Sempat Vakum 2 Tahun Fadelia Kurnia Putri Kembali Aktif Dunia Literasi

 Penulis : Imas Pupu

 


Awal Mula Jatuh Cinta Dengan Literasi

Fadelia Kurnia Putri, gadis asal Banyumas yang lahir pada tanggal 4 Maret 2003 ini sangat menyukai dunia literasi. Kecintaannya pada menulis dimulai sejak SMP. Di bangku sekolah menengah pertama tersebut, Fadel sangat hobi membaca novel. Dari hobinya ini, gadis tersebut memutuskan untuk mengikuti lomba menulis untuk pertama kalinya.

“Kayak seneng ya nulis itu. Bisa mencurahkan apa yang ada dipikiran dalam bentuk tulisan,” ujarnya ketika ditanya oleh sahabat JPI.

Fadel terus mengasah kemampuannya, hingga waktu masuk SMA dia mulai aktif menulis di dunia orange. Bahkan, ceritanya yang berjudul “Rain Amaya” sudah mendapatkan 4.000 viewers. Setiap ada jam kosong atau istirahat, Fadel selalu menyempatkan waktu untuk melanjutkan ceritanya di dunia orange. Kadang, gadis ini juga menuliskan cerita-ceritanya di buku.

“Saat itu, Fadel seneng karena teman-teman pada baca cerita buatanku. Seneng juga kalau udah dapat komentar dari mereka. Fadel juga seneng saat mereka nangis karena baca ceritanya. Kayak ngerasa bangga banget karena berhasil membawa pembaca hanyut ke dalam cerita yang Fadel buat,” jelasnya.

Dari sinilah Fadel mulai dikenal di lingkungan sekolahnya. Gadis ini juga menuturkan bahwa sering diminta maju ke depan oleh guru bahasa Indonesia untuk membaca puisi. Bukan tanpa alasan, guru bahasa Indonesia sangat menyukai intonasi dan penjiwaan yang Fadel lakukan ketika sedang membaca puisi.

Berkali-kali Fadel menuturkan bahwa dia bangga pada saat itu. Meskipun hanya dikenal di lingkup sekolah saja, tapi banyak dukungan yang dia dapatkan. Berbagai apresiasi dan dukungan itu membuat Fadel bergabung dengan suatu komunitas dan bisa keluar sebagai pemenang cipta puisi.

Memutuskan Vakum Dari Dunia Literasi

Meskipun mendapat banyak dukungan dan apresiasi di lingkungan sekolah, tetapi ternyata berbeda di lingkungan keluarga. Orangtua Fadel tidak mendukungnya untuk terjun di dunia literasi.

“Kayaknya karena aku jadi lupa waktu kalau sedang nulis,” tuturnya.

Sampai saat ini, Fadel tidak tau jelas mengapa orangtuanya tidak mendukung hobinya. Karena tidak mendapat dukungan dari orang terdekat, Fadel memutuskan untuk vakum dari dunia literasi.

Sebelumnya, Fadel sempat membuat sebuah komintas bernama FOPIN (Forum Penulis Indonesia). Alasan pembuatan komunitas ini tak lain adalah untuk menambah teman baru yang sama-sama masih belajar di dunia literasi.



“Sebenarnya, pembuatan komunitas ini hasil dari sifat ambisku. Waktu itu pengen banget punya komunitas dan bikin grup penulis. Ada yang udah ngasih peringatan bahwa nggak mudah bikin komunitas. Tapi karena saat itu aku nekat, sampai nggak dengerin peringatan orang. Sampai akhirnya, aku merasakan sendiri bahwa memang nggak mudah membuat komunitas. Harus bisa pinter bagi waktunya, punya wawasan yang lebih luas, dan bisa buat jadwal yang baik. Dari situ aku kewalahan ngurus komunitas. Terlebih hal ini juga membuatku kena marah ibu,” jelas Fadel.

Fadel dengan berat hati harus membubarkan komunitasnya dan memutuskan vakum menulis.

Aktivitas Saat Ini dan Keinginan Untuk Kembali Menulis

Setelah vakum selama kurang lebih 2 tahun, aktivitas yang dilakukan Fadel adalah membuat usaha bucket bunga bernama “FlaFlorist” dan bekerja sebagai perias. Namun meskipun begitu, Fadel masih menyempatkan untuk menulis.

“Nulis masih jadi hobi aku, karena suka nulis diari. Hampir setiap hari, kalau senang, atau sedih selalu ngeluangin waktu untuk menulis,” tutunya.

Keinginannya untuk kembali menekuni hobinya terus membesar. Hingga saat ini, Fadel ingin memperdalam ilmu mengenai sinopsis FTV. Keinginannya ini berasal karena dia bergabung dalam grup JPI. Di mana, pada saat awal masuk grup tersebut, Fadel sedang dalam masa vakum.

“Fadel ngerasa JPI itu beda dan karena suka berbagai hal baru, Fadel ingin memperdalam pembuatan sinopsis. Dulu belum sempat memperdalam sih, karena kebetulan pas ikut masuk ke grup, pas dalam masa vakum,” jelasnya ketika ditanya alasan kenapa kembali ke dunia literasi.

Berbagai apresiasi, dukungan dan juga larangan menjadikan gadis ini tumbuh dengan kuat. Meski sudah memiliki kesibukan lain, tapi tetap meluangkan waktu untuk menulis. Fadel ingin bisa menerbitkan buku dan mencetaknya. Membuat sinopsis FTV sampai akhirnya bisa tayang. Semoga keinginannya bisa terwujud, semangat Fadel! (IP)

 

 

FIRDA SHIEWA
FIRDA SHIEWA Gadis sederhana yang menyukai dunia literasi dan dunia musik, yang gak doyan selfie.

Posting Komentar untuk "Sempat Vakum 2 Tahun Fadelia Kurnia Putri Kembali Aktif Dunia Literasi"

www.jaringanpenulis.com