu saja, atau bapak saja.




4. Seting lokasi sebaiknya satu wilayah, misal Jakarta dan sekitarnya, tidak perlu membuat seting lokasi Jakarta, Jogja dan Bali dalam satu cerita. Karena FTV terkendala waktu syuting dan biaya, sebaiknya diakali misal Jakarta, kalau mau liburan ke mana? Ke sebuah tempat wisata, cukup. Tidak harus rumahnya Jakarta terus liburan ke Bali atau Singapura. Dari Jakarta mau ke Desa, nggak usah disebut desanya mana, cukup sebuah desa, atau bikin saja Desa FIKTIF. 


5. Buatlah karakter yaang unik dan berlawanan satu sama lain. Misal Si Ani gadis yang emosian banget, maka si Anu sebaiknya orang yang sabar banget. Karakter tokoh utama dan tokoh pendukung (sub plot) harus kuat, sebaiknya memilih profesi yang terus bisa bergerak agar cerita bisa menarik. Contoh profesi yang “bergerak” adalah; Tukang Bakso Keliling, Tukang Sate Keliling, Tukang Mie Ayam Keliling dan tukang-tukang lainnya. Hindari pekerjaan atau profesi tokoh yang monoton, misal; Kasir Minimarket, Teller Bank, atau sejenisnya. Atau bisa membenturkan profesi tokoh cowok dan cewek, satu “bergerak” satunya “monoton” misal cowok tukang foto kopi, tapi ceweknya tukang ledeng atau tukang service air dan ac.

BACA JUGA : "5 CARA AGAR NASKAHMU DITERIMA PENERBIT Oleh: Endik Koeswoyo"


6. Twist ending harus mengejutkan. Kita bisa menggiring cerita kesebuah akhir yang berbeda dari prediksi penonton selama menonton, efek kejutan ini biasanya hadir pada akhir cerita. Misal Si Ani selama ini terlihat baik banget, ternyata dia musuh dalam selimut. Si Ana jahat banget, ternyata dia adalah penyelamat, pokoknya harus ada twist yang mengejutkan dan tidak terduga.



7. Porsi cerita biasanya 70% outdoor 30% indoor. Diawali dengan konflik tokoh cowok dan cewek, kemudian terus berantem dan berselisih paham, hingga akhirnya dengan perjuangan dan konflik yang padat mereka saling mencintai satu sama lain. Disaat sudah saling mencintai, sup plot datang mengganggu hubungan mereka, tetapi tetap happy ending. 

UNTUK MELIHAT CONTOH SINOPSIS SILAHKAN DISINI


CONTOH KARAKTERISASI PEMAIN FTV

Lintang (20 Tahun) Semester 2 Ilmu Sejarah. Cantik, baik, jujur. Terkesan kuper karena lebih suka menyendiri. Jiwanya masih labil karena masih mencari jati diri. Suka dan hobi makan mie ayam, alergi sama bakso.

Bumi (20 Tahun), penjual bakso keliling. Ganteng, begajulan, bad boy, banyak bicara, suka iseng. Nggak suka cewek kuper. Suka nongkrong sama temen-temennya, tidak suka menyendiri.



Tentang Penulis:

Endik Koeswoyo, penulis buku, novel dan skenario. Pendiri Jaringan Penulis Indonesia. Ketua Bidang Promosi dan Publikasi Asosiasi Penulis Profesional Indonesia. Direktur Analisis Media dan Sosial VOXPOL Center. Angota Asosiasi Penulis Indonesia untuk Layar Lebar.






Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.