Hamdun RA, Seorang Pengajar Dengan Semangat Literasi yang Terus Berkibar

Penulis: Yani Suwarno

Namanya Hamdun RA, seperti yang tertulis diatas ijazah sekolahnya. Hamdun demikian pula dia biasa dipanggil. Pria kelahiran Bondowoso, 25 Agustus 1977 ini  sudah memiliki minat menulis sejak masih anak-anak.

Berawal dari kajian kitab semasa kuliah di STAI At Taqwa, Hamdun merintis berdirinya komunitas literasi yang diberi nama "Distira" (Diskusi Tiang Bendera). Komunitas ini didirikan pada tahun 2009 dan beranggotakan beberapa kelompok masyarakat dan sebagian besar mahasiswa. 

Dari komunitas Distira tercipta semangat dan motivasi yang besar untuk memajukan literasi sosial. Komunitas ini mampu melahirkan tulisan-tulisan berupa makalah maupun artikel yang bermanfaat untuk meningkatkatkan ilmu pengetahuan. Diskusi komunitas sering diadakan untuk membahas tema-tema yang hangat dan layak menjadi tulisan.

Banyak karya yang sudah dihasilkan Hamdun RA berupa, diantaranya berupa makalah, artikel, dan puisi bebas. Hingga 2019 Hamdun berhasil melahirkan karya-karya yang luar biasa menginspirasi, yaitu:

1. Kado Sang Kiai
2. Sepotong Cerita dari Lipatan Waktu
3. Memories of Twilight

Berprofesi sebagai seorang pengajar tak membuatnya kehabisan langkah untuk terus menulis dan mengembangkan dunia listerasi. Apalagi komunitas yang telah didirikannya telah memberikan semangat yang luar biasa untuk terus menulis ditengah padatnya jadwal mengajar.

Salah satu tulisannya Hamdun juga pernah dimuat oleh Surat Kabar Jawa Pos Radar Jember berjudul "Puasa di Lingkungan Majemuk dan Plural".

Lingkungan tempatnya berkarya saaat ini telah memotivasi dirinya untuk terus menghasilkan karya tulis yang bermanfaat secara sosial dan pendidikan. (YS)
Dede Hartini
Dede Hartini Penulis novel Arabian Prince Love, artikel, puisi dan cerpen. Juga mengembangkan sayap di dunia public speaking. Terima jasa menulis hubungi detin32@gmail.com Instagram dan Wattpad @Hartinidede

Posting Komentar untuk "Hamdun RA, Seorang Pengajar Dengan Semangat Literasi yang Terus Berkibar"

www.jaringanpenulis.com