IKLAN

Roisatul Mahmudah, Kembali Menyelami Dunia Aksara Setelah Rehat Lima Tahun

 


Penulis: Umy Nasrukhah 


Roisatul Mahmudah, perempuan kelahiran Blitar 30 tahun lalu ini sudah menyukai dunia kepenulisan sejak duduk di bangku sekolah dasar. Berawal dari pujian guru SD yang mengatakan bahwa tulisannya paling baik dibandingkan siswa lain, membuat ibu dua anak ini semakin gencar menyelami dunia aksara sampai sekarang.

Perempuan yang kerap disapa Rois ini pernah mengirim tulisan ke beberapa majalah, tetapi tak kunjung ada kabar. Kendati demikian, semangatnya tak surut sedikit pun dan terus menulis hingga lulus kuliah. Namun, semenjak berumah tangga, semangat Rois dalam menulis sempat memudar.

Setelah lima tahun rehat dari dunia aksara, semangat ibu dua anak ini kembali berkobar karena ingin menulis kisahnya sebagai seorang guru TK. Lebih tepatnya, keluh kesah guru TK yang memiliki segudang pekerjaan, tetapi mendapatkan gaji tak seberapa.

Saat ini, Rois mulai aktif menulis di platform Novelme dan lebih suka menulis cerita bergenre romance. Selain itu, Rois juga pernah menjadi finalis dalam Lomba Menulis Cerkak Bahasa Jawa “Ceritane Cah Nom” yang diadakan oleh Cahnom.id. Cerkak (cerita cekak) pertamanya yang berjudul “Tresnoku sing Kependem” dimuat dalam buku antologi Asmaradana.

Ketika wawancara via WhatsApp pada Minggu sore (25/10/2020), Rois mengungkapkan bahwa dirinya sangat bahagia saat pertama kali mendapatkan honor dari menulis. Mengingat selama ini, orang-orang selalu memandangnya sebelah mata.

“Awalnya, aku merasa bahwa hobiku ini hanya sekadar hobi, tetapi ternyata hobiku juga bisa menghasilkan. Bahagia sekali saat pertama kali aku mendapatkan honor dari menulis di Novelme. Rasanya sangat terharu. Mengingat selama ini orang-orang memandangku sebelah mata karena suka bermain handphone di mana pun dan kapan pun, tetapi mereka tidak tahu bahwa sebenarnya aku sedang menulis dan ingin menghasilkan karya, meskipun di rumah harus mengurus dua anak,” tuturnya.

Tak puas sampai di situ, Rois semakin ingin melebarkan sayap di dunia kepenulisan dan mencoba hal-hal baru, seperti menulis skenario FTV. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk bergabung dengan Jaringan Penulis Indonesia (JPI) dan berharap bisa mendapatkan lebih banyak ilmu mengenai penulisan skenario FTV. (UN)

Profil

Nama Lengkap: Roisatul Mahmudah

Nama Pena: Ninut Kece 

TTL: Blitar, 5 Juli 1990

Agama: Islam

Alamat: Dusun Sumber Nanas, Desa Ponggok, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar

Hobi: Menulis dan Membaca


Pendidikan

MI Mitash Kebonduren

SMPN 1 Ponggok

SMAN 1 Srengat

S1 Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Blitar


Akun Media Sosial

Instagram: @mahmudah_roisatul

Facebook: Roisatul Mahmudah

Posting Komentar

0 Komentar