Endorsement Jurus Jitu Penulis Pemula


     
      Endorsement merupakan komentar singkat dari penulis terkenal, influencer, selebgram, atau public figur yang tujuannya untuk meyakinkan pembaca agar mau membeli buku tersebut. Endorsement itu seperti testimoni dari orang-orang yang telah membaca isi buku yang akan segera diterbitkan. Biasanya endorsement itu terletak pada bagian belakang sampul buku. Namun, ada juga yang sengaja meletakkannya di sampul depan agar lebih sensasional dan menjual. Ada juga yang meletakkan endorsement di dalam buku.

      Endorsement sebagai jembatan buat penulis pemula dalam memasarkan bukunya. Endorsement dapat memberikan semangat. Testimoni yang diberikan oleh para tokoh terkenal dapat memperkuat buku sehingga menjadi daya tarik pembeli.

     Hadirnya tokoh-tokoh yang memberikan komentar terhadap tulisan akan mendongkrak promosi dari buku yang dibuat. Sebagai contoh, novel Raditya Dika yang berjudul Kambing Jantan merangkul banyak public figur. Adanya endorsement membuat pembaca tertarik untuk memiliki buku yang dibuat oleh penulis sehingga meningkatkan penjualan. Tidak menutup kemungkinan, buku yang dipasarkan menggunakan endorsement menjadi best seller. Novel Pulang yang ditulis oleh Tere Liye, merupakan novel best seller. Di belakang buku terdapat empat endorsement yang terdiri dari masyarakat umum yaitu, ibu rumah tangga, dosen, siswi SMA, dan buruh migran Indonesia.

      Berikut komentar dari endorsement di novel Pulang:

      “Selalu ada hal baru yang bisa direnungi dan dipahami dari novel-novel Tere Liye.” Pulin Sri Lestari, ibu rumah tangga,

      “Saat ini kita cenderung tidak lagi peduli pada banyak hal, namun novel-novel Tere Liye membantu kita untuk melihat lebih dalam dan peduli.” Tiara, Dosen.

      “Kayak buku pelajaran, tapi seru. Mamah kamu nggak akan ngambek kalau kamu baca novel-novel Tere Liye.” Khoerun Nisa, siswi SMA.

       “Membaca novel-novel Tere Liye seperti pulang ke rumah. Berapa jauh pun kaki melangkah, selalu ingin kembali.” Evi, buruh migran Indonesia.

      Penulis tidak hanya pandai merangkai kata, melaikan harus ikut ambil posisi sebagai pemasar. Penerbit membantu penulis dalam menerbitkan buku, tetapi laris tidaknya juga dipengaruhi oleh tindakan. Nah, buat sobat JPI, teman-teman influencer, selebgram, dan public figur jangan kaget bila ditodong endorsement dari penulis ya! Biasanya penulis akan memberikan reward buku terbit kepada endorsement yang telah memberikan testimoni.***

Image By: Puput Yuhara




Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.