Rara Aywara Tetap Menulis di Antara Padatnya Jadwal Memotret


Penulis : Yazhume Alfian



Rani Rakhmawati Rara atau biasa dikenal dengan Rara Aywara adalah salah satu penulis yang saat ini sedang disibukkan dengan karirnya, namun tetap berusaha membagi waktu antara pekerjaan dan menulis. Berprofesi sebagai fotografer di pemerintahan Balikpapan tidak membuat semangat menulis kelahiran Surabaya 10 Agustus 1988 ini berhenti menjadi penulis. Rara Aywara telah bergabung dengan Jaringan Penulis Indonesia sejak 2018 dan masih aktif dalam keanggotaan hingga sekarang.

Ada banyak kendala yang dihadapi Rara dalam menulis, terutama dalam meluangkan waktunya untuk fokus menulis lagi karena jadwal kerja yang sangat penuh sebagai fotografer dan menulis berita. Beberapa karya yang dihasilkan seperti Biografi Endank Soekamti yang ia tulis bersama Endik Koeswoyo, Antologi Cerita Pendek dengan tema horor. Novel Popcorn yang menceritakan mimpi 5 gadis untuk bisa sampai ke Seoul Korea Utara pada tahun 2013.

Karya terfavorit jatuh kepada Novel Dear Hara dengan nuansa di Osaka yang terbit pada tahun 2014. Novel ini memiliki arti bahwa kita harus selalu memikirkan dahulu sebelum memutuskan suatu tindakan. Rara Aywara menggunakan bahasa sehari-hari anak muda. Bahasanya mudah di mengerti namun tetap memiliki makna. Di bukunya, ia juga menuliskan bahasa asing sebab latar tempat di buku ini adalah di luar negeri.

“Sebenarnya ada ide dan unek-unek yang ingin dijadikan tulisan atau novel, tapi waktunya susah untuk fokus menulis lagi.” katanya pada wawancara tanggal 31 Mei 2021. Pemilik instagram @rara_aywara merasa waktunya sangat terbatas dalam menulis cerita lagi. Masih banyak ide yang belum tertuang di kepalanya karena kegiatan walikota yang masih full. Bekerja di ruang lingkup Humas di Balikpapan sempat membuatnya vakum dalam berkarya.

Memang saat ini menulis belum jadi tempat utama baginya namun Rara Aywara tetap meluangkan waktunya untuk menulis. Ada keinginan yang membuatnya ingin berkarya kembali di dunia penulis. Cafe adalah tempat andalannya ketika ingin menulis. Suasana yang tenang bisa membuat Rara menuangkan tulisannya baik cerita maupun berita lebih lepas. Penggemar grup KPOP dari BTS ini punya mimpi bisa melahirkan kembali karya terbaiknya dan konsisten ditengah padatnya jadwal kerja.

Untuk menghilangkan kejenuhan, Rara melakukan hobi seperti berfoto, menonton film, berenang ketika sebelum pandemi. Ia berharap secepatnya akan kembali meneruskan draft cerita yang sudah lama mangkrak dan konsisten dalam berkarya.
Tentunya dukungan dari keluarga dan suami merupakan vitamin baginya untuk tetap berkarya. Baginya menulis itu adalah cara untuk mengukir sejarah dalam dirinya. Wah, semoga kak Rara Aywara tetap semangat dalam menghasilkan karya yang indah meski sedang sibuk-sibuknya! (YA).
FIRDA SHIEWA
FIRDA SHIEWA Gadis sederhana yang menyukai dunia literasi dan dunia musik, yang gak doyan selfie.

Posting Komentar untuk "Rara Aywara Tetap Menulis di Antara Padatnya Jadwal Memotret"

www.jaringanpenulis.com