Elva, Berawal Dari Menulis Sampai Menjadi Blogger

Elva, Berawal Dari Menulis Sampai Menjadi Blogger
Oleh: Yuyun Wahyuningrum

Bila anda mengunjungi sebuah blog yang bernama www.elvanasira.com, disitu anda akan menemui sesosok foto profil seorang perempuan berkerudung berwajah keibuan yang penuh dengan segudang prestasi. Perempuan berkerudung tersebut bernama Elva Susanti yang juga mempunyai nama pena Elva Nasira. Nama Elva Nasira sendiri awal mulanya diciptakan untuk nama blog-nya yang kemudian dijadikan sebagai nama pena resmi dari Elva Susanti.

Terjun Dalam Dunia Kepenulisan

Dibalik kisah suksesnya sebagai seorang blogger, perempuan yang menyukai anak-anak ini memulai karir menulis lewat penggabungannya dengan grup belajar menulis di facebook. Dalam grup inilah yang membuatnya bersemangat untuk menulis karena adanya kewajiban dari anggota untuk menyetor tulisan baik itu berupa cerita pendek atau puisi.

Perempuan yang dulunya awam dengan istilah-istilah tentang kepenulisan berubah menjadi seorang yang senang membaca guna mempelajari dan memahami hal-hal baru. Kegemarannya akan tantangan  membuatnya belajar tentang teknik-teknik kepenulisan serta belajar bagaimana menuangkan ide dengan cepat dalam bentuk tulisan. Mengikuti berbagai macam lomba menulis adalah salah satu cara untuk mengasah kemampuan menulisnya. Tak hanya mengikuti lomba menulis cerpen, bahkan lomba menulis puisi pun mulai dijamahnya.

Proses belajar dan mengasah kemampuan lewat mengikuti lomba-lomba menulis akhirnya membuahkan hasil. Meski belum menjadi juara utama, dengan mengikuti lomba membuatnya memiliki buku antologi yang pertama, kemudian  disusul dengan buku-buku antologi yang lain. Tulisan-tulisannya pun sering kali terpilih pada kategori untuk dibukukan dalam bentuk buku antologi. Dalam dunia menulis puisi, perempuan yang gemar makan gulai ikan kerong spesial masakan emak ini mampu menjadi juara pertama dalam lomba puisi.

Menulis Di Blog Dan Menjadi Blogger

Setelah malang melintang mengikuti berbagai macam lomba menulis, perempuan lulusan SMA Pallawa Bengkulu ini ingin menulis lebih banyak tentang tips-tips yang menarik. Inilah yang membuatnya melirik dunia blog dan memulai membuat blog sendiri. Dalam blog ini dituangkannya berbagai macam tulisan tentang beragam hal, mulai dari menulis tentang cerita pendek, cerita bersambung, kesehatan, kuliner, gaya hidup, tempat-tempat menarik di Bengkulu bahkan tentang penulisan skenario pun ditulisnya.

Mendapatkan dukungan penuh dari keluarga membuat perempuan cantik lulusan dari STAIN Kerinci Jambi ini mulai terjun mengikuti berbagai macam lomba blog. Hasil yang didapatkan adalah adanya undangan untuk mengikuti acara-acara dari berbagai macam komunitas blogger bahkan sampai diundang mengikuti acara yang diadakan oleh intansi pemerintahan.

Buah yang kembali bisa dipetik dari menulis di blog ini tak kalah menariknya dengan mengikuti lomba menulis. Berbagai macam prestasi diraihnya, mulai dari menjadi juara ketiga dalam lomba menulis blog ayam dan telur pada tahun 2017 sampai yang baru-baru ini menjadi pemenang dalam lomba Blog Shopback Review Film LIMA pada 22 juni 2018. 

Hasil menarik lain dari ketekunannya menulis di blog adalah mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Ini diperolehnya setelah mendapatkan undangan mengikuti acara dari berbagai macam brand yang menawarkan untuk menuliskan produk-produk mereka di blog.
 
Arti Menulis Di Blog Dan Tips-Tips Menarik Untuk Memulai Menulis Di Blog

Menulis di blog mempunyai arti yang tersendiri bagi perempuan yang suka menulis ini,  baginya menulis di blog adalah cara untuk mengembangkan potensi-potensi dalam mengolah kata-kata menjadi bentuk tulisan yang menarik, menambah berbagai macam pengetahuan baru dan menulis adalah semacam ladang amal dimana  tulisan menjadi berguna bagi yang membacanya.

Seperti yang diceritakan pada penulis, tips-tips untuk mereka yang ingin nge-blog adalah bahwa menulis diblog haruslah dimulai dari niat lalu kemudian menanyakan untuk apa menulis di blog. Jika itu sudah ketemu lalu mulailah menulis hal-hal yang akan menebar berbagai manfaat bagi orang lain. Berbagilah lewat tulisan hal apa yang anda ketahui kepada banyak orang. Janganlah menulis di blog dimulai dari pikiran ingin mendapatkan penghasilan karena hal ini dapat membuat semangat seseorang menjadi kendor ketika hasil dari blognya belum mendapatkan hasil. Mulailah dari semangat ingin berbagi yang jika ditekuni dengan sepenuh hati akan berbuah manis.
Itulah sedikit cerita dari seorang perempuan cantik asal Bengkulu ini dalam dunia tulis menulis dan dalam dunia Blogger. 

Kesimpulan yang menarik untuk diulas adalah betapa keringat yang telah diupayakan dengan sepenuh hati dan sekuat tenaga tidak akan pernah sia-sia. Setiap orang yang berjuang akan memperoleh hasil dari yang diperjuangkannya asalnya mau belajar dan memahami tentang yang diperjuangkannya. Semoga tulisan bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Profil

Nama: Elva Susanti. E
Nama Pena: Elva Nasira
Tanggal Lahir: 16 Januari 1988

Riwayat pendidikan

TK Dharma Bakti Bengkulu
SDN 75 Bengkulu
SMPN 19 Bengkulu
SMA Pallawa Bengkulu
STAIN Kerinci Jambi

Karya Yang Sudah Diterbitkan

1. Buku Antilogi Dongeng Anak Surabaya Berdongeng
2. Buku Antologi Dongeng Anak oleh Ellunar

Prestasi-Prestasi

1. Juara Harapan II dalam lomba menulis cerpen dongeng anak "Surabaya
2. Berdongeng" tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Komunitas KPKers.
3. Juara Pertama Kategori Menulis Puisi dalam lomba menulis puisi dan cerpen pada tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Grup Galaxy Cyber Family.
4. Juara 3 dalam lomba menulis blog ayam dan telur pada 15 oktober 2017.
Juara Favorit lomba vblog TM Agung Podomoro pada 17 desember 2017.
5. Juara 3 lomba ucapan milad blogger muslimah.
6. Pemenang lomba blog RBSHop Indonesia pada 16 maret 2018.
7. Pemenang lomba blog sobatku pada 31 mei 2018
8. Pemenang lomba blog Shopback review film LIMA pada 20 juni 2018.
Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.