www.jaringanpenulis.com


Rabu, 03 September 2014

DARIMANA DATANGNYA IDE ? Written by : Novy E.R.



DARIMANA DATANGNYA IDE ?
Written by : Novy E.R.



So pasti ϑî antara kalian yang ingin belajar menulis atau mengawali sebuah tulisan bertanya,”Darimana ide didapat?”
Apalagi dengan membaca buku-buku atau novel yang laris manis kalian ingin tahu bagaimana sang penulis mendatangkan ide yang brilian itu bisa jadi tulisan menarik.
Nggak usah mencari sebuah ide atau inspirasi. Mungkin ini ada beberapa tips buat yang baru mulai belajar :
1. Cobalah banyak membaca atau browsing. Kalian akan tiba-tiba mendapatkannya. Misalnya sebuah novel atau cerpen yang bagi kalian ada yang kurang atau endingnya masih mengambang, nah bisa kalian kembangkan sendiri atau meneruskan dengan sudut pandang yang berbeda tentunya.
2. Travelling. Sebuah kegiatan yang santai. Nggak terbiasa nulis fiksi atau non fiksi yang serius ya silahkan tulis agenda travelling kalian. Mana yang menurut kamu cocok untuk ditulis. Tentang budayanya, alam, obyek wisata. Atau nulis tentang wisata ϑî tempat kediaman atau asal kalian buat jadi tulisan. Seperti yang kulakukan menulis tentang wisata Malang Raya kutuangkan dalam sebuah blog yang akhirnya Alhamdulillah Allah SWT kasih rizki yang tak pernah kuduga dan darimana datangnya.
Mungkin para pembaca yang tertarik dengan tulisan wisata saya akhirnya minta saya mencarikan tempat bermalam saat berkunjung. Entah kebetulan atau memang rizki Allah karena saya hanya ingin nulis, banyak customer yang inginkan penginapan kami setelah saya saranin
ϑî tempat kami saja. Hehehe….
Nah sekarang coba buat blog dan publikasikan tulisan
ϑî sana.
3. Mendengarkan lagu
Lagu bisa mendatangkan inspirasi. Seperti lagunya Wali, ‘Ingat mati…ingat sakit … Ingat saat kau sulit …’
Pertama denger kok mirip dengan kehidupanku ya. Dia yang sudah mati, dia yang terkapar tak berdaya
ϑî rumah sakit ditemani belahan jiwanya, dia yang serba sulit tapi bisa menyelesaikan strata duanya dengan ngos-ngosan . Jadilah sembari menuliskan seolah-oleh diri kita sendiri yang mengalami menjadi sebuah kumcer yang indah dan seperti kisah nyata (hehe….) . Mau tau ceritanya ? Beli aja sisa stock buku ϑî kami penulisnya dengan judul Merah Putihnya Cinta.
4. Ngobrol dengan teman ϑî dunia online atau offlines. Bisa juga ini.
5. Paling mudah dari yang kalian amati atau lihat diri sendiri. Sebagai contoh si Fulana jatuh cinta pada si Achmad, mereka jadian. Θî dalam hubungan itu banyak peristiwa entah yang kocak saat kenalan dan awal jadian, menegangkan karena ditentang habis-habisan hubungan sama orang tua masing-masing.
Atau kalian punya pendapat apa tentang artis-artis yang rame-rame mendaftarkan jadi caleg (tulis aja dari pendapat kalian)., tentang musik, resep masakan yang baru kalian buat dsb.
Nah lho mengapa ide susah dicari? Ide gak kemana-mana tapi ada dimana-mana termasuk ϑî sekeliling kita sendiri dan diri kita. Jeli-jeli aja melihat, merasakan, mengamati sesuatu untuk dijadikan sumber inspirasi sebuah tulisan.
Nulis cerpen atau novel? Mungkin ada kesulitan bagaimana caranya mengawali nulis walau ide sudah didapat. Ya jangan novel atau cerpen dululah. Tapi ditulis berupa opini dari sudut pandang si penulis.
Mudah bukan mendatangkan ide untuk menulis? Ayo sama-sama belajar menulis dari ide yang melintasi rel pikiran kita. Let’s go writing …….. (NV29)
@13022014


Karya tersebut bisa diakses di blog khusus wacana dengan URL http://wacanarivita.wordpress.com/



 TENTANG PENULIS:


NOVY E.R. yang lahir di hari istimewa 29 November, lulusan S1 Administrasi Publik dari salah satu kampus di Kota Malang. Selain bekerja sebagai karyawati, Novy E.R. juga menulis sebagai hobby sejak kecil untuk pengobat lelah dalam rutinitas keseharian. Menulis itu sudah menyatu dalam relung jiwa yang tak bisa jauh hingga ajal menjemput. Karena dengan menulis itu banyak energi positif yang dia dapatkan. Enjoy With Writing.




Novy E.R. pun juga memiliki kegemaran yang lainnya selain menulis. Suka banget dengan Travelling, Browsing dan Dengerin Music. Karena semua itu akan mendatangkan ide dan inspirasi untuk bisa menciptakan sebuah tulisan yang indah.

Ada karya yang sudah termuat di majalah intisarai Hidayah dan sebuah buku kolaborasi.

Mau kenal lebih jauh bersama Novy E.R Si penyuka warna merah dan pink? Boleh-boleh saja kok, tidak dipungut biaya kecuali kejujuran dan niat baik dalam berteman. Tidak ada saling iri tapi justru saling mendukung, menyemangati. Silahkan kunjungi facebook dengan http://www.facebook.com/novywriter29 atau follow twitter @NovyWriter atau @YukNulisYuk. Untuk blog sebagai publikasi blog-blog nya silahkan klik http://rivitacahayaqalbu.wordpress.com/

Salam Menulis, NV29










Reaksi:

1 komentar:

PALING BARU DARI JPI

TERBITKAN KARYAMU BERSAMA KAMI

POPULAR POSTS

POPULAR POSTS