Gurih! Keripik Kelor dan Bon Teri Buatan Anak SMKN 3 Kota Bima


Penulis: Mutiara Indah Kamuning

Kreasi penganan buatan pelajar SMKN 3 Kota Bima rasanya perlu dicoba. Keripik kelor dan bon teri
yang dapat memanjakan lidah ini sudah mulai dipasarkan sejak pertama kali produksi Maret 2020 lalu.

Ide pembuatan keripik kelor berawal dari keinginan Kepala Sekolah SMKN 3 Bima untuk memanfaatkan tanaman kelor yang berlimpah. Sedangkan ide untuk membuat bon teri berasal dari salah satu guru boga. Guru Boga di SMKN 3 ingin membuat inovasi baru dalam pengolahan ikan teri kering yang selama ini hanya dibuat menjadi sambal goreng teri saja.

Tak hanya sekedar penganan, ternyata keripik kelor memiliki banyak manfaat. Kandungan anti oksidan dan senyawa anti inflamsi dalam daun kelor membuat sehat penikmatnya. Produk buatan
SMKN 3 Kota Bima juga aman dikonsumsi karena diolah tanpa bahan pengawet.

Setali mata uang, bon teri pun punya keunggulan. Produk bon teri siap saji yang juga tanpa bahan pengawet mengandung kalsium yang tinggi.  

Bon Teri buatan siswa SMKN 3 Kota Bima

Proses pengolahan keripik kelor dan bon teri memakan waktu 2 jam. Kripik Kelor dibuat dengan bahan daun kelor, tepung tapioka, tepung terigu, telur, mentega, gula, wijen, bawang merah, bawang putih, penyedap rasa, dan minyak kelapa.

Sementara itu bon teri dibuat dengan bahan ikan teri, bawang merah, Bawang putih, penyedap rasa, gula, merica, cabe, dan minyak kelapa. Bahan-bahan tersebut didapat dari apa yang tersedia di alam Kota Bima.  

 Keripik kelor dijual Rp5.000 per bungkusnya dan bon teri dijual Rp10.000 per botolnya. Keripik kelor dan bon teri mulai dipasarkan di media sosial Facebook, whatshapp, dan media sosial siswa. Penjualan masih sebatas lingkungan tempat tnggal dan sekolah. Pihak sekolah belum mencoba berjualan melalui aplikasi penjualan online.

 Meskipun sudah siap produksi, namun peralatan memasak yang dimiliki SMKN 3 Kota Bima masih sangat sederhana. Alat tiris minyak dianggap masih terlalu kecil sehingga keripik kelor dan bon teri belum bisa diproduksi dalam jumlah banyak. Selain itu, proses pengemasan produk juga diakui masih belum maksimal. Saat ini para guru dan siswa SMKN 3 Kota Bima tengah berupaya mengembangkan produk agar bisa lebih lama disimpan.

  Kepada para siswa SMK, Kepala Sekolah SMKN 3 Kota Bima berpesan agar para siswa terus berbenah untuk meningkatkan kompetensi dan selalu berinovasi, sehingga siap terjun ke dunia industri.

Tertarik mencicipi nikmatnya keripik kelor dan bon teri khas Bima? Silakan kunjungi media sosial SMKN3 Kota Bima:

· Instagram: @sakolakarawi
· YouTube : SMKN 3 Kota Bima Sakola karawi
· Facebook :Smkntiga Kotabima
· Email : smkn3kotabima@yahoo.co.id
· Web: http://www.smkn3kob.sch.id


Posting Komentar untuk "Gurih! Keripik Kelor dan Bon Teri Buatan Anak SMKN 3 Kota Bima"

www.jaringanpenulis.com