Arangga Aria Wibisana, “Anak Band yang Hobby Menulis”




Awalnya Suka Nulis Lagu
Arangga Aria Wibisana, pria yang akrab disapa Arangga ini sudah menyukai dunia menulis sejak SMP. Awalnya ia suka menulis lagu. Lalu berlanjut menulis puisi, cerpen dan skenario untuk drama di sekolahnya.
Tulisan-tulisannya itu pun sering dibaca oleh teman-temannya di sekolah. Bahkan, ada temannya yang kadang meminta ia menulis lagu untuk ujian praktek. Ada juga temannya yang meminta ia untuk menulis puisi buat cewek yang disukai temannya itu.
“Ada orang yang minta dibikinin lagu untuk ujian praktek, aku bikinin. Ada yang minta dibikin puisi buat cewek yang dia suka, aku bikinin.” ceritanya.
Selain itu, pria berzodiak Aquarius ini pernah mengikuti lomba menulis cerpen di sekolahnya. Cerpen yang ia beri judul “Secret” berhasil meraih juara 3 dalam lomba itu.

Menyanyikan Lagu Yang Ditulis Sendiri
Bagi Arangga, menulis itu adalah hobi. Sedangkan perkejaannya adalah menyanyi. Ia memiliki grup band yang diberi nama “Sunday Morning”, nama band-nya itu terinspirasi dari judul lagu “No Doubt”, grup band dari Amerika Serikat yang memainkan musik panduan dari ska, punk dan new wave.


Bersama grup band-nya, pria yang mengidolakan band The Beatles ini sering manggung dari kafe ke kafe dan acara wedding. Selain manggung bersama band Sunday Morning, ia juga manggung bersama band lain. Ia bisa manggung bersama band mana saja, tergantung ada yang mengajaknya dan ada bayarannya.
“Aku punya band, tapi kalau ada kerjaan biasanya aku ikut sama band mana saja. Yang penting dapat uang.” ceritanya sambil tertawa.
Pekerjaannya sebagai penyanyi memang tidak menentu, kadang ada, kadang tidak. Untung saja, keluarganya mendukung apapun yang dilakukannya. Walau terkadang orangtuanya sering memberi nasihat “Carilah kerjaan yang bisa dapat gaji perbulan.”
Melalui kenalannya, Arangga pernah kerja di Resto sebagai cook helper dan waiter, tapi hal itu tidak berlangsung lama. Karna hanya lulusan SMA, ia sulit mendapatkan perkerjaan. Untuk itu, ia lebih memilih fokus ngeband.
“Aku suka seni, jadi ya gini, semauku saja.” ceritanya sambil tertawa membahas tentang pekerjaannya.
Di tahun 2010, Arangga pernah mengikuti Indonesian Idol. Di tahun 2014, ia pernah mengikuti X-Factor. Tapi belum beruntung untuk menang, hanya lolos sampai precast kedua saja, tidak sampai masuk TV.
Sekalipun begitu, semangatnya dalam bernyanyi tidak pernah pudar. Sekalipun band-nya belum terkenal dan terkadang bayarannya sedikit, ia tetap mencintai pekerjaannya itu. Apalagi ia bisa menyanyikan lagu ciptaannya sendiri waktu manggung. Saat ini, ia sudah menciptakan lebih dari 20 judul lagu. Dua dari lagunya diberi judul “Tak Ada Yang Abadi” dan “Sampai Disini”.

Suka Menulis Genre Horor
Kesibukannya dalam ngeband tidak lantas membuatnya berhenti menulis. Di akun wattpad-nya, @arangga_aria yang memiliki followers lebih dari dua ribu, ia suka menulis cerita horor. Bahkan 3 dari cerita horornya sudah dilirik penerbit Media Kita dan dalam proses penerbitan. Untuk terbitnya, mungkin tidak sekaligus. Untuk judulnya, masih dirahasiakan.
“Aku cerita horor dari pengalaman pribadi. Soal cinta, aku jadiin lagu.” jawabnya ketika ditanyai kenapa lebih suka menulis cerita horor.
Selain itu, Arangga memiliki impian yang mulia yaitu bisa menjadi manusia yang paling bermanfaat untuk manusia lainnya.

Profil :
·         Nama Legkap : Arangga Aria Wibisana
·         Nama Pena : Arangga Aria
·         TTL : Sukabumi, 25 Januari 1991

Riwayat Pendidikan :
·         SDN Nyangkowek 3
·         SMPN 2 Cicurug
·         SMAN 1 Cicurug

Riwayat Pekerjaan :
·         Pabrik Garment
·         Resto
·         Penyanyi
·         Penulis

Prestasi :
·         Aktor Terbaik Kabaret
·         Penulis Skenario Terbaik Kabaret
·         Sutradara Terbaik Kabaret
·         Juara 3 Lomba Cerpen Seantero Sekolah
·         Juara 1 Pencipta Lagu Sekolah
·         Juara 2 Band  dalam Accoustic Festival

Media Sosial :
·         FB : Arangga Aria Wibisana
·         Twitter : @arangga_aria
·         IG : @aranggaaria
·         Wattpad : @arangga_aria




***
Tentang Penulis :
Raya Mipi, lahir di Kerinci pada tanggal 21 Mei. Lebih suka menghabiskan waktunya dengan membaca webtoon dan menonton drama korea. Bisa dihubungi lewat IG : @rayamipi dan blog : rayamipi.blogspot.com. Aktif di dunia literasi dimulai sejak duduk di bangku SMA kelas 1 sebagai reader.
Posting Komentar
www.jaringanpenulis.com. Diberdayakan oleh Blogger.