IKLAN

JPI Class "Bagi Cerita Nulis Skenario Bareng Raya Mipi"



Sesi "Pembuka"
Berikut CV dan Profil Raya Mipi



Assalamualaikum sahabat JPI.
Sebelumnya saya sangat berterimakasih karna sudah dikasih kesempatan mengisi JPI Class. 

Disini saya ingin berbagi pengalaman menulis FTV. Ftv pertama saya itu berjudul MODEL CANTIK JURAGAN ITIK yg tayang pada tahun 2016. Mungkin ada yg belum nonton, bisa cek vidio.com. Temanya sederhana, tentang model yg ngaku-ngaku anak bangsawan, padahal anak juragan itik.

Waktu saya nulis ftv ini, cuma bermodalkan baca-baca sinopsis dari blog-blog penulis ftv. Meskipun banyak perubahan setelah ditayangkan. Setelah dua sinopsis pertama saya diterima, selanjutnya saya menerima beberapa kali penolakan.

Sampai akhirnya saya gabung di JPI. Saya berkesempatan belajar lebih banyak lagi karna di web JPI ada banyak contoh sinopsis ftv, baik yg sudah ditayangkan, ataupun yg not ok. Hampir semuanya sudah saya baca. Dan dari situ saya belajar dan memperbaiki cara menulis sinopsis dan mulai perlahan sinopsis saya, banyak yg diterima alias OK.

Setiap sinopsis yang saya tulis, saya menerapkan dua hal :
-Perbanyak konflik.
Dari satu paragraf ke paragraf yang lain, menimbulkan konflik baru.
-Karakter kuat.
Setiap karakter yg saya tulis itu memiliki peran penting. Jika karkater itu tidak ada, ceritanya tidak lengkap. Seperti itulah.

Soal ide ftv. Saya biasanya suka menonton ftv di youtube. Jika saya melewatkan jam tayangnya. Biasanya dari situ saya mendapat ide untuk membuat ftv baru.

Makin kesini saya dikasih kesempatan untuk belajar sceneplot sama skenario.
Alhamdulilah, ftv CINTA NABRAK TUKANG KETOPRAK, saya ikut ngambil bagian nulis sampai skenario dengan bantuan Komandan JPI, tentunya. Setelah itu, saya juga dikasih kesempatan nulis #webseries AKU MANTAN KEKASIHMU. Itu pengalaman berharga buat saya.

#sebenarnya saya ng tahu mau ngasih materi apa, dan akhirnya saya mengoceh panjang lebar. Tapi terimakasih semuanya sudah menyimak.


Sesi "Tanya Jawab"
Daftar pertanyaan & jawaban:

Sesi tanya jawab *JPI Class Bagi Cerita Nulis Skenario FTV bareng Raya Mipi*
*Mohon isi dengan tertatur daftar penanya dan pertanyaan di bawah ini:*

*1. Nama: Rika*
Pertanyaan: Apakah dulu dan sekarang Kak Raya sering menonton FTV?

Jawaban: Mungkin dari dulu hobi saya adalah menonton.
 Dan yg paling saya suka adalah menonton ftv. Sampai saya mikir gini, saya juga bisa bikin cerita kayak gitu. Saya maunya si A sama si C aja, jangan sama si B.

*2. Nama: *Ali Musobih**
Pertanyaan: Modal apa si yang paling dominan supaya hatu dan mental kita kuwat ketika naskah ditolak?

Jawaban: Kalau ditolak sih, saya sudah sering banget. Puluhan ftv saya sudah ditolak berkali2 sama koran dan majalah. Sebelum nulis ftv, saya dulunya rajin nulis cerpen untuk majalah. Saya selalu mikir gini, kalau ditolak, pasti ada alasannya, mungkin tulisan saya kurang bagus. Jadi saya tinggal memperbaiki tulisan saya biar bisa diterima.

