Yang Muda Punya Karya

Siapa bilang menjadi penulis itu hanya untuk orang dewasa atau sarjana sastra saja? Anak SMA kelas XII ini ternyata tidak main-main terjun ke dunia kepenulisan. Pelajar SMAN 1 Bulu Sukoharjo yang lahir dengan nama Heru Andriansyah ini, biasa dipanggil Heru. Dalam dunia kepenulisan menggunakan nama Hendra. Namun dalam profil ini, kita gunakan nama penanya. Hendra.
Sejak SMP Hendra suka sekali mengarang cerita. Ia juga hobi membaca. Suatu hari, Hendra berkunjung ke perpustakaan langganan. Tanpa sengaja ia menemukan sebuah buku yang berisi tentang bekerja sebagai penulis. Dari buku itu Hendra menyadari bahwa orang yang bekerja sebagai penulispun bisa sukses. Hendra merasa sangat terinspirasi. Inspirasi ini membangkitkan motivasi menulisnya, sehingga Hendra mulai mengembangkan kemampuannya menulis.
Dalam upaya mengembangkan kemampuan menulis, Hendra tidak hanya menulis untuk dirinya sendiri. Ia juga mengikuti berbagi event dan lomba. Untuk menjaga motivasinya, Hendra rajin membaca tulisan-tulisan motivasi menulis. Hendra telah menemukan motivasi ini sejak kelas 9 (SMP), dan masih terus aktif hingga sekarang.
Ingin tahu bagaimana ritual Hendra sebelum menulis? Salah satu cara yang terbukti berhasil memotivasi Hendra adalah dengan mencari info tentang kepenulisan. Teman-teman tentu paham bahwa menulis itu akan setara dengan banyaknya bacaan kita. Nah, Hendra sudah membuktikan bahwa setelah mendapatkan banyak informasi, ia jadi lancar menulis. Tulisan-tulisannya bahkan telah berkontribusi pada banyak event. Diantaranya adalah tiga antologi cerpen yang berjudul “Februari or Valentine”, “Nonton”, dan “Musik”. Hendra juga sedang mengerjakan proyek pribadinya.
Hendra senang menulis karena ia dapat menuangkan ide dalam sebuah cerita. Favoritnya adalah cerita romantis (ehm). Tetapi ia juga berani menerima tantangan menulis komedi, meskipun tidak sebanyak menulis roman. Keterbatasan fasilitas tidak menyurutkan hasrat Hendra. Ia mengatakan, jika saja ada laptop, ia akan menulis karya tulis ilmiah. Sahabat JPI kita ini keren kan?
Hendra tidak terlahir dari keluarga pegiat literasi, jadi motivasi menulis benar-benar datang dari dalam diri Hendra sendiri. Ketertarikan utamanya adalah untuk mengembangkan minat. Telah menemukan bakat dan minat di usia yang sangat muda, ini super keren.
Hendra telah masuk ke dunia kepenulisan. Alumni SDN 04 Kedung Jambal dan SMPN 04 Tawangsari ini semakin mantab menjejakkan kaki ke dunia baru yang akan terus diperjuangkannya. Semoga pemuda yang lahir di Sukoharjo, pada 2 Juni 1999 ini semakin sukses dengan karya-karya selanjutnya.
Semangat, Hendra.
Ingin berinteraksi dengan Hendra, temui dia di:
Ig: heruandriansyah92
Email: heruandriansyah92@yahoo.co.id
WA: 085867078689
Blog: jasatentor24.blogsport.com

Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.