Vanny Yuliarsyah, Bercerita Tentang Rasa Pada Aksara

 

Penulis : Savina Jasmine Nur Ummari

Masa SMP Penuh Harap

Gadis berjilbab ini memiliki nama lengkap Vanny Yuliarsyah. Lahir di Ibu Kota Indonesia pada 27 Juli 1996. Perempuan 24 tahun ini mulai menyukai dunia kepenulisan sedari belia. Saat Ia mengenyam pendidikan di bangku SMP 250 Jakarta. Di sanalah Ia mulai suka menulis Puisi. 

"Dulu waktu Aku SMP, aku dapet tugas bikin puisi. Dan orang yang pertama kali baca adalah Kakak kelas cowok yang aku taksir. Tapi sayang udah punya pacar saat itu hehe. Abis baca puisi aku, cowok itu bilang puisinya bagus. Bikin hati yang baca terasa lebih hidup." Cerita Vanny mengenang masa lalunya. 

Sejak itu Vanny selalu berusaha menulis puisi sesering mungkin. Agar bisa dekat dan bertukar pendapat dengan kakak kelas yang Ia taksir. Bagi gadis penyuka bunga matahari ini, puisi merupakan semacam usaha di tengah harapannya.  

Hingga akhirnya, Vanny membuat akun instagram @_sajakberkata untuk memuat hasil tulisannya. 

Sosok Vanny juga tipe orang yang lebih suka menuahkan rasa dalam tulisan daripada bercerita. Tak salah jika merasa tidak baik-baik saja, Ia akan langsung menulis. Baginya menulis adalah cara lain setelah mendaki untuk menenangkan diri di waktu luang. Bahkan beberapa tulisannya menceritakan tentang dirinya sendiri. 

Saat ini Ia tinggal bertiga dengan adik-adiknya di rumah. Sang kakak bertugas di kota Bandung, sedangkan kedua orang tua sudah meninggal dunia. Hal itu kerap membuat harinya sepi dan rumpang. Jika sudah begitu, Vanny senang menatap Matahari. Sedari kecil Ia suka seperti itu. Entah itu terbit, terbenam, atau terik sekalipun. 

Musik Dan Block Writer 

Meskipun awalnya hanya suka Puisi saja, lambat laun ia mulai tertarik dengan sinetron dan juga FTV. Tak mau menunda impiannya, ia memberanikan diri menghubungi penulis terkenal yang karyanya sudah jutaan. Yakni Endik Keoswoyo langsung Via Direct Message di halaman sosial mendianya. 

 Namun sama seperti penulis lain, Vanny juga sering mendapat hambatan dalam menulis. Tak lain tak bukan hambatan itu bernama Block Writer.

"Kalo lagi nulis, aku sering ngalamin Block Writer. Tapi aku punya cara ampuh buat ngatasinnya. Setiap kali aku di hadapin Block Writer, aku pasti langsung jauhin laptop. Pasang headset kanan kiri, setel lagu Cermin By Nadin Amizah sekencang-kencangnya, merem, dan biarin muka aku kena angin." 

Vanny memang sangat mengidolakan sosok Nadin Amizah. Selain suaranya yang merdu, Nadin Amizah selalu menghasilkan karya yang ditulis dari hatinya. Itu sebabnya setiap lagunya selalu menjadi playlistnya setiap hari. Vanny juga sering mendengarkan lagu Fiersa Besari. Bahkan lagu Nadin Amizah dan Fiersa Besari juga kerap menemani pendakian Vanny. 

Travelling Masuk Dalam Daftar Hobinya

Sebelum membaca dan mengkhayal, satu hobi yang lebih dulu tertanam di benaknya adalah Mendaki dan Travelling. Saat ini Ia tergabung dalam komunitas Pendaki Jakarta & Backpaker Jakarta dan komunitas Jaringan Penulis Indonesia rintisan Endik Koeswoyo. Dari kedua komunitas yang ia ikuti tersebut ia berusaha menggali ilmu secara bergantian. Karena bagaimanapun juga, dunia menulis tak mudah terlupakan karena kesibukkan mendaki.

Apalagi ada sebuah ruang yang sangat berjasa dalam dunia menulisnya, @_sajakberkata. Di mana Quotes dan Puisi yang dia buat termuat di sana. Komentar positif dari pengikutnya lah yang Menjadi salah satu pemecut semangatnya untuk terus berkarya. 

Vanny, Pendaki Ide dari Jakarta

Alam asri nan sejuk selalu menyelimuti track mendaki. Gadis manis bernama Vanny tersebut sudah teramat akrab dengan suasana tersebut. Ia senang mendaki. Karena dari pendakian ia mendapatkan ketenangan. Kisah cinta sesaat yang Ia temukan di Gunung Cikuray, sampai kisah mistis yang Ia rasakan di gunung Lawu selalu menyisakan kerinduan. Dari track siang hingga track malam pun pernah Ia lewati.

Bermula dari ajakan teman untuk ikut mendaki, kini Ia terlanjur jatuh hati pada alam. Bagi Vanny, begitu banyak pengalaman mendaki yang Ia jadikan pelajaran. Dari mulai belajar bagaimana caranya menjaga seisi alam, menghargai satu sama lain, berjuang untuk sampai ketempat yang paling tinggi (puncak), hingga belajar bersyukur atas apa yang selama ini Tuhan beri. 

Jiwanya sudah cinta pada kegiatan mendaki. Tak hanya itu, ternyata di setiap perjalanan mendakinya selalu memunculkan ide dan gagasan cerita. Itulah yang menjadikan semangat tersendiri untuk menulis.(SJ)


Profil

Nama Lengkap : Vanny Yuliarsyah

Nama Panggilan : Vanny

TTL : Jakarta, 27 Juli 1996


Domisili : Jakarta

Hobi : Mendaki, travelling, membaca, dan mengkhayal. 

Warna Favorite: Hitam

Makanan Favorite: Nasi Goreng


Media Sosial: 

Instagram: @Vannyyuliarsyah & @_sajakberkata

Twitter: @vannyyuliarsyah 

Wattpad: Vannyyuliarsyah 

Posting Komentar untuk "Vanny Yuliarsyah, Bercerita Tentang Rasa Pada Aksara"

www.jaringanpenulis.com