Andre, Dulu Artis Sekarang Jadi Penulis



Ditulis oleh : Wulan Annisa

Berlaga di depan kamera sebagai artis, aktor, atau bahkan hanya sebagai seorang figuran mungkin adalah sesuatu yang diidamkan banyak orang. Tapi bagaimana dengan menjadi penulis skenario? Tak sedikit juga yang memimpikan bisa sampai di posisi itu. Lalu, apa jadinya ketika seorang yang sudah menjajal dunia akting dan membintangi beberapa judul sinetron ikut menulis skenario juga?
Menurut sutradara Guntoro Sulung, kemampuan berakting yang ditunjang dengan kemampuan menulis dan men-direct sebuah film, akan menjadi kekuatan yang luar biasa untuk seseorang yang ingin menggeluti, entah itu dunia kepenulisan skenario atau penyutradaraan. Setidaknya, 2 dari 3 bidang itu pernah digeluti oleh Andre, sahabat baru JPI asal Bekasi.

Semua berawal dari menulis

Andre bisa bermain sinetron pun, diakui olehnya, berawal dari kegemarannya menulis. Saat itu, Andre senang menulis cerita pendek. “Dari awal itu suka nulis ya, terutama komedi dan saya dapat tawaran main sinetron juga awalnya dari nulis cerpen komedi, puisi komedi, dan nulis film pendek yang kebetulan waktu itu saya juga yang meranin,” terang lelaki kelahiran Sumedang itu.
Sebelum tergabung dalam tim kepenulisan skenario kejar tayang, Andre terlebih dulu bermain di sineron Go BMX yang tayang di Mnctv 2016 lalu. Di Go BMX, Andre mendapatkan peran yang cukup penting, yaitu sebagai Adol, teman satu geng Udin BMX. “Gue di situ sebagai teman Udin Bmx, pemeran utama. Dan gue dapat track komedi. Jadi, yang lucu-lucuan aja,” aku Andre yang mengidolakan Pidi Baiq dan novel-novel besutannya. Tidak hanya sekedar bermain, menurutnya, di sinetron itu juga Andre sering memberi masukan dan ide cerita kepada sutradara dan dari situ, Andre jadi mulai berpikir untuk bisa menulis skenario.

Setelah bermain di Go BMX yang tayang 100 episode lebih, Andre kemudian bermain lagi di sinetron Rahasia Suara Hati, masih di Mnctv. Sebelumnya juga Andre pernah bermain di FTV Love Is Simple di Trans Tv.
Menurut Andre, jadi artis juga banyak tidak enaknya. “Di Go Bmx, gue seharian dijemur di jalan, jadi dekil, item, kurus. Belum lagi kalau sutradara udah ngomel-ngomel. Terus, tiap hari makannya nasi box, hahaha!” Kenang Andre sambil bergurau. 

Mulai menulis skenario Stripping

Memiliki paras ganteng dan pintar berakting, belum menjadi jaminan karir keartisannya akan lancar-lancar saja. Diakui sendiri oleh Andre bahwa dunia artis sangat keras dan iklim kompetisinya sangat terasa.
“Jadi artis sih enak, nggak kaya penulis yang kerjanya mikir. Ada beberapa pertimbangan juga kenapa gue nggak meneruskan karir sebagai artis. Salah satunya adalah karena dunia artis itu keras, saling sikut. Mungkin banyak yang lebih tampan, lebih bertalenta. Gue kemudian jadi melirik ke dunia kepenulisan skenario karena ladang di sana kayanya lebih subur,” cerita Andre.
Andre mengawali karirnya di kepenulisan skenario dengan ikut menulis sinetron drama komedi Pura-Pura Haji yang tayang 2017 lalu di RCTI, lalu setelah itu Andre juga ikut menulis skenario drama musikal Dendang Cinta Wulan di Mnctv. Salah satu timnya ketika menulis Dendang Cinta Wulan adalah sahabat JPI juga, yaitu Syakky.

Sehabis menulis Dendang Cinta Wulan, Andre sempat terlibat menulis skenario untuk sinetron drama komedi Dunia Terbalik yang cukup fenomenal dan masih tayang sampai hari ini di RCTI. Di saat yang sama, Andre ikut juga menulis untuk drama komedi Apache di RCTI. Ada cerita menarik ketika Andre terlibat dalam kepenulisan Apache. Di saat yang sama, dia juga harus menulis untuk Dunia Terbalik.
Dalam sehari Andre harus menulis 2 episode untuk 2 program yang berbeda. 1 episode untuk Apache, 1 episode untuk Dunia Terbalik. “Nulis marathon, sehari 2 episode dengan judul yang berbeda yaitu Pura-Pura Haji sama Dunia Terbalik. Waktu itu, saking sibuknya, sampe kurang tidur,” kenang Andre yang mengidolakan Joko Anwar sebagai sutradara favoritnya.
Bersama sang istri dan satu anaknya yang cantik bernama Nabilah Aysha Rafanda, Andre menetap di Pondok Gede, Bekasi. Kini, Andre sedang mempersiapkan satu judul webseries drama komedi yang masih dirahasiakan akan tayang di mana.
Saat ditanya, bagaimana kalau dalam satu waktu datang dua tawaran sekaligus untuk menulis skenario dan main sinetron lagi, lebih pilih mana? Dengan nada bercanda Andre menjawab, “Kalau nulisnya masih berstatus Co-writer sih, mending gue main sinetron lagi. hahaha! Kecuali, gue jadi headwriternya.”  (Wulan)



Biodata:

Nama Lengkap: Andrian
Tempat, tanggal lahir: Sumedang, 30 April 1990

Pendidikan:
SDN 1 Glenmore
SMPN 1 Jatinangor
Madrasah Aliyah Miftahul Ulum, Malang

Karir
Bisnis Design interior lighting
Go BMX
Rahasia Suara Hati
Love is Simple

Karya
Pura-Pura Haji, RCTI
Dunia Terbalik, RCTI
Dendang Cinta Wulan, Mnctv
Apache, RCTI
Film Pendek “Da Aku Mah Apa Atuh”

Akun medsos:
Twitter: @andrierk
Instagram: Andrierk
             


Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.