IKLAN

Erika Ardianti Dinata, Merubah Kebiasaan Halu Menjadi Hal Positif

Penulis : Umi Khuzzaimah

 

Foto Erika sedang selfie


Erika Ardianti Dinata, pelajar manis asal lamongan ini berhasil merubah kebiasaan halunya menjadi hal yang positif. Gadis yang mulai menelusuri dunia tulis menulis saat kelas delapan SMP ini mengaku bahwa awalnya dia tidak memiliki minat sedikitpun untuk sekedar membaca, apalagi menulis.

Mulanya Erika membaca novel berjudul Dear Nathan karya Erisca Febriani, dari sini kegemarannya dalam membaca mulai muncul. Setelah dipupuk selama satu tahun dengan beragam bacaan, minat Erika dalam menulis pun mulai tumbuh. Dia mencoba menulis di platform yang banyak dilirik generasi muda, yakni wattpad. Yang paling mengejutkan adalah, karya pertama yang ditulisnya berhasil menembus 50K pembaca.

Erika cukup cerdik dalam memperjuangkan 50K pembaca di cerita pertamanya. Alih-alih melakukan promosi kesana-kemari, gadis ini lebih memilih untuk meng-update ceritanya secara konsisten. Dia tidak peduli walaupun tak ada satu pun pembaca yang mampir, dia hanya ingin berusaha sebaik mungkin. Karya pertamanya tersebut berjudul ‘LOVE’, cerita romance yang menjadikan Septian David Maulana sebagai castingnya. Pesepak bola yang satu ini cukup terkenal di tanah air karena bakat dan wajah tampannya.

 

novel wattpad karya Erika

Erika mengaku ide cerita ini muncul dari rasa kecintaannya pada sepak bola. Dia juga cukup cermat dalam mengikuti tren saat itu, dimana cerita fan fiction tentang pemain sepak bola cukup marak. Akhirnya dia menulis versi dirinya sendiri. Dan terbukti bahwa tulisannya meledak dan banyak diminati oleh pembaca.

Kini selain aktif menjadi seorang pelajar di bangku putih abu-abu, Erika juga aktif menulis di berbagai platform menulis online. Mulai dari wattpad, webnovel, hingga kwikku. Dari seluruh usaha dan ketekunannya kini Erika telah berhasil menerbitkan dua judul buku. Yang satu berupa novel dan satunya lagi berupa antologi cerita mini.

Ditengah kesibukkannya sebagai pelajar SMA yang bagaikan sedang diserang tugas tanpa henti. Erika masih menyempatkan diri untuk produktif menulis setiap hari. Erika adalah gadis yang cukup pandai dalam memanajemen waktu, dan juga disiplin tentunya. Dia selalu menekankan kepada dirinya sendiri untuk menyelesaikan seluruh tugas sekolah tepat saat jam delapan malam.

Selanjutnya adalah waktu bebasnya untuk menulis segala hal yang berlarian di kepalanya. Bahkan tak jarang dia menulis di pagi buta, sekitar pukul empat hingga enam pagi. Setelah semua itu, Erika dapat fokus kembali untuk menjalani profesinya sebagai pelajar.

Kebiasaan menghalu Erika tampaknya membuat diri Erika semakin berkembang. Erika bahkan mengaku bahwa caranya mencari inipirasi saat menulis adalah dengan cara ngehalu. “Biasanya aku ngehalu dulu, misalnya ngeliatin Jefri Nichol, Junior Roberts, dan lain-lain. Terus aku juga harus sambil dengerin lagu biar konsen nulisnya.” tutur Erika (03/10/20) saat ditanyai apa yang dilakukan olehnya dalam mencari inspirasi sebelum menulis.


Biodata Erika

Nama : Erika Ardianti Dinata

Kelahiran : Lamongan, 13 Maret 2004

Nama Pena : Erika Dinata


Akun Sosmed

  • Instagram : @erikadinataa
  • Wattpad : erikadinataa
  • Kwikku         : erikadinataa
  • Webnovel : erikadinataa


Tapi Erika berhasil membuktikan kepada dunia bahwa bermodal halu saja, dirinya mampu berubah menjadi sosok penulis yang ikut andil dalam kemajuan tingkat literasi di negeri kita bukan? (UK).


Tentang Penulis

Umi Khuzzaimah, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang akrab dipanggil dengan panggilan Ima ini sedang mencoba produktif dalam dunia tulis menulis. Tulisan kecilnya dapat dinikmati melalui platform wattpad dengan akun @woomeya, dapat pula ditemui melalui akun instagram @dldbal_

Posting Komentar

0 Komentar