IKLAN

www.jaringanpenulis.com

HARUS JADI PENULIS SERBA BISA, FIRDA SHIEWA IDOLAKAN SANG GURUNYA

Firda Shiewa, “Aku atau kau hanya sekadar hidup pada tulisan bukan hati.” Begitu tulisan cewek yang gak doyan selfie ini memenuhi beranda blog. Cewek cantik ini merupakan penulis buku kumpulan puisi berjudul RAHASIA PEREMPUAN dicetak oleh penerbit Uwais Indie, mengaku kalau dirinya mempunyai hobi tulis-menulis yang dimulai sejak ia menyukai sastra puisi. “Paling suka itu, aku baca buku puisi karya Sapardi Djokodarmono dan Chairil Anwar. Bagiku puisi itu ungkapan isi hati paling sederhana,” ujarnya sembari membalas emoticon like pada chatting-an WhatsApps (24/12/2018) kemarin.
Menjadi penulis harus serba bisa menulis apa saja, rupanya ungkapan itu dilontarkan oleh sang guru sekaligus idolanya; Dita Faisal tanpa sengaja menjadi panutan bagi dirinya. Selain ikut berburu event menulis, Firda Shiewa juga aktif berburu sinopsis FTV remaja yang isi cerita mengupas tentang kehidupan cinta-cintaan terus putus barulah happy ending. Kini kesibukan Firda Shiewa atau kerap di sapa Firda sedang menempuh dunia bisnis kecilnya, yaitu jualan lotek. Penulis berbakat ini telah menghasilkan banyak karya puisi maupun cerita terkemas pada beberapa buku hasil event menulis yang diadakan penerbit indie tiap minggu/bulan. Ratusan piagam penghargaan berhasil Firda Shiewa dapatkan. “Awalnya aku suka menulis puisi itu karena aku sering menggabungkan perasaanku dengan sikap mantan pacarku. Eitz, bukan berarti banyak mantan pacar! Aku tipe cewek setia banget,” tandas cewek darah Jawa Tengah ini.

Buku Kedua
Firda Shiewa kolaborasi
dengan Penulis-Penulis Hebat.

Saat diwawancarai, Firda Shiewa selalu memberikan emoticon smille. Pembawaan yang tenang, Firda Shiewa menuturkan jika buku kedua Firda Shiewa berjudul KEHIDUPAN bersampul biru laut itu, ternyata hasil kolaborasi dengan penulis-penulis hebat yang juga tergabung pada event lomba menulis program Uwais Indie. Wajar saja, Firda Shiewa sosok yang patut di contoh. Semua terlihat dari bagaimana cara ia mampu mengembangkan bakat demi mencapai mimpinya. “Proses mencapai mimpi bagaikan hukum hass. Jadi, perlulah berusaha keras agar tak sia-sia,” tegas Firda Shiewa sembari mengulas senyuman. Waw, Firda is very cool! Meskipun banyak sinopsisnya yang masih menjumpai kata ditolak oleh TV, Firda Shiewa masih tetap rajin mengirimkan sinopsisnya agar suatu saat nanti dapat dinikmati masyarakat menjadi tayangan TV yang unik. Pada akhirnya, Firda Shiewa ikutan join dengan grup JPI atau Jaringan Penulis Indonesia yang diampu oleh Endik Koeswoyo. Mula-mulanya Firda Shiewa berkenalan dengan penulis Dede Hartini hingga diajak gabung bersama dengannya bersama penulis senior yang kece; Endik Koeswoyo. Harapan Firda Shiewa sih supaya idenya tetap mengalir dan tak berdebu serta mencari ilmu dengan bimbingan sang idolanya juga. Serasa mimpi bukan? “Menggenggam Impian by Endik Koeswoyo, novel yang aku punya pertama kali minat untuk kubaca. Dari situ, aku jadi nge-fans sama beliau,” tandasnya kembali. By the way, cewek berbintang Capricornus ini doyan akting lho! Terlebih ia mencita-citakan menjadi artis tapi, sayangnya ia lebih menekuni dunia tulis-menulisnya. “Karena tinggiku yang gak sampai 150 cm mungkin aku harus menguburkannya. Jadi, aku fokuskan saja pada dunia menulis. Hehehe,” ungkapnya memberikan alasan kuat dengan cengiran. Menarik! Pernah ikutan casting tetapi gagal dan bisa memainkan semua alat musik seperti piano/keyboard, drum, dan gitar. Salut sekali dengan sosok Firda Shiewa yang tak bosan terus menggapai impiannya. Oh ya, menurut Firda Shiewa nih! Jika nyawanya berada di melodi untuk mengusir rasa jenuh, “Aku bisa main semua alat musik memang kursus sebentar. Selebihnya aku memainkan feeling-ku buat cari not angka atau nadanya. Katakanlah aku bermain musik kebanyakan dengan cara otodidak karena aku sendiri gak begitu ngerti dengan not balok atau teori, dsb.”
Oh, my god lagi-lagi Firda Shiewa membuat terpesona! Sangat mengagumkan sekali bukan? Hai, readers dari tadi kita sudah sejauh ini mengenal sosok Firda Shiewa. Mungkin sebelumnya kalian sudah membaca artikel lain yang menulis tentang Firda Shiewa. Oops! Terima kasih sudah membaca tulisan usangku ini mengenai profil Firda Shiewa. Salam literasi! (Nathania Jingga)

