Resep Bobor Daun Adas Khas Boyolali

Resep Bobor Daun Adas Khas Boyolali


Adas merupakan tanaman obat yang masih tumbuh di lereng gunung Merapi dan gunung Merbabu. Warga yang tinggal di daerah ini, umumnya tak hanya menggunakan adas sebagai tanaman obat saja. Tetapi, mereka juga memanfaatkan daunnya untuk mereka konsumsi untuk menu makanan sehari-hari.
Biasanya makanan ini sangat dirindukan oleh warga Boyolali yang merantau di luar kota, karena daun ini hanya bisa didapatkan di pasar sekitar Solo raya saja.
Ada banyak sekali masakan yang bisa diolah dari daun yang berbentuk seperti daun Cemara ini. Umumnya daun Adas bisa digunakan untuk masakan bobor, tumis, gudangan dan juga dibuat keripik.

Nah, kali ini kita akan memberikan resep bobor yang berbahan dari daun Adas. Berikut adalah bahan dan langkah pembuatannya.

Bahan dan cara memasak :
1 ikat daun Adas, siangi dan rebus
2 buah labu siam, iris tipis-tipis
200 ml santan
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas
1liter air

Bahan halus :
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
1 bungkus tempe busuk yang bungkusnya daun (kalau tidak suka bisa diskip)
Penyedap secukupnya sesuai selera
Garam secukupnya

Cara memasak :

1. Masukkan air, daun salam dan lengkuas kemudian didihkan.

2. Setelah mendidih masukkan irisan Labu Siam dan daun Adas yang sudah direbus. Masukkan pula bumbu halus. Masak dengan api kecil.

3. Masukkan santan, apabila Labu Siam dan daun Adas sudah mulai empuk. Didihkan dengan api kecil agar santan tidak pecah.

4. Bobor daun adas siap dihidangkan.

Selamat mencoba


Asih Rehey
Asih Rehey Nama saya adalah Sriasih atau sering memakai nama pena Asih Rehey. Saya adalah seorang staf tata usaha di sebuah madrasah yang tertarik di dunia literasi. Di tengah kesibukan saya dengan dunia perkantoran, saya sering mencurahkan ide-ide yang ada dalam pikiran saya untuk menjadi sebuah karya tulis. Saya berharap tulisan saya bisa dinikmati oleh penikmat dunia literasi pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Untuk mengenal lebih jauh follow akun media sosial saya : Instagram : @asihrehey Facebook : Asih Rehey Assama Art Email : ashychrehe@gmail.com

Posting Komentar untuk "Resep Bobor Daun Adas Khas Boyolali"

www.jaringanpenulis.com




Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
SimpleWordPress