IKLAN

Rosa Sitio Ahiria Gadis Yang Pantang Menyerah

 


Penulis: Bella Isnawati

Rosa Sitio Ahiria atau yang biasa dikenal dengan nama penanya Sitio Ahiria ini adalah gadis kelahiran Gunung Kidul, 15 Januari 1997 dan berdomisili di Gunung Kidul, Yogyakarta. Sitio adalah anak pertama dari dua bersaudara yang sudah berhasil menempuh pendidikan S1 di IAIN Surakarta jurusan Komunikasi dan Penyiaran (2014-2018).

Oh iya saat di sekolah Sitio menjadi salah satu siswi berprestasi yang menerima beasiswa Boarding School (2011-2014). 

Pernah magang menjadi reporter di Tribun Video. Pernah bekerja juga sebagai Design Grafis di Amaly Grafika Solo pada tahun 2015-2018 dan sekarang bekerja sebagai Kaur Penunjang Umum di salah satu Klinik di Yogyakarta. 

Semasa sekolah dan kuliahnya Sitio aktif di berbagai organisasi. Salah satunya yaitu Dewan Ambalan, Radio Kampus, dan Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (Rohis) Kampus.

Hobinya suka berkhayal dan menulis apalagi sambil diajak jalan-jalan. 

Pernah menjadi korban bullying selama 5 tahun di sekolah dasarnya, kini Sitio ingin menjadi orang yang lebih baik lagi meskipun percaya dirinya masih kurang. Namun semangatnya dalam mengejar mimpi membuatnya pantang menyerah. 

Mempunyai rasa suka menulis dari sejak SMP. Setiap libur sekolah di saat sendirian dan tidak adanya teman Sitio selalu menulis di buku meskipun hanya dibaca sendiri. 

Baginya menulis adalah cara terbaik untuk mengungkapkan perasaannya. Menjelaskan tanpa harus berbicara. Menyentuh perasaan tanpa harus diucapkan. 

Semasa sekolahnya Sitio seringkali diminta menulis cerpen di mading dan mengikuti lomba cipta puisi. 

Walaupun sudah menulis semenjak SMP namun kepercayaan dirinya yang kurang, membuatnya masih enggan untuk mengirimkan tulisan ke media. Sitio baru memberanikan dirinya untuk mempublikasikan tulisannya pada tahun 2019. 

Sitio juga pernah memenangkan berbagai lomba semasa masih menjadi pelajar dan mahasiswa. 

Berikut karya yang berhasil ia terbitkan: 

1. Yang Terlihat Kuat pun Butuh Untuk Dikuatkan - Penerbit Khaira (2019)

2. Antologi Puisi Terbang Bersama Den Assalam - Sebuku (2019)

3. Kumpulan Cerpen "Him" - Ellunar Publish (2020)

4. Antologi Ramadhan "From Game to Quran" - FLP Karang Anyar (2019)

Sitio juga aktif menulis di wattpad berjudul This is Amora dan Believe. Boleh nih kalian mampir dan baca ya di akunnya Sitio di @sitio35

Insspirasinya dalam menulis waktu masih SMP saat booming-nya Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata, kemudian disusul Habiburrahman El Shirazy, dari situ Sitio mulai tahu kalau sebenarnya dia tertarik ke dunia menulis fiksi, dan mulai sering membaca novel-novel karya Asma Nadia, Taufiqurrahman Al Azizi, Agnes Davonar, Reza Nufa dan masih banyak lagi.

Kalian bisa mengenal lebih dekat dengan Sitio melalui media sosial instagramnya di @Sitio_Ahiria (BI)

Posting Komentar

0 Komentar