Biodata Firda Shiewa
Nama Pena : Firda Shiewa
Lahir : 25 Desember 1994
Hobi : Musik dan menulis
Pekerjaan : Bisnis Freelance dan Writter Freelance
Inspirator : Dita Faisal, Endik Koeswoyo, dan Sang Mantan Pacarnya

Media Sosial
  • Facebook : Firda Shiewa (Wawa)
  • Instagram : firdashiewa & findersty
  • Twitter : @firdashiewa
  • Wattpad : firdashiewa
  • Plukme! : Firda Shiewa
  • Kompasiana : Firda Shiewa
  • Weblog : kekatasenja.blogspot.com


Prestasi Yang Pernah Diraih

  1. Pemenang dalam Kreasi Bedah Puisi yang diselenggarakan oleh PILAR group 29-30 September 2016.
  2. JUARA I menulis puisi pada Event Ultah Nur Fitri Septiani terselenggara di grup SATU DALAM PUISI pada 29 September 2016.
  3. KONTRIBUTOR TERBAIK 2 (Dua) Event Puisi grup KARYA SASTRA tema Keindahan Alam tanggal 19 September – 21 September 2016.
  4. JUARA HARAPAN VI pada lomba Menulis Puisi dalam Event Ulang Tahun Fajar Maulana Ramadhani yang diadakan oleh grup Jejak Sang Penyair pada Oktober 2016.
  5. LIMA BELAS KARYA TERBAIK sebagai Kontributor dalam Event tema HARAPAN dengan judul buku “LADANG AKSARA” yang diadakan oleh Penerbit RWTC SUCCESS pada Oktober 2016.
  6. KONTRIBUTOR FAVORIT dalam lomba Menulis Puisi Jilid III oleh Penerbit Stepa Pustaka yang diselenggarakan pada tanggal 1 September 2016 - 30 Oktober 2016.
  7. PENULIS TERPILIH pada lomba Menulis Cerita Mini tema Ekskul yang diadakan oleh Penerbit Hanami sejak tanggal 2 s/d 23 September 2016.

e-piagam penghargaan Firda Shiewa
dari Penerbit sebagai NASKAH TERBAIK. 
  1. KONTRIBUTOR lomba Cerpen Tingkat Nasional tema Reach Your Dream pada tanggal 14 Mei – 20 Juni 2017 oleh CV. Karyapedia.
  2. KONTRIBUTOR lomba Menulis Surat Tingkat Nasional Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh CV. Vendha Media bertema Syukur pada tanggal 23 Desember 2016 – 17 Januari 2017.
  3. KONTRIBUTOR PUISI TERPILIH dalam Lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional bertema “Kado Terindah Untukmu” Yang diselenggarakan pada tanggal 18 Januari 2017 – 10 Febuari 2017 oleh Jejak Publisher.

e-sertifikat penghargaan Firda Shiewa
pada Lomba Menulis Puisi Tingkat Nasional
yang diselenggarakan oleh
CV. SAWEU PENA PUBLISHER. 
  1. KONTRIBUTOR dalam Event Menulis Sajak 12 – 16 baris dengan tema Indonesia yang diselenggarakan pada 20 Juli s/d 30 Agustus 2017 oleh Penerbit WA Publisher.
  2. PENULIS TERPILIH dalam buku Antologi Puisi “Gloomy Cloud” yang diselenggarakan oleh Penerbit Rosiebook tanggal 26 September 2018.

e-sertifikat penghargaan
Firda Shiewa yang di upload
pada akun facebook-nya. 

****

Tentang Penulis
Sejumput aksara dari cewek penggalau bernama Nathania Jingga yang menyukai dunia literasi dan musik. Nathania Jingga dapat dihubungi melalui instagram/ wattpad : @nathaniajingga & twitter/ask.fm : @ntha_indah atau email firdanugraheni25@gmail.com serta bisa juga kunjungi weblog kekatasenja.blogspot.com . Terima kasih. Salam literasi! 

Posting Komentar

Posting Komentar