*3. Nama: Arniyaty Amin*
Pertanyaan: apakah cerita sejarah layak dijadikan FTV?

Jawaban: Ceerita sejarah ya? Saya belum pernah bikin ftv dengan tema seperti itu.

*4. Nama: Puspa*
Pertanyaan: kak Raya, pernah ga waktu nulis sinopsis FTV dan skenario tiba-tiba bingung dan kehilangan ide gitu?  Terus biasanya kak Raya kalau nulis sinopsis FTV satu kali waktu penulisan atau beberapa kali kak? 

Jawaban: Kalau sebelum mulai nulis sinopsis ftv sih, saya udah mikir dulu, udah ada dikepala dulu cerita lengkapnya, baru ditulis setelahnya. Kalau pas nulis skenario, biasanya saya baca sinopsisnya dulu, nanti skenarionya mengalir dengan sendirinya.

Biasanya saya langsung nulis ftv sampai selesai, sekali tulis. kecuali kalau ada kegiatan yg harus saya lakukan, biasanya ditunda, nanti dilanjutkan lagi.

*5. Nama: Helda*
Pertanyaan: Apakah susah bikin sinopsis novel atau sinopsis FTV?

Jawaban: HELDA
Lebih susah bikin sinopsis FTV sih.
Biasanya kalau novel, aku ng pernah bikin sinopsis, endingnya aja belakangan aku mikirnya. Biasanya novel, aku tulis dulu bab perbabnya dan ceritanya mengalir begitu saja.
Kalo ftv kan beda, harus sinopsis dulu yg diaujin dan harus banyak ide biar bisa buat sinopsis terus.

*6. Nama: Rafahlevi*
Pertanyaan: sinopsis kan penting menarik perhatian dari paragraf pertama.
Sementara kadang kalau diliat di tv konflik utama baru ketauan di pertengahan tayang. Itu gimana c baiknya? Apa awal cerita langsung ke konflik besar atau yg kecil2 baru dikasih tau di hal lain kalo ternyata konflik utamanya yg lain. Tq raya...

Jawaban: Biasanya aku langsung konflik, konflik dan konflik. Jadi setiap paragrafnya aku sisipin konflik.
Kalo udah ditayangin, biasanya banyak perubahan.

*7. Nama: Mutiara*
Pertanyaan: Mau mencoba nulis ke genre lain gak? Aku udah baca profil mu, kan sukanya drama romance😁

Jawaban:
Iya, dari dulu saya suka cerita teenlit. Karna saya juga suka nonton drama korea yg hampir semuanya romantis. 😅 Saya nulis novel pun bisanya teenlit.
Kalo genre lain sih? Belum minat kayaknya.
Kalo horor? Saya penakut, pasti ng bisa bikin cerita horor.

*8. Nama: Eka*
Pertanyaan: ku banyak ide judul, tp susah dpt ide 😑 walaupun udh sering nonton ftv. Gimana ya mba?

Jawaban:
Saya juga pernah, punya judul yg udah kece seperti Model Cantik Juragan Itik, tapi ceritanya belum dapat. Cuma judulnya aja. Biasanya saya buat kerangka karakternya dulu. PU cewek siapa (anak orang kaya / penjual apa gitu). PU cowok siapa. Setelah itu, tambahin subplot, bisa mantan yg ngajak balikan, teman yg menaruh perasaan, ataupun musuh. Nanti ceritanya bisa menyatu dengan konflik2 dari karakter tersebut. Jangan lupa, tambahin karakter orangtua sebagai pelengkap.
Intinya sih, tulis aja dulu, nanti sambungin konflik dari semua karakter.

*9. Nama: Firda Shiewa*
Pertanyaan : Ray, waktu bikin sceneplot dan skenario membutuhkan DeadLine berapa jam atau hari? Terus pernah coba bikin sinopsis model ftv genre lain gak?

