IKLAN

www.jaringanpenulis.com

Keramik Hias SMKN 8 Padang : Dari Yunani ke Ranah Uni


KABAR JPI - Padang - Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021 sudah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu di Jakarta dan dalam bentuk dukungan akan gerakan tersebut, Jaringan Penulis Indonesia (JPI) membuat program pembuatan dan penerbitan  artikel karya produk anak bangsa dari berbagai sekolah negeri di Indonesia. Salah satunya adalah artikel ini yang mengulik tentang Keramik Hias yang cantik dan mewah dari SMKN 8 Padang. 

Sebagaimana diketahui bahwa pada awalnya keramik hias berasal dari bahasa Yunani keramikos yang artinya suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran. Dan kini, tidak hanya di Yunani namun keramik hias tersebut bisa dibuat oleh tangan putra-putri kebanggan Indonesia. Padang. Sumatera Barat.

Kepala sekolah SMKN 8 Padang. Bapak Sahpalepi, saat ditanyakan tentang awal pembuatan produk keramik menyatakan, "kami melanjutkan program sebelumnya, karena guru-guru dari SMKN 8 sendiri sudah sering mengikuti pelatihan dan studi banding keluar provinsi seperti ke Bandung dan Yogyakarta. Karena itu, pada umumnya ide datang dari para guru tersebut. Dimana sebelum memberikan pelatihan pada siswa, mereka telah membuat prototype bahan ajar terlebih dahulu."  SMKN 8 Padang merancang produk yang jarang ditemui dipasaran. "Setiap produk keramik hias, kami selalu memberikan sentuh dengan motif lokal Minangkabau yang bernuansa modern," sambungnya.

Sedangkan proses pembuatan keramik hias tergantung dengan besar atau kecilnya produk dan kerumitan pembuatannya. Bisa 1 sampai 2 minggu. Bahan baku keramik hias adalah berupa tanah liat teracotta yang pihak sekolah  datangkan dari Kabupaten Lima Puluh Kota, Sawahlunto . Kesulitan SMKN 8 Padang dalam hal produksi hanya dalam pencarian bahan finishing berupa glasur dan pewarna yang dipesan ke pulau Jawa. Sedangkan untuk biaya produksi besaran nya tergantung pada dana BOS. 

Adapun tantangan yang dialami pihak SMKN 8 Padang dalam hal produksi adalah di masalah pemesanan. Karena besarnya antusias akan hasil karya mereka di tengah pasar maka yang terjadi adalah pihak SMKN 8 Padang kewalahan melayani pemesanan dengan jumlah yang tinggi dikarenakan minimnya peralatan, seperti tungku keramik yang lebih modern. Oleh karena itu,  peralatan khusus keramik untuk SMKN 8 Padang sudah sangat perlu ditingkatkan terlebih lagi, secara umum peralatan yang tersedian di SMKN 8 Padang sudah usang dan banyak yang rusak, sedangkan kemampuan sekolah sangat terbatas untuk pengadaan kebutuhan peralatan tersebut.

Setiap produk keramik hias, kami selalu memberikan sentuh dengan motif lokal Minangkabau yang bernuansa modern.

Pengenalan dan pemasaran produk, biasanya dibuat melalui pameran dan pemesanan langsung. Kedepan Pihak SMKN 8 Padang berencana untuk merancang aplikasi khusus pemasaran produk keramik hias via online. "Untuk saat ini, strategi pemasaran produk dilakukan oleh siswa SMKN 8 Padang sendiri melalui pelajaran Kewirausahaan yang dibuat oleh pihak sekolah dan juga pihak sekolah SMKN 8 Padang secara periodik membuat event pameran dan mengikuti pameran di tingkat provinsi." ujar Bapak Sahpalefi saat dihubungi tim Kabar JPI. 

Dukungan Diknas setempat terhadap hasil karya anak SMKN 8 Padang yang sudah masuk dalam daftar SMK terbaik di Kemendikbud sangatlah positif, bahkan untuk mengapresiasi produk Kriya, Pihak Diknas membeli produk SMKN 8 Padang. Serta pihak sekolah sering mendapatkan undangan untuk tampil mempresentasikan karya SMKN 8 Padang di even Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. 

Menurut Bapak Sahpalefi selaku kepala sekolah SMKN 8 Padang, "yang perlu ditingkatkan untuk menambah nilai plus dari produk ini adalah Inovasi dan keratifitas." Dan karena itu, ia bangga kepada guru-guru SMKN 8 Padang yang tidak henti berinovasi dan sangat kreatif  dalam hal bereksplorasi. Semoga keramik hias SMKN 8 Padang dapat dipasarkan secara nasional dan internasional sehingga Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021 dapat menjadikan karya anak bangsa dari SMKN 8 Padang sebagai salah satu contoh yang layak ditiru dan dibanggakan.(IM)

Situs Resmi : http://www.smk8-padang.sch.id/

 Penulis : Ira Madan

Posting Komentar

0 Komentar