Steril, Salah satu solusi terbaik untuk hidup kucing





Kucing adalah salah satu hewan dengan populasi terbanyak, dan salah satu hewan yang tidak akan pernah punah.  Maka dari itu akan sangat mudah kita menjumpai hewan lucu nan menggemaskan ini dimana pun.
Berbicara soal steril kucing, pasti akan banyak “Pro dan Kontra”  diantara para CL (Cat Lover), karena tidak dipungkiri masih banyak CL yg kontra terhadap steril dan keukeuh tidak akan mensteril kucing-kucingnya.

Lalu apa itu steril ??
Steril adalah  tindakan pengangkatan testis pada kucing jantan serta pengangkatan ovarium dan rahim pada kucing betina.

Apa tujuan steril kucing ?
Steril kucing bertujuan untuk menekan populasi kucing yang semakin banyak, ingat yaa “ Menekan populasi” bukan “memusnahkan”

Apa manfaat steril untuk kucing ??
Banyak banget manfaat yang kita dapet ketika kita memutuskan untuk mensteril kucing kita, diantaranya :
  1. Kucing- kucing yang sudah disteril akan lebih sehat dan Panjang umur (kucing saya yang sudah disteril sekarang berusia kurleb 15tahunan)
  2. Mencegah penyakit, untuk kucing betina, steril bisa mencegah pyometra atau infeksi rahim dan  juga kanker payudara yang di sebabkan terlalu banyak melahirkan, dan untuk kucing jantan mencegah beberapa masalah prostat
  3. Mencegah kucing keluyuran/ kabur dari rumah pada saat musim kawin tiba (biasanya tetangga pada ngomel ketika musim ini tiba)
  4. Mencegah spraying atau kencing sembarangan tempat yang biasa di lakukan oleh kucing jantan
  5. Menghindari kucing berantem untuk memperebutkan daerah kekeuasaan untuk kucing jantan
  6. Menjadikan kucing lebih lincah dan manja ( banyak orang bilang, kucing di steril itu seperti balik lagi ke kanak-kanak)
  7. Dan yang paling utama adalah mengurangi populasi kucing-kucing liar yang terlantar.


Masih  banyak orang-orang yang berpikiran bahwa steril kucing berarti kita mengambil hak mereka untuk bereproduksi dan bertentangan dengan agama yang di anutnya. Hal ini yang masih menyebabkan masih banyaknya orang-orang yang sampai detik ini enggan untuk mensteril kucing-kucingnya, padahal manfaat steril di atas bisa jadi bahan pertimbangan untuk mereka mensteril atau tidak kucing-kucing nya.

Mari kita membuat sebuah  hitungan untuk kucing yang tidak di steril selama hidupnya.
Sekali melahirkan kucing saya bisa melahirkan 4ekor anak kucing, dalam satu tahun kucing saya bisa melahirkan sampai 3x, maka :
1kucing betina = 4ekor kucing/melahirkan X 3 dalam satu tahun  = 12ekor anak kucing/tahun dari satu kucing
Karena saya punya 7 kucing betina maka,
7kucing= (4x7=28ekor kucing/melahirkan) X 3 dalam satu tahun   = 84ekor kucing/tahun dari 7kucing
Dan hitungan itu belum di tambah dengan anakan kucing yang memasuki usia produktif untuk bereproduksi, karena biasa nya kucing di usia 6bulan keatas mulai memasuki masa birahi dan tentunya akan mengalami hal yang sama juga seperti induknya.
“Wawww sepertinya rumah saya akan full dengan kucing iya, kalau saya ga steril mereka, dan ga kebayang gimana saya kasih makan mereka, hehe 
Dan itulah salah satu alas an saya steril kucing-kucing saya, bukan tidak kasihan karena mereka tidak bisa lagi mempunyai keturunan, tapi saya akan lebih kasihan jika kucing-kucing saya dibiarkan terus melahirkan hingga akhirnya terkena pyometra dan ujung-ujungnya harus disteril juga.

Kapan waktu yang tepat untuk steril kucing ?
kucing dapat disteril saat si kucing memasukin usia remaja, atau untuk betina  dengan berat badan minimal 1.7kg, dan untuk jantan testis teraba atau sekitar usia 6bulan itu sudah masuk kategori boleh di steril.

“Kan ada KB biar kucing ga melahirkan terus”
KB pada kucing bukanlah solusi yang baik untuk mencegah over populasi, KB jangka Panjang untuk kucing justru membahayakan sikucing yang pada akhir nya akan di steril juga karena terjadi penebalan dinding uterus dan menaikan resiko timbulnya pyometra. Jadi dari pada sikucing menderita karena KB akan lebih baik jika di steril saja.

“Kan ada pasar, kalua over populasi tinggal buang kesana aja”
STOP !!! jangan buang kucing kepasar, membuang kucing itu bukan solusi untuk mencegah over populasi, memang di pasar banyak makanan tapi tidak menjadi jaminan hidup si kucing bisa makan dengan mudah, karena di pasar juga tidak semuanya bisa menerima kehadiran kucing disekitarnya. Balik lagi steril adalah solusi paling tepat.



Steril atau tidak steril adalah pilihan kalian sebagai owner mereka, karena kucing tidak bisa meminta kalian untuk mensteril ataupun menolaknya ketika akan di steril, maka pilihan terbaik tentulah ada pada diri kalian sendiri selaku owner/pemilik kucing kalian.



Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.