Jawaban:
Sceneplot sih sehari selesai. Kalo skenario biasanya dua hari karna 80 halaman, kan banyak banget tuh yg perlu ditulis.
Sinopsis yg biasanya saya buat ya, komedi romantis. karna sctv kan ftvnya identik dengan komedi romantis.

*10 Nama: Rosi Rosdiani*
Pertanyaan: Pola menulis sinopsis FTV kan biasanya diawali dengan konflik antar pemeran cewek dan cowok terus berantem lalu saling suka dan akhirnya happy ending. Pernah ga sih terpikir buat nulis yang beda dari pola biasanya, nggak melulu happy ending?

Jawaban:
Pernah. Saya pernah buat yg beda, tapi ditolak. 😅 ftv sctv mungkin diwajibkan happy ending dan semuanya hampir happy ending.
Ada yg masih ingat ftv My Ngeselin Bos, Gue Bisa Apah? yg main Sibad sama suaminya.
Itu akhirnya Adisty (Sibad) tidak bersatu dengan Devon (Kris), tapi Adisty saya buat sama yg lain.
Pas bikin sceneplot disuruh revisi. Mereka adalah pemeran utamanya dan harus disatuin di akhir.
Jadi ya, PU cewek dan PU cowok harus bersatu biar happy ending.

*11. Nama: Resda*
Untuk latar tempat bikin sinopsis, perlu survei lokasi atau hanya lihat di google saja sudah cukup?
Trus, ttg pengajuan naskah, selain melalui mas Endik, ada gak? Kalo ada, apakah harus mengirim naskah langsung ke kantor atau boleh hanya kirim lewat email?

Jawaban:
Biasanya tempatnya saya ambil dari ftv yg pernah saya tonton.
Seperti ftv ADA HATI DI BALIK UDANG. itu saya udah nonton dulu ftv yg punya tema yg sama, udang juga. Jadi saya bisa tahu, di tempat udang bisa dibikin konflik apa aja.

Saya masuk JPI baru tahun 2018, tapi saya sudah menulis ftv dari tahun 2016.
Saya awalnya nulis di SP, bisa kirim naskah lewat email. Saya juga pernah ngirim ke FR lewat email juga. Tapi FR juga menerima yg lewat pos.

*12 : Sulvi*
Kak raya bagaimana cara menentukan judul dan tem dengan tepat, dan dalam kondisi apa kak raya bisa mengerjakan sinopsis dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala ?

Jawaban: Kalo judulnya ng terlalu saya pikirkan. Kalau sinopsisnya OK, kebanyakan ganti judul. Kalo tema sih banyak. Saya pernah pakai tema perjodohan 5 kali. JUNAIDI I LOVE YOU (dijodohin, si cowok nyamar jadi supir buat tahu si cewek ini layak ng jadi istrinya)
JODOH COWOK PENGABDI SAPI (si cewek dapat wasiat dari opanya yg kaya raya untuk menikah sama cowok yg ternak sapi. kalo ng nikah, warisan hangus). FROM SOMAY JADI SOULMATE
(dijodohin karna bisnis, sama2 kabur, ketemu tanpa tahu kalau dijodohin). MY WIFE ANAK GENG MOTOR
(pengacara dijodohin sama anak geng motor dan membuat penjanjian, setelah 100 hari, mereka cerai.) ROMANSA PASUTRI MAGANG
(Kakak mereka yg sebenarnya dijodohin, tapi kakak mereka kabur, terpaksa PU cewek dan PU cowok yg dinikahkan)

Temanya sederhana. Tapi bisa dibikin banyak cerita. Biasanya kalau udah ada ide, langsung cepat saya tulis. Dengan catatan, saya lagi ng ada kerjaan lain.

*13. Nama : Puspa 2*
Pertanyaan: Kak Raya, judul FTV kan penting dan harus menarik yaa. Kalo kak Raya judul itu mempengaruhi ide ga? Biasanya kak Raya bikin judul dulu baru dapat ide atau ada ide dulu baru nentuin Judulnya?

