Nely Rahmawati, gadis asal Jambi yang ingin jadi Sutradara



Berawal Dari Iseng-iseng

Nely Rahmawati adalah gadis kelahiran 25 Agustus 1993 dari kota Jambi. Minatnya pada dunia tulis-menulis ternyata berawal dari keisengan semata. Saat di bangku SMA, Nely iseng menulis cerita mengenai aktivitas teman-temannya, dan coba-coba mengirimnya ke koran setempat. Siapa sangka, tulisannya tersebut beberapa kali berhasil lolos dan dimuat dalam rubrik remaja. Sejak itulah ia bertekad menjadi seorang jurnalis. "Ternyata seru juga karya kita nongol di media." ungkapnya.


Banyak Terlibat Dengan Wadah Kepenulisan

Demi mengejar cita-citanya, anak kedua dari tiga bersaudara ini memilih untuk berhijrah ke Jakarta, dan mengambil kuliah jurusan Komunikasi Jurnalistik di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Tak cukup dengan pelajaran formal di dalam kelas, Nely pun ikut terlibat aktif di buletin kampus dan TV kampus. Selain itu ia juga mengikuti kegiatan ekstrakurikuler fotografi.

Penggemar tulisan Tere Liye dan Buya Hamka ini ternyata merupakan mahasiswa berprestasi di kampusnya. Tak heran, ia sempat mendapatkan beasiswa prestasi dari Pemda Jambi untuk menyelesaikan studinya tersebut. Dan benar saja, ia berhasil lulus dengan IPK 3,75.

Di sela-sela kesibukannya sebagai mahasiswa, penyuka warna hitam dan abu-abu ini pun sempat magang di beberapa wadah kepenulisan, baik media cetak maupun online. Antara lain: Majalah Swarna Cinta  Dompet Dhuafa, Rakyat Merdeka Online, dan juga TangSel Pos. Tentu saja semua kegiatan yang ditekuninya tidaklah sia-sia. Kemampuan dan bakatnya dalam menulis pun semakin terasah.


Sempat Melupakan Dunia Kepenulisan
Setelah lulus kuliah, gadis berzodiak virgo ini bergabung dengan salah satu departemen penelitian di kampusnya. Di sana ia bertugas sebagai pengelola sosial media, termasuk mengisi kontennya. Tak lama, ia resign dan bergabung dengan tim media di salah satu sekolah swasta. Berbekal ilmu fotografi semasa mengikuti ekstrakurikuler di kampus, dalam tim ini, Nely lebih fokus dalam memproduksi foto dan video. Namun demikian, ia masih menyempatkan mengambil freelance menulis di media berita online jkt.life.

Tanpa diduga, gadis yang masih berstatus single ini justru malah semakin tertarik dengan dunia fotografi. Resign dari tim media di sekolah swasta sebelumnya, ia memilih fokus menjalani freelance foto dan video wedding.

Awal tahun 2018, Nely bergabung dalam sebuah perusahaan besar bernama Paragon, sebagai tim sales development. Namun berkat keterampilannya, akhirnya ia berhasil masuk dalam tim production house, sebagai assistant production.
"Panjang ya kisahnya, menclok-menclok mulu kerjaan Nely teh." papar penggemar tempoyak itu sambil tertawa.


Tak Bisa Lepas Dari Fotografi Dan Menulis

Pekerjaan yang sekarang ditekuninya, membawa penyuka buku-buku sejarah ini melihat pengalaman baru lagi, yakni proses shooting. Selain itu, keterlibatannya dalam tim corporate branding, mengharuskan Nely menjadi content maker. Di sinilah kepiawaiannya dalam menulis kembali ditantang, dan ia pun mulai menulis lagi.

Menurutnya, antara menulis dan fotografi ada keterikatan yang sangat sulit dipisahkan.
"Dua hal itu seperti satu tubuh. Keduanya punya peran dan arti berbeda, tapi ngga bisa dipisah. Lewat foto atau video Nely bisa suguhkan gambar penuh arti, dan lewat tulisan Nely bisa ajak orang-orang untuk merangkai imajinasi." papar pemilik senyum manis itu dengan antusias.

Seolah menemukan semangatnya kembali, Nely bergabung dengan grup Jaringan Penulis Indonesia. Untuk urusan non fiksi, sudah pernah menjadi makanan sehari-harinya semasa magang dulu. Tapi kali ini ia ingin menjajal tulisan fiksi. Ia berniat untuk menuliskan sebuah novel yang ceritanya sudah lama terpendam.

Saat ditanya mengenai cita-cita dan harapannya setelah mengenyam sedemikian rupa pengalaman kerja di bidang kepenulisan, begini jawabnya:
“One day mau jadi sutradara dan penulis skenario film. Nely berharap, dengan bergelut di bidang kepenulisan ini bisa menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal-hal positif, dan berkarya dengan cara-cara yang positif."

Luar biasa, Nely, sukses terus ya! (M)




Data Pribadi

Nama lengkap : Nely Rahmawati
TTL : Jambi, 25 Agustus 1993
Hobi : Fotografi
Status : Alone
Pekerjaan : Assistant Production - PH Paragon Technology and Innovation

Riwayat pendidikan
SDN 60 Kota Jambi
SMP 12 Kota Jambi
SMA 09 Kota Jambi
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta - Fakultas Komunikasi Jurusan Jurnalistik

Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.