IKLAN

www.jaringanpenulis.com

Reza Indah Pratiwi Khawatir, “Veronika Jingga” Launching dalam Sebulan

Profil Sahabat JPI

Reza Indah Pratiwi sedang travelling

Reza Indah Pratiwi, gadis manis si pemilik kebiasaan unik, yakni memperhatikan setiap detail manusia. Tepatnya 24 September 2000, dia lahir sebagai putri bungsu dari pasangan Sono Zahri dan Ritima. Kegemarannya terhadap membaca dan menulis telah menuntun gadis ini siap meluncurkan karya bertajuk “Veronika Jingga” pada akhir Mei mendatang!

Usut punya usut, ternyata gadis yang kerap disapa Ica ini sudah menyukai tulisan sejak bangku sekolah dasar. Dia mengaku bahwa hampir setiap hari dia bisa menulis buku diari. Ditambah lagi, dia juga senang dengan mata pelajaran bahasa Indonesia.

“Waktu itu menulis karena tidak bisa mengungkapkan kata-kata melalui lisan melainkan bersenandung indah lewat tulisan,” ungkap Ica pada (9/4).

Tekad kuat Ica untuk menghasilkan karya dimulai ketika dia naik ke jenjang SMA. Berbagai lomba menulis, pidato, hingga teater telah dia ikuti dan sukses menyabet tiga penghargaan, yaitu: Juara 1 Pidato Antar Kelas, Juara Harapan 2 Membaca Puisi, dan Juara 3 Teater Monolog tingkat Kota. Cerpen, puisi, dan naskah drama memang tiga tulisan pokok yang disukai oleh gadis ini.

“Karena kurang afdol tanpa ketiga itu,” ujarnya.

Perjuangan Ica di bidang kepenulisan akhirnya membawa dia berhasil menyelesaikan naskah “Veronika Jingga” yang siap diluncurkan pada Mei mendatang! Hebatnya, tulisan yang mencapai lebih dari 250 halaman ini ternyata dia tuntaskan hanya dalam satu bulan. Namun, Ica mengaku bahwa semangat menulisnya sempat turun di tengah proses peresmian karya tersebut.

“Waktu mau meluncurkan karya 'Veronika Jingga' satu bulan ga pernah dilihat. Bahkan saat itu rasanya mau nyerah. Takut karya ga bagus, takut ga ada yg mau baca. Tapi hal yang membuat aku terus maju dan bersemangat itu Mama. Mama selalu support,” kata Ica pada (9/4).

Dia bercerita bahwa mamanya kerap mengatakan kalau menyerah bukan pilihan baik. Hal itu mengingatkan Ica tentang bagaimana tujuan awal dia terjun di bidang kepenulisan. Terlebih tentang perjuangan dia menyelesaikan naskah “Veronika Jingga” yang menjadi saksi bahwa dia pasti bisa asalkan terus berusaha. Gadis berkacamata ini juga memiliki tokoh-tokoh inspiratif yang mendorongnya untuk terus menekuni bidang tersebut, antara lain: Asma Nadia, Endik Koeswoyo, Tere Liye, dan Raditya Dika.

            Di sisi lain, Ica ternyata suka menonton tayangan FTV dan berkeinginan untuk menjadi salah satu penulis ceritanya. Hal inilah yang membawa dia bergabung dengan komunitas Jaringan Penulis Indonesia (JPI). Dimulai dari pencarian informasi di google hingga mempertemukan Ica dengan web JPI.

“Eh ketemu sama web JPI mulai deh kepoin webnya. Membuat tertarik karena banyak benefitnya. Bisa membantu saya lebih memahami dunia kepenulisan dan semua hal yg bersangkutan dgn dunia kepenulisan,” tulisnya pada (9/4) melalui aplikasi WhatsApp.

Nah, untuk bisa lebih mengenal sosok Reza Indah Pratiwi atau Ica ini, kamu bisa langsung intip akun Instagram rezaindah24 atau menghubunginya melalui alamat surel rezaindahpratiwi2000@gmail.com. Dia juga pernah menjadi konselor sebaya sewaktu sekolah lho! Di mana kisah teman-temannya, dia jadikan sebagai sumber inspirasi. Siapa tahu kisah kamu bisa menjadi salah satunya? (HN)

 

Profil

Nama Lengkap            : Reza Indah Pratiwi

Nama Panggilan         : Ica

Tanggal Lahir              : 24 September 2000

 

Akun Media Sosial

Email                           : rezaindahpratiwi2000@gmail.com

Instagram                    : rezaindah24

 

Karya Terbit


Penampakan Sampul Depan & Belakang

Veronika Jingga (Ruang Karya, 2021)

 

Tentang Penulis

Hafizhotun Nisa, makhluk tukang ngayal yang berusaha produktif dengan menulis minimal seribu kata sehari mulai awal Novermber 2019. Tinggal di daerah Depok Baru dan biasa dihubungi melalui alamat surel hafizhotunnisa@gmail.com. Media sosial yang aktif saat ini hanya Instagram dengan nama akun hafizhotunnisa.

Posting Komentar

0 Komentar