Jawaban:
Ng, saya biasanya nulis sinopsis dulu, judulnya belakangan.
Kecuali kalau judulnya kece seperti MODEL CANTIK JURAGAN ITIK, FROM SOMAY JADI SOULMATE, MY WIFE ANAK GENG MOTOR. MIE AYAM BUMBU SAYANG. BIRO JODOH DIKEJAR JODOH. itu judul ftv saya yg tidak diganti. Kalo dengan judul itu, saya biasanya menyesuaikan isi sinopsis dengan judul.

*14. Nama: Dede*
Pertanyaan: kak Raya poin penting dalam menulis ftv itu apa si?

Jawaban:
Point penting dalam menulis ftv itu apa sih?
Karakter. Biasanya sebelum menulis sinopsis, saya membuat karakternya dulu dengan penjelasan si karakter ini kerjaan apa, konfliknya apa aja.

Biar nanti ng ada karakter yg cuma numpang lewat.

*15. Nama : Rosi*
Pertanyaan : Ray, apa mungkin beda PH juga pengaruh kali ya? ( mungkin beda standar) Dulu aku pernah nonton FTV produksi SP (judulnya lupa lagi) yg diperanin Lucky Perdana sama Aurelli klo ga salah, endingnya bener2 beda, sedih dan nyesek pokoknya😭🤭

Jawaban:
Setuju. Beda PH, beda lagi konsep tayangannya dari sinopsis ke ftv yg akan ditayangkan.
Tapi kalau sinopsinya sama aja. Kan yg menentukan OK dan NOT OK adalah pihak sctv.

*16. Nama : Firda Shiewa*
pertanyaan: Pertanyaan : Pernah bikin sceneplot ditolak sama sutradaranya gak Ray? Cara ngatasinya gimana? Oh ya, aku sering tuh, nonton FTV tulisanmu. Nah, pas tulisanmu tayang yang di SP itu kadang tuh, ada konflik yang agak di bolak-balik gak sih, penempatannya atau tetep sama bikin pola sinopsis di star?

Jawaban:Ng tahu. Scenelpot yg saya tulis langsung saya kirimkan ke Om @Endik Koeswoyo Simpati . Setelah itu, saya nunggu tanggal tayangnya. Tapi biasanya ada beberapa revisi, dari sceneplot yg sudah saya buat, dengan ftv yg ditayangkan.

Kalo di SP. Saya cuma nulis sinopsis. Ng ikutan nulis sceneplot. Kebanyakan sih ceritanya direvisi sama si penulis skenarionya.

*17. Nama: Desi*
Pertanyaan : kak raya gimana sih cara mengembangkan sebuah ide cerita dengan efektif agar ceritanya tuh bagus dan terkesan.

Jawaban: Cara mengembangkan sebuah ide cerita.
Tulis sesuai konsep.
Ini udah aku bahas di postingan di web JPI. Itu aku tulis lengkap. Silahkan mampir kak.

Sesi "Penutup"
📕📒📗📘📙📓
Baik sahabat JPI yang keren, waktu tampaknya sudah memasuki pkl. 20.30wib. saya moderator online Dita Faisal undur diri dan mengucapkan terimakasih atas partisipasi *#SahabatJPI*. Tidak lupa kami ucapkan kepada pemateri atas waktunya untuk berbagi.
Sehat dan sukses selalu untuk berkarya dan memacu *#SahabatJPI* lainnya untuk berkarya dan berbagi. 


Sebagaimana *moto JPI “Milik Bersama Belajar Bersama”*
Sekian dan terimakasih. Mohon maaf jika ada kekurangan. Saya Nia Dita Faisal mengucapkan terimakasih. Sampai ketemu lagi di JPI Class berikutnya.
Semangat terus memajukan dunia literasi Indonesia. 


Selamat berkarya dan salam untuk #SahabatJPI di seluruh Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar