IKLAN

SINOPSIS FTV REGULER “RATU BAJU BEKAS, NGOTOT JATUH CINTA”


SINOPSIS FTV REGULER
RATU BAJU BEKAS, NGOTOT JATUH CINTA
Ide Cerita
 Tia MS

Penulis Skenario
Endik Koeswoyo



DELA (21) dijuluki ratu baju bekas karena berjualan baju bekas di pasar. Padahal ia mahasiswi jurusan fashion designer. Dela sejak lama menyukai RIO (22). Dia selalu mencuri kesempatan untuk berdekatan dengan Rio. Tapi Rio yang seorang model majalah dan cowok populer di kampus tak pernah melirik Dela yang biasa. Dela tak gentar, dia memberanikan diri menyatakan cinta kepada Rio dengan menggunakan pengeras suara di depan kelas. Semua mahasiswa menyoraki Dela. RASTI (21) yang melihat kejadian itu langsung menarik Dela dan menyuruh bersembunyi. Dela menolak, ia ingin mendengar jawaban Rio. Dela bertekad akan terus mengejar Rio. Rasti menganggap Dela sudah gila dengan tekadnya itu.
Dela bukannya kapok karena kejadian itu, ia malah mengikuti setiap gerak gerik Rio. Apalagi Dela tahu, Rio dekat dengan MIA (22). Dela tidak suka dengan Mia. Dela menjadi mata-mata yang selalu mengamati kegiatan Rio. Ketika sedang mengamati Rio, Dela bertemu dengan ALEX (22). Alex dendam pada Rio yang telah mengambil Mia dari sisinya. Alex menawarkan bantuan agar Dela bisa dekat dengan Rio. Dela menyetujui. Dela menjadi dekat dengan Alex. Alex perhatian dan memperlakukan Dela dengan baik.
Pulang dari kampus Dela membantu BU LASTRI (50) menjaga kios pakaian bekas yang sekaligus menjadi kios permak baju yang kecil. Dela selain menjaga kios juga menjadi penjahit di kios yang disewa ibunya tersebut. Rasti datang menemui Dela di kios. Rasti yang menyukai Alex sejak lama. Mengingatkan Dela untuk menjauhi Alex. Rasti cemburu karena kedekatan Dela dengan Alex. Dela menjelaskan bahwa Alex hanya membantunya untuk dekat dengan Rio. Rasti percaya dengan Dela. Apalagi saat itu, Alex menelepon dan mengajak Dela bertemu Rio.
Alex dan Dela bertemu Rio di rumah makan. Alex mengatakan Rio lebih pantas berpacaran dengan Dela dibanding dengan Mia. Rio hampir memukul Alex yang menarik Mia. Mia tersenyum karena diperebutkan dua lelaki populer di kampus. Alex memukul Rio, Rio tersungkur. Alex menarik Mia pergi bersamanya. RDela kaget melihat perlakukan kasar Alex. Rio memarahi Dela yang dianggap menjadi sumber kekacauan. Dela berusaha membantu Rio tapi ditolak. Dela kecewa, ia mengatakan kenapa Rio mengirimkan bunga, memberi surat, dan cokelat padanya. Rio bingung karena ia tak pernah mengirimkan bunga. Rio mengatakan tak mungkin berpacaran dengan penjual baju bekas seperti Dela. Dela bingung.
Pulang dari bertemu Rio, Dela menolak membantu Bu Lastri berjualan baju bekas lagi, ia malu karena diejek ratu baju bekas. Della ingin tampil modis dan cantik seperti mahasiswi lain. Della memaksa agar Bu Lastri memberikan uang untuk membeli baju baru. Bu Lastri menolak apalagi NINA (19), adik Dela, akan masuk kuliah. Mereka membutuhkan banyak uang. Dela kesal dan pergi menuju rumah Rasti. Di rumah Rasti, Dela meluapkan semua keluh kesahnya. Rasti menasihati Dela agar tak berlebihan, tapi Dela tak terima dengan nasihat Rasti. Ia berusaha akan mendapatkan baju-baju bagus untuk membuktikan pada Rio bahwa ia bukna ratu baju bekas. Akhirnya Dela memodifikasi baju bekas jualannya menjadi baju kekinian dan modis.
Esok harinya, Dela yang biasanya tampil sederhana mengubah cara berpakaian. Ia ingin menonjol dan mendapat perhatian dari Rio. Nina kaget melihat cara dandan Dela yang menor. Dela tak peduli dengan kritikan Nina. Di kampus, Rasti dan ARI (21) merasa Dela sudah keterlaluan dengan dandanan yang berlebihan seperti itu. Tapi Dela tetap pada pendiriannya. Dela mengatakan bahwa Ari yang mengatakan bahwa Rio menyukainya. Dela mulai mencari cara agar bisa terlihat Rio. Ia sibuk menunjukkan diri di hadapan Rio. Meski akhirnya Rio mengejek Dela dengan dandanan seperti itu.
MBAK MITA (30), pemimpin majalah mode, sekilas melihat penampilan Dela. Ia tertarik dengan baju yang digunakan Dela. Mbak Mita meminta Rio mengantarkannya ke rumah Dela. Rio menolak karena tidak tahu rumah Dela. Mbak Mita mengingatkan karier Rio di majalah miliknya. Setelah bertanya pada pihak kampus, Rio akhirnya mengantarkan Mbak Mita ke rumah Dela. Dela kaget ketika Rio datang bersama Mbak Mita. Rio kaget bertemu Nina, karena mereka pernah menjadi foto model di majalah Mbak Mita. Rio dan Nina sangat dekat. Dela kesal mengetahui hal tersebut. Mbak Mita menjelaskan tujuannya menemui Dela. Ia meminta Dela menunjukkan pakaian yang digunakannya tadi. Dela mengakui baju itu adalah hasil rancangannya. Mbak Mita kagum, ia meminta Dela besok datang ke kantor dan menunjukkan pakaian hasil rancangannya. Mbak Mita meminta Rio mengantar Dela ke kantor. Rio terpaksa setuju.
 Rio mengantar Dela ke kantor Mbak Mita. Dela membawa baju rancangan yang berasal dari pakaian bekas yang telah di ubahnya menjadi pakaian yang lebih modis. Mbak Mita tertarik untuk menggunakan baju desain Dela sebagai pakaian untuk foto modelnya. Dela setuju, keluarganya membutuhkan uang untuk kuliah Nina. Apalagi ia akan berdekatan dengan Rio. Rio juga menjadi ramah karena mengetahui bakat yang dimiliki Dela. Rio memperhatikan Dela yang serius dan penuh semangat. Rio merasa bersalah karena telah menolaknya berkali-kali. Rio meminta maaf karena sikapnya yang kasar pada Dela. Bu Lastri dan Nina yang mengetahui Dela mendapatkan uang dari baju rancangannya sangat bahagia. Bu Lastri tak khawatir lagi tentang Nina yang akan berkuliah. Bu Lastri berterima kasih pada Rio karena mengenalkan Mbak Mita pada Dela. Rio menjadi dekat dengan keluarga Dela. Ari yang mengetahui kedekatan Dela dengan Rio merasa cemburu. Ari sejak lama menyukai Dela.
Dela mulai sibuk dengan pemesanan pakaian dari Mbak Mita. Rasti merasa Dela berubah dan mulai menjauh, Dela lebih sering bersama Rio. Ketika Rasti akan curhat, Dela tak serius menanggapi. Ari juga merasa Dela tak lagi serius dengan kuliahnya. Rasti dan Ari menasihati Dela. Dela yang mulai menjadi populer merasa tak nyaman ketika Ari dan Rasti mengkritiknya. Dela meninggalkan sahabatnya yang telah banyak membantunya. Rasti dan Ari kecewa. Mia yang mengetahui kedekatan Dela dan Rio, menyusun strategi agar Rio menjauh dari Dela. Apalagi Mia memergoki Rio memperhatikan Dela.
Alex dan Mia datang menghampiri Dela dan Rio. Alex mengejek Rio yang akhirnya dekat dengan tukang baju bekas. Standarnya terlalu tinggi untuk berpacaran dengan Dela. Rio mengatakan ia hanya mengikuti perintah atasan di majalah. Dela kecewa dengan Rio. Dela meninggalkan Rio. Ketika sampai di rumah, Bu Lastri mengabarkan bahwa kios pakaian bekas milik mereka kebakaran. Kain-kain untuk baju pesanan Mbak Mita juga terbakar. Dela depresi, ia tak bisa berbuat banyak. Padahal baju-baju itu harus segera selesai. Dela akhirnya berinisiatif menggunakan baju bekas yang ada di rumah untuk rancangannya yang akan digunakan.
Esok harinya, Mbak Mita yang mendapat laporan bahwa Dela menggunakan baju bekas untuk rancangannya merasa tertipu. Mbak Mita membatalkan kerja sama dengan Dela. Dela juga harus mengembalikan uang DP yang diberikan Mbak Mita. Dela tak percaya, ia menuduh Rio melaporkan hal itu pada Mbak Mita. Rio tak terima dituduh Dela. Rio tak tahu apa-apa. Rio meninggalkan Dela sendirian. Di jalan Dela bertemu Ari. Ari mengatakan bahwa semua kiriman bunga, surat, dan cokelat dari dirinya. Ia mengatas namakan Rio karena malu. Dela memarahi Ari. Dela juga tak mampu menjelaskan kegagalannya pada Bu Lastri dan juga Nina. Dela mengurung diri.
Rio datang ke rumah Dela, ia mau membantu Dela untuk menjelaskan pada Mbak Mita. Tapi Dela patah semangat. Rio mengingatkan bahwa Dela yang dikenalnya tak pernah menyerah, bahkan ia sudah biasa menerima penolakan. Rio mengingatkan bahwa Dela sudah berkali-kali ditolaknya tapi tetap semangat mendekati dirinya. Dela merasa malu. Rasti dan Ari datang ke rumah Dela. Rasti mendengar cerita tentang Dela dari Ari. Mereka berdua ingin membantu Dela. Dela memeluk Rasti dan meminta maaf karena kesalahannya. Dela juga meminta maaf pada Ari. Mereka berempat menemui Mbak Mita dan meminta kesempatan kedua. Mbak Mita memberi kesempatan agar Dela bisa membuat pesanannya. Dela dibantu Bu Lastri, Nina, Rio, Rasti, dan Ari menyelesaikan pesanan baju Mbak Mita. Baju buatan Dela sesuai keinginan Mbak Mita. Dela mendapat pembayaran untuk baju-baju buatannya.
Dela bisa membayar biaya masuk kuliah Nina dan juga memulai usaha baju bekasnya. Saat Rio akan menyatakan cinta pada Dela. Nina meminta maaf karena dia yang yang telah mengadu pada Mbak Mita tentang pakaian bekas yang digunakan Dela. Nina cemburu karena Dela dekat dengan Rio. Nina menyatakan cinta pada Rio. Dela merestui Nina dan Rio, meski hatinya hancur.
Mia yang melihat kedekatan Rio dan Nina merasa kesal. Ia mengejek Rio yang jatuh cinta dengan penjual baju bekas. Rio membela Dela dan Nina. Mia yang mendengar itu langsung marah dan mengatakan bahwa ia dan Alex yang telah membuat usaha Dela hancur. Dela yang mendengar itu langsung memukul Mia. Tapi Alex datang dan memukul Dela. Rio melindungi dan membela Dela. Rio mengancam akan melaporkan Mia dan Alex ke polisi. Nina yang melihat itu tersadar bahwa Rio sangat mencintai Dela.
Malam harinya, Mia dan Alex datang ke rumah Dela. Mereka meminta maaf sekaligus memberikan ganti rugi. Saat yang bersamaan Nina meminta Rio jadian dengan Dela. Karena Dela dan Rio sama-sama saling mencintai.
-SEKIAN-

KARAKTERISASI PEMAIN:
1. Dela: 21 tahun, mahasiswi fashion designer, penjual baju bekas, suka ngotot, sederhana, pantang menyerah, tergila-gila pada Rio.
2. Rio: 22 tahun, kakak kelas Dela, tinggi, tegap, gaul, stylish, terkenal, sengak, cuek, foto model.
3. Ari: 21 tahun, sahabat Dela, pintar, culun, berkaca mata, menyukai Dela, selalu mendukung Dela.
4. Rasti: 21 tahun, sahabat Dela, menyukai Alex, memendam perasaan, cerewet, humoris.
5. Bu Lastri: 50 tahun, ibu Dela, penjual baju bekas, bijaksana, baik.
6. Nina: 19 tahun, adik Dela, menyukai Rio, centil, cantik, berambut panjang, foto model.
7. Alex: 22 tahun, kakak kelas Dela, vokalis band, terkenal, perhatian, memanfaatkan Dela, mantan pacar Mia.
8. Mia: 22 tahun, kakak kelas Dela, teman dekat Rio, cantik, model, langsing, modis.





Posting Komentar

0 